Semarang

Semarang

Indonesia : Semarang

semarang

Tentang


Termasuk dalam kota metropolitan kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung, Kota Semarang merupakan Ibukota Jawa Tengah dengan wilayah administratif seluas 373,70 m2.Kota  Semarang pun dianggap sebagai administrasi kotamadya terbesar di Pulau Jawa.  Dilihat dari letak geografisnya, Kota Semarang berada di antara 6 50’-7 10’ Lintang Selatan dan garis 109 35’-110 50’ Bujur Timur. Kota yang berjulukan Kota Lumpia ini juga berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Demak di sebelah timur, Kabupaten Kendal di sebelah Barat, dan Kabupaten Semarang di sebelah selatan. Kota Semarang memiliki 16 kecamatan dan 117 kelurahan, sedangkan wilayah kabupatennya memiliki 18 kecamatan dan 27 kelurahan dengan luas wilayah 981,95 km2.

Iklim dan Topografi

Dilihat dari iklim dan cuaca, Kota Semarang memiliki kondisi tropis dengan suhu udara 20-30° Celsius atau suhu rata-rata 27° Celsius. Seperti halnya wilayah lain di Indonesia, Semarang pun memiliki dua musim, yaitu musim kering/kemarau atau musim basah/hujan. Musim kering biasanya dimulai pada bulan April hingga September, sedangkan musim penghujan biasanya dimulai pada bulan Oktober-Maret. Saat musim penghujan, udara di Semarang cenderung hangat dan basah dengan rata-rata curah hujan 430 mm. Kondisi udara ini dipengaruhi pleh aliran massa udara dingin dari Benua Asia yang bertemu dengan massa udara hangat di sepanjang garis khatulistiwa. Sementara itu, udara musim kering di Kota Semarang cenderung kering dan terik dengan suhu udara rata-rata 28° Celsius dan curah hujan 66 mm. Saat musim ini pun kerap terjadi fenomena penurunan suhu udara yang disebabkan oleh adanya aliran massa udara dingin dari Australia ke Benua Asia.

Penduduk

Di tahun 2018, jumlah penduduk di Kota Semarang mencapai 1.555.984 jiwa. Penduduknya sangatlah heterogen yang terdiri dari berbagai suku atau etnis, seperti Jawa, Arab, Tionghoa, dan keturunan lainnya. Banyak juga warga pendatang lain dari luar Pulau Jawa yang akhirnya menetap di Semarang. Lebih dari 85% penduduknya beragam Islam, sedangkan sisanya adalah penganut agama Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, Konghucu, dan lain-lain.  Dilihat dari sisi mata pencaharian, penduduk Semarang memiliki profesi yang beragam. Dari mulai pedagang, pegawai pemerintah, petani, pekerja pabrik, guru, dll.

Pariwisata

Sebagai kota yang akan terus mengembangkan potensi pariwisata, Semarang menawarkan berbagai pilihan wisata, dari mulai alam, religi, hingga budaya, untuk menarik minat wisatawan baik lokal maupun asing. Bagi wisatawan yang menyukai pemandangan alam asri khas Semarang, kunjungi saja Gunung Ungara, Hutan Pinus Kayon, atau Curug Benowo. Pecinta seni dan budaya bisa mengunjungi sejumlah museum dan galeri seni yang memiliki daya tarik wisata sekaligus mengenalkan pesona seni dan budaya nusantara. Pengunjung juga bisa merasakan indahnya toleransi dan keberagaman di Semarang dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah yang syarat akan nuansa religious. Jangan lupa, ragam kuliner khas kota ini pun perlu dijajal, dari mulai lumpia hingga es congklik yang menggugah selera.

Akses


Lewat Darat

Dengan Bus

Terminal bus terbesar di Semarang adalah Terminal Mangkang.Terminal ini merupaka terminal bus tipe A yang berlokasi di Mangkang Kulon, Tugu. Terminal ini melayani trayek angkutan perbatasan, angkutan kota, Trans Jateng, Trans Semarang, dan angkutan antar kota. Terdapat berbagai rute angkutan yang beroperasi di Terminal Mangkang. Di antaranya trayek Mangkang – Krapyak – Karangaayu PP dan Mangkang – Kawasan Industri Wijayakusuma – Krapyak PP. Untuk angkutan perbatasan, terminal ini melayani rute ke Karangayu, Terboyo, Sukorejo, Limpung, Weleri, dan Kendal.

Di Terminal Mangkang terdapat Trans Semarang berjumlah sekitar 20 armada bus berukuran besar dengan trayek Koridor I: Mangkang – Penggaron PP. Sedangkan di Koridor III terdapat Trans Jateng yang melayani rute Semarang (Mangkang) – Kendal (Bahurekso). Terdapat juga bus antar kota yang melayani trayek antar kota seperti ke Surabaya, Yogyakarta, Cirebon, Bandung, Jakarta, Purwokerto, dan Cilacap.

Dengan Kereta

Sejak tahun 1870, Semarang telah terhubung dengan Surakarto (Solo) melalui jalur kereta api. Sedangkan saat ini ada dua stasiun kereta api besar di Semarang, yaitu Stasiun Semarang Poncol di Purwosari dan Semarang Tawang di Tanjung Mas. Melalui. Di Stasiun Poncol, layanan kereta yang tersedia dari kelas campur adalah Jayabaya, Ciremai, Kamandaka, dan Joglosemarkerto yang melayani perjalanan ke Malang, Cikampek, Tegal, dan Yogyakarta. Untuk kelas ekonomi, layanan kereta api yang tersedia adalah dari Kertajaya, Tawang Jaya, Maharani, Ambarawa Ekspres, Kaligung, dan Biora Jaya Ekspres.

Semarang juga terhubung dengan kota-kota-kota besar lain di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya melalui layanan kereta antar kota yang tersedia di Stasiun Tawang. Layanan kereta tersenut di antaranya Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Argo Sindoro, Bangunkarta, Ciremai Express, dsb.

Dengan Mobil

Semarang dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil dari Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Dari Jakarta sendiri Semarang bisa ditempuh selama 5-6 jam perjalanan dengan menggunakan mobil melalui Tol Trans Jawa jalur Jakarta-Semarang.

Transportasi


Trans Semarang

Merupakan salah satu transportasi andalan bila Anda ingin berkeliling Kota Semarang menggunakan transportasi umum. Trans Semarang dikenal sebagai transportasi dengan konsep Bus Rapid Transit (BRT) atau serupa dengan Trans Jogja dan Transjakarta. Layanan transportasi ini dijalankan guna mengurangi kemacetan di kota tersebut. Trans Semarang juga sering menjadi andalan para wisatawan untuk mengakses berbagai objek wisata di Semarang. Bus Trans Semarang memberlakukan pembayaran tariff secara cash atau non-cash. Bus ini pun beroprasi setiap hari mulai pukul 05.30 – 17.30 WIB. Penumpang bisa naik Trans Semarang dengan mengunjungi shelterpemberhentian bus tersebut.

DAMRI

Transportasi umum milik BUMN ini menghubungkan berbagai titik dalam kota di daerah Semarang seperti Terboyo, Banyumanik, Mangkang, Ngaliyan, Pucang Gading, Johar, dan Perumnas. Untuk tarifnya sendiri disesuaikan dengan jarak tempuh. Armada transportasi ini pun menghubungkan Semarang dengan beberapa kota terdekat di sekitarnya.

Bus Kota

Semarang juga masih dilengkapi dengan layanan transportasi bus kota konvensional yang lebih fleksibel dibandingkan Trans Semarang. Bus tersebut melayani berbagai rute di Semarang seperti Terboyo, Pemuda, Pudak Payung, Mangkang, Pucang Gading, Ngaliyan, Johar, Perum Banyumanik, Dr. Cipto, Cangkiran, Gunungpati, dan Genuk. Bus kota ini dianggap lebih fleksibel karena penumpang dapat naik dan turun di titik yang diinginkan. Sayangnya, jadwal bus tidak menentu dan beberapa bus merupakan armada lama.

Angkot

Bila bus beroperasi hingga sore hari, berbeda dengan layanan angkutan umum berjenis angkot yang beroperasi hingga malam hari. Angkot beroperasi menurut rute masing-masing. Penumpang pun bisa turun dan naik di mana saja di sepangjang rute yang dilewati angkot tersebut.

Ojek

Seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Semarang memiliki layanan ojek konvensional dan online. Tarif ojek konvensional biasanya tidak menentu, tergantung dari negosiasi penumpang dan pengendara. Sedangkan untuk ojek online, tarif telah ditentukan sesuai jarak tempuh.

Taksi atau Mobil Online

Taksi atau mobil online bisa menjadi pilihan transportasi lain yang lebih mengutamakan privasi. Kedua jenis transportasi ini bisa dipesan secara online. Namun, bila taksi menerapkan tarif sesuai argo, mobil online memiliki tarif tetap yang disesuaikan dengan jarak tempuh.

Destinasi


Wisata Alam

Hutan Pinus Kayon, terletak di kawasan Lereng Merbabu atau di Dusun Kakung, Desa Batur, Kecamatan Getasan. Hutan ini memiliki pesona alam dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang memukau mata. Tempatnya yang tenang pun menjadikan Hutan Pinus Kayon cocok dijadikan sebagai tempat ngadem yang jauh dari keramaian dan polusi kota.

Gunung Ungaran, tempat yang cocok dijadikan sebagai media tracking dan camping oleh para wisatawan. Gunung ini memiliki tiga puncak yaitu Ungaran, Gendol, dan Botak. Bila melakukan pendakian ke Gunung Ungaran, Anda bisa juga sekalian singgah ke Candi Gedong Songo. [travelblogid]

Gunung Telomoyo, terdapat di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Tidak sulit untuk menjajal gunung ini karena pengunjung bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai ke puncak. Bahkan, bila ditempuh dengan berjalan kaki pun pengunjung tidak akan kepayahan karena akses jalannya yang telah diaspal. Di gunung ini terdapat berbagai pemandangan indah termasuk pemandangan Air Terjun Kali Pancur.

Lereng Gunung Kelir, keberadaan sejumlah gardu pandang di tempat wisata alam ini menjadi daya tarik tersendiri. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Lereng Gunung Kelir pun sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkemah sembari menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di sana.  Lokasinya sendiri berada di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. [travelblogid]

Brown Canyon, lokasi yang awalnya merupakan sisa area tambang di Kecamatan Rowosari ini ternyata menjadi daya tarik wisata di Semarang. Proses alam yang terjadi di area tersebut membuat tebing ngarai ini menjadi tempat wisata alam yang patut dikunjungi. [travelblogid]

Hutan Wisata Tinjomoyo, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata alam populer di Desa Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Di sini terdapat pepohonan rindang dan jembatan gantung yang sering dijadikan spot foto menarik oleh para pengunjung.

Rawa Pening, danau rawa yang cantik ini mengelilingi empat kecamatan yaitu Bawen, Ambarawa, Banyubiru, dan Tuntang. Destinasi wisata alam ini terkenal akan tanaman enceng gondoknya yang sering dijadikan kerajinan tangan atau buah tangan. Sore hari menjadi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi danau seluas 2.670 hektar karena Anda akan disuguhkan pemandangan sunset yang memukau.

Wisata Pantai

Pantai Maron, salah satu dari sedikit destinasi wisata pantai di Semarang yang menarik perhatian wisatawan. Terletak di Tugurejo, Kecamatan Tugu, Pantai Maron terkenal dengan hutan mangrove-nya. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan pemandangan sekitar yang eksotis. [travelblogid]

Pantai Marina, tidak jauh dari Bandara Internasional Ahmad Yani, terdapat sebuah pantai yang sama eksotisnya seperti Pantai Maron. Terdapat hutan bakau yang membuat suasana menjadi teduh. Selain itu, pantai ini pun memiliki pemandangan matahari terbenam yang cantik.

Pantai Tirang, berlokasi di Tugurejo, Kecamatan Tugu, Pantai Tirang menjadi tempat wisata favorit bagi para pemancing yang ingin menangkap ikan kerapu dan ikan kakap putih. Suasana pantainya pun masih terbilang cukup sepi sehingga cocok bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang tenang dan tidak ramai pengunjung.

Wisata Air Terjun

Curug Benowo, berlokasi di Desa Kalisidi, curug ini merupakan destinasi wisata air terjun yang cukup populer di Semarang. Untuk mencapai titik air terjun, pengunjung perlu melakukan tracking melalui jalur hutan dan sungai. Sepanjang tracking, pengunjung pun akan disuguhkan pemandangan alam yang indah.

Curug Lawe, tidak jauh dari Curug Benowo terdapat Curug Lawe yang juga tak kalah populernya. Di sini pengunjung akan menemukan beberapa air terjun kecil dengan pemandangan alam yang eksotis. [travelblogid]

Air Terjun Kali Pancur, memiliki ketinggian hingga 100 meter, air terjun ini bisa ditemui di Gunung Telomoyo. Air Terjun Kali Pancur sendiri bermuara di Rawa Pening dan menyajikan pemandangan yang akan memanjakan mata.

Wisata Gua

Gua Kreo, berbagai wisata menarik ditawarkan di gua ini. Mulai dari spot yang membuat pengunjung merasa seperti di negeri atas awan hingga unsur sejarah yang terkandung dalam gua. Gua Kreo berlokasi di Kecamatan Gunung Pati dan merupakan gua yang sempat menjadi tempat semedi Sunan Kalijaga. Saat berkunjung ke sana, jangan kaget bila Anda menemui banyak kera yang turut bertugas untuk menjaga gua tersebut. Di gua ini juga terdapat spot foto dengan sebutan Negeri di Atas Awan yang berlatarbelakang pemandangan indah.

Gua Rong View, kabarnya gua ini sempat menjadi persembunyian tentara Belanda pada masa kolonial. Gua ini dianggap sebagai gua yang menjadi bukti kecerdasan manusia pada zaman dahulu. Hal ini dikarenakan proses terbentuknya gua yang bukan merupakan proses alam, melainkan buatan manusia. Kata rong diambil dari ngerong yang berarti menggali. Artinya, gua ini merupakan hasil dari penggalian bukit yang dilakukan manusia zaman dulu. Di atas ketinggian Gua Rong View, pengunjung bisa menikmati pemandangan destinasi wisata lain di Semarang seperti Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, Rawa Pening, dll.

Gua Tirta Mulya, berada di kawasan Gunung Ungaran. Gua Tirta Mulya bukanlah gua alami, melainkan gua buatan manusia yang dibuat pada tahun 2009. Gua ini memiliki lebar sekitar 3 meter dan panjang sekitar 100 meter.

Wisata Museum

Museum Ronggowarsito, berlokasi di Kelurahan Gisikdrono, museum ini merupakan rumah dari berbagai koleksi bertema Jawa Tengah. Nama museum ini diambil dari nama pujangga Jawa di zaman Keraton Kasunan Surakarta yang telah menghasilkan berbagai karya populer dan dikutip dalam Serat Kalathida. [travelblogid]

Museum Lawang Sewu, sesuai dengan namanya, museum yang berlokasi di Kelurahan Pindrikan Kidul ini memiliki jumlah pintu yang banyak. Lawang Sewu menjadi museum populer yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan. Baik untuk mengagumi keindahan bangunan bersejarah dan koleksinya maupun untuk berswafoto. [travelblogid]

Museum Mandala Bhakti, menjadi museum yang difungsikan sebagai media untuk mengenang perjuangan TNI. Museum Mandala Bhakti menyimpan dokumen penting dan bersejarah serta berbagai senjata yang digunakan oleh TNI, baik senjata tradisional maupun modern. [travelblogid]

Museum Jamu Nyonya Menir, museum ini dapat dikunjungi bila Anda sedang berada di kawasan Kelurahan Muktiharjo. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa museum ini dibangun untuk melestarikan sejarah perkembangan jamu di Indonesia.

Museum Kereta Api Ambarawa, dibangun untuk menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan dunia perkereta-apian. Museum Kereta Api Ambarawa memiliki bentuk bangunan yang bersejarah sehingga banyak penggemar swafoto yang ingin berburu foto di sana. [travelblogid | holamigo]

Museum MURI, berlokasi di Kelurahan Srondol Kulon dan dibangun untuk menyimpan ragam koleksi penghargaan yang diraih oleh anak bangsa. [travelblogid]

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, terletak di komplek Masjid Agung Jawa Tengah, tepatnya berada di lantai 2 dan 3 Menara Al-Husna. Museum Perkemangan Islam Jawa Tengah mengungkap perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Ada pula koleksi barang peninggalan sejarah yang terlibat selama masa penyebaran Islam di Jawa Tengah. [travelblogid | holamigo]

Old City 3D Trick Art Museum, terletak di Jl. Letjen Suprapto, museum ini mengusung konsep 3D yang menarik dan unik. Di museum ini terdapat lebih dari 100 foto gambar 3D yang sering dijadikan latar foto para pengunjung. Foto-foto yang dipajang pun memiliki tema beragam, dari mulai tema wisata lokal dan icon dunia hingga tokoh kartun dan film.

Wisata Budaya

Candi Gedong Songo, candi peninggalan Hindu ini berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang atau tepat di lereng Gunung Ungaran. Terdapat Sembilan buah candi peninggalan budaya Hindu pada zaman Wangsa Syailendra abad ke-9. [travelblogid]

Candi Tugu, terletak di Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu dan merupakan duplikat dari Candi Gedong Songo. Candi Tugu atau Watu Tugu dibangun oleh PT Djamin pada tahun 1985. Bentuknya mirip stupa dan memiliki tinggi 4 meter. Watu Tugu ini dipercaya sebagai sebuah prasasti karena memiliki tulisan pada bagian tengah.

Kota Tua Semarang (Little Netherland), setelah mengalami revitalisasi, tempat ini kembali menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi pelancong. Dijuluki juga sebagai Little Netherland karena tempat ini menyajikan wisata sejarah yang berkaitan dengan era kolonial. [travelblogid]

Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), merupakan pusat kebudayaan dan kesenian yang berlokasi di Jalan Sriwijaya No.29. Tempatnya tidak jauh dari gedung Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Di dalam taman budaya ini terdapat empat gedung utama. Di antaranya Kantor Pengelola TBRS, Gedung Kesenian Ki Narto Sabdho, Kantor Dewan Kesenian Semarang (Dekase), dan Gedung Serba Guna.

Wisata Religi

Masjid Agung Jawa Tengah, dibangun pada tahun 2001 hingga 2006, masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektar. Masjid ini memiliki gaya bangunan campuran Jawa, Romawi, dan Islam. Di area masjid terdapat Menara Asma Al-Husna dengan ketinggian 99 meter. Memasuki Menara Al-Husnah terdapat studio dan pemancar stasiun televisi lokal, Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, ruang makan berputar di lantai 18, dan tempat rukyat al-hilal di Lantai 19. [travelblogid | holamigo]

Masjid Raya Baiturrahman, dibangun pada tahun 1968 dan selesai pada tahun 1974. Masjid ini menjadi salah satu masjid kebanggaan warga Semarang. [holamigo]

Klenteng Sam Po Kong, berada di sebelah barat daya Kota Semarang, klenteng ini dibangun untuk memperingati pendaratan pertama seorang Laksamanan Tiongkok Muslim bernama Zheng He / Cheng Ho. Klenteng Sam Po Kong juga disebut juga sebagai Gedung Batu karena berbentuk gua batu besar yang terletak di bukit batu. [travelblogid | holamigo]

Gereja Blenduk, dikenal juga dengan nama Gereja Protestan Indonesia Barat(GPIB) Immanuel Semarang. Ini merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh masyarakat Belanda pada tahun 1753. Bentuk bangunannya oktagonal atau persegi delapan. Kubahnya besar dan dilapisi perunggu. Di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok dan dibuat berdasarkan salib Yunani. [travelblogid | holamigo]

Gereja Katedral Semarang, lokasinya tidak jauh dari Tugu Muda di Kelurahan Randusari. Gereja Katedral ini dibangun di atas fondasi batu. Pada awalnya bangunan gereja ini digunakan sebagai gedung kesehatan. Namun, pada tahun 1930, gedung tersebut diubah menjadi gereja paroki dan berubah menjadi gereja katedral pada tahun 1937.

Desa Wisata

Desa Wisata Kandri, terkenal dengan sendang-sendang atau mata air yang dipercaya memiliki khasiat. Yang paling terkenal adalah Sendang Gede yang merupakan sumber air desa. Mengunjungi desa wisata ini akan memberikan Anda pengalaman seru saat bertani dan bercocok tanam di Omah Pinter Petani. Anda dapat belajar pula tenang budaya, agama, dan seni di Omah Alas. Bahkan pengunjung bisa juga belajar tentang seni musik klasik tradisional yang disebut kempling.

Desa Wisata Sepakung, atraksi Tebing Ondo Langit membuat desa wisata ini menjadi semakin populer. Di sini, pengunjung dapat menikmati lanskap sawah beserta latar belakang Rawa Pening, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. [travelblogid]

Desa Wisata Mentari, dulunya dikenal dengan sebutan Desa Wisata Tanon. Nama Mentari sendiri merupakan akronim ‘Menebar Harmoni Merajut Inspirasi Menuai Memori’. Di sini, Anda dapat belajar menari, memainkan permainan tradisional, dan outbound. Anda juga bisa mendapatkan produk olahan seperti keripik adas dan sabun susu.

Desa Kementul, 90% penduduk Desa Kementul bermatapencaharian petani. Karena memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusianya menjadikan desa ini menjadi desa wisata dengan pertanian menjadi daya tarik utamanya. Pengunjung juga akan diajak membuat kuliner tradisional.

Kampung Alam Malon, berada di Gunung Pati, Kampung Alam Malon menawarkan atraksi membatik yang dikembangkan sendiri oleh masyarakat setempat.

Wisata Rekreasi

Puri Maerokoco, sering juga disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah. Di sana terdapat berbagai anjungan rumah adat seperti taman mini. Ada juga hutan bakau alami serta area untuk camping dan outbond. [travelblogid]

Setiya Aji Flower Farm, terletak di Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Taman bunga ini merupakan rumah untuk berbagai koleksi bunga yang cantik dan beraneka ragam. Lokasinya sendiri berada di kaki Gunung Ungaran dan sering dijadikan spot wisata untuk berswafoto.

Bantir Hills, spot rekreasi ini menawarkan spot rekreasi yang menarik seperti rumah pohon, gembok cinta, camping ground, jembatan cinta, spot sunset, gazebo, dsb. Lokasinya berada di Bukit Bantir, Dusun Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono. [travelblogid]

Kebun Binatang Mangkang, letaknya yang bersebrangan dengan Terminal Mangkang membuat kebun binatang ini mudah diakses oleh masyarakat. Kebun binatang ini memiliki luas 9 hektar dan merupakan rumah bagi banyak hewan seperti kuda, gajah, burung, dsb. Ada juga fasilitas lain yang tersedia di Kebun Binatang Mangkang seperti becak air mini, danau buatan, museum, water boom, kereta mini, museum satwa, dll. [travelblogid]

Aktivitas


Berwisata Kuliner

Mendapat julukan Kota Lumpia, Semarang memiliki ragam kuliner yang tak boleh dilewatkan. Selain lumpia, kuliner lain yang perlu dijajal di berbagai lokasi. Di daerah Kota Lama dan Gereja Blenduk, misalnya, banyak kuliner legendaris dengan harga yang terjangkau dan rasa yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. [travelblogid | holamigo]

Kunjungi Galeri Seni

Semarang menjadi salah satu kota yang kaya akan budaya dan sejarahnya. Hal ini akan menjadi poin plus bagi wisatawan yang menyukai wisata bertema seni, budaya, dan sejarah. Semarang memiliki sejumlah galeri seni, salah satunya adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Lokasinya berada di Jalan Taman Srigunting No. 5-6. Selain eksteriornya yang memukau, desain dalam ruangannya pun mampu membuat pecinta seni betah berlama-lama di sana. [travelblogid]

Belajar Sejarah

Banyak museum yang bisa Anda kunjungi di Semarang. Dengan mendatangi museum tersebut, pengetahuan Anda tentang sejarah akan semakin bertambah. Bukan hanya dengan koleksinya, Anda pun akan dimanjakan dengan konsep bangunan yang bernilai sejarah tinggi. [travelblogid | holamigo]

Mengenal Tradisi dan Budaya Setempat

Bila ingin semakin memperkaya wawasan tentang tradisi dan budaya dari tempat yang dikunjungi, mengunjungi desa wisata menjadi solusinya. Semarang memiliki beberapa desa wisata yang akan mengenalkan pengunjung pada budaya, tradisi, dan kebiasaan yang dipertahankan di tengah zaman moderenisasi. Di Desa Wisata Kandri, contohnya, Anda akan belajar lebih banyak mengenai seni musik klasik tradisional yang dikenal dengan sebutan kempling. [travelbogid | holamigo]

Wisata Alam

Meskipun termasuk kota metropolitan besar di Indonesia, Semarang masih memiliki keindahan alam yang patut dinikmati oleh para wisatawan. Keberadaan pantai, gua, gunung, hutan asri, air terjun atau curug, danau atau rawa, dan ragam destinasi wisata lainnya dapat memanjakan wisatawan yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk kota besar. [travelblogid]

Spot Foto

Bangunan bernilai sejarah tinggi dan tempat wisata yang instagenic membuat para wisatawan berburu foto sebanyak-banyaknya untuk diabadikan dan dibagi melalui media sosial. Bila mengunjungi Semarang, Anda tidak akan kehabisan spot foto yang pas untuk diabadikan kamera. Dari mulai gedung dengan arsitektur kolonial sampai modern bisa Anda dapatkan di sana. [travelblogid]

Wisata Religi

Ibukota Jawa Tengah ini dikenal sebagai kota dengan tingkat toleransi yang tinggi. Karena dihuni oleh penduduk yang multi etnis, tidak heran sikap tenggang rasa sangat tinggi antar masyarakat. Bahkan sikap ini bisa dilihat dari konsep bangunan ibadah yang dibangun saling berdekatan. Tidak sulit untuk menemukan tempat ibadah bagi kepercayaan apapun di sini. Banyak pula dari tempat ibadah tersebut yang menjadi destinasi wisata religi yang menarik minat wisatawan. [travelblogid | holamigo]

Naik Mobil, Sepeda, dan Becak Hias di Simpang Lima

Salah satu spot belanja di Semarang ini pun menawarkan atraksi yang banyak dicoba oleh para wisatawan. Pada malam hari, di Simpang Lima banyak becak, mobil, dan sepeda hias yang bisa disewa oleh wisatawan. Hiasan dan lampu-lampu cantik membuat berkeliling Simpang Lima semakin berkesan. Aktivitas ini cocok untuk Anda yang berlibur bersama keluarga khususnya anak-anak yang akan menyukai hiasan di kendaraan yang Anda sewa.

Jalan-Jalan ke Mall

Bila Anda hobi jalan-jalan di pusat perbelanjaan, Semarang memiliki mall-mall besar yang bisa Anda datangi. Berbelanja atau sekedar cuci mata bisa menjadi aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Semarang. Tidak sulit untuk menemukan pusat perbelanjaan modern di sana. Salah satunya adalah mall yang berlokasi di dekat Simpang Lima.

Belanja


Pasar Gang Baru, terletak di sebuah gang di kawasan Pecinan, tepatnya di Kecamatan Semarang Tengah. Pasar Gang Baru menawarkan berbagai barang dengan kualitas baik seperti pakaian, obat-obatan tradisional, bahan makanan, hingga perlengkapan untuk ritual masyarakat Tiongkok. Bila ingin suasana yang masih lengang, datanglah ke Pasar Gang Baru ini sekitar pukul 6 hingga 10 pagi.

Simpang Lima, tempat belanja yang tidak pernah sepi ini berlokasi di Kecamatan Semarang Selatan. Di Simpang Lima banyak pedagang yang menggelar lapak dengan harga yang terjangkau. Tidak lupa juga kuliner khas Semarang yang bisa Anda jajal di sana. Bila ingin merasakan suasana yang berbeda, datanglah pada malam hari untuk mencoba berbagai kendaraan hias yang menjadi daya tarik wisata di sini.

Pasar Semawis, pasar yang didominasi oleh penjual kuliner ini menyajikan berbagai hidangan yang menggugah selera. Terdapat penjual minuman tradisional seperti es congklik, wedang ronde, dan wedang kacang tanah. Bila ingin mencicipi lumpia khas Semarang, Anda bisa mendatangi pasar yang berlokasi di Jalan Gang Warung No.50 ini. [travelblogid]

Pasar Johar, disebut sebagai pasar paling lengkap yang ada di Semarang. Pasar ini menjual berbagai kebutuhan seperti pakaian, elektronik, peralatan rumah tangga, tekstil, dsb. Harganya pun cenderung terjangkau dan masih bisa ditawar.

Pasar Seni Padangrani, terdapat banyak sekali barang antik yang dijual di pasar seni ini. Harganya pun terjangkau dan bisa ditawar. Selain itu, di Pasar Seni Padangrani ini pun ada spot foto bergaya vintage yang dikelola persatuan pedagang pasar. Bila Anda pecinta barang antik dan gaya vintage, Pasar Seni Padangrani bisa menjadi surge belanja Anda.

Kampung Batik, dikenal sebagai salah satu tempat berbelanja batik terbaik di Semarang. Kebanyakan motif kain batiknya dibuat sendiri oleh pengrajin batiknya dengan hasil yang indah. Di Kampung Batik ini pun tersedia pakaian jadi berupa rok, dress, dan kemeja batik dengan motif batik yang beragam. [travelblogid | holamigo]

Kampoeng Semarang, pemburu oleh-oleh khas Semarang bisa berburu di tempat belanja ini. Ragam camilan khas Semarang serta kerajinan tangan yang dibuat oleh UMKM Semarang bisa menjadi pilihan buah tangan untuk orang terdekat. Harganya pun cukup terjangkau sehingga banyak pengunjung yang tidak segan-segan untuk memborong oleh-oleh di sini.

Kuliner


Tahu Gimbal, hidangan ini terbuat dari tahu goreng, irisan sayur kol mentah, tauge, telur, dan gorengan udang. Tahu gimbal disiram bumbu yang terbuat dari kacang tanag goreng, petis udang, dan cabai. [travelblogid | holamigo]

Babat Gongso, termasuk dalam makanan legendaris khas Semarang, hidangan ini berupa jeroan sapi atau babat yang dimasak dan disajikan bersama kuah manis pedas. Bumbu yang digunakan untuk kuahnya sendiri terbuat dari cabai, bawang putih, bawang merah, daun salam, dan kunyit.

Lumpia, belum lengkap rasanya bila datang ke Semarang tanpa mencicipi lumpia khasnya. Kulit lumpia terbuat dari tepung yang dibentuk menjadi lembaran bulat tipis. Setelah itu, kulit tersebut diberi isian berupa rebung dan udang, namun bisa juga ditambahkan daging di dalamnya. Setelah itu hanya perlu digoreng garing dan disantap bersama saus kental. [travelblogid]

Bandeng Presto, makanan ini merupakan makanan legendaris yang populer di Semarang. Hidangan ini berupa ikan pindang yang diolah hingga durinya menjadi lunak dan bisa dimakan. Bandeng presto biasanya diberi bumbu berupa kunyit dan bawang putih. Bisa diolah dengan cara digoreng atau dipepes dan disantap bersama nasi hangat.

Soto Semarang, memiliki kuah kaldu bening kekuningan yang dicampurkan dengan santan. Dalam satu mangkuk soto Semarang terdapat irisan ayam, mie beras, dan kerupuk kerak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan. Sebagai pelengkap, soto ini nikmat disantap bersama sate telur puyuh, sate kerang, dan sate ati. [travelblogid | holamigo]

Wingko Babat, terbuat dari tepung beras ketan, gula, dan kelapa muda. Bentuknya bundar dan pipih serta sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Saat ini, wingko babat memiliki varian rasa yang lebih beragam, dari mulai cokelat hingga durian.

Mochi, satu lagi kuliner yang kerap diburu sebagai oleh-oleh. Mochi terbuat dari tepung beras yang dikukus. Bentuknya bulat dan dilumuri oleh biji wijen. Untuk isiannya pun beragam seperti gula merah, cokelat, kacang hijau, keju, dll.

Nasi Ayam, meskipun terdengar biasa saja, kuliner ini memiliki keistimewaan tersendiri. Bukan hanya nasi dan ayam saja yang disajikan, tapi juga kuah kental yang dituangkan di atasnya. Hidangan lain yang pas disantap bersama nasi ayam adalah gorengan, sayur, dan urap.

Tahu Petis, biasanya diburu sebagai camilan. Tahu petis tak kalah legendarisnya dari kuliner khas Semarang lain. Hidangan ini berupa olahan tahu yang digoreng kering lalu disantap bersama sambal petis udang.

Pisang Plenet, berbahan dasar pisang, makanan ini memiliki cita rasa manis yang akan membuat pecinta kuliner ketagihan. Bentuk pisangnya yang pipih membuat kuliner ini dinamai pisang planet (pisang gepeng). Terdapat berbagai varian rasa yang bisa Anda coba seperti stroberi, keju, dan cokelat.

Gandos, cemilan ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa, gula, dan garang. Di daerah lain kue ini dikenal dengan nama kue pancong.

Tahu Pong, tahu berbentuk bulat ini memiliki tekstur yang garing dengan cita rasa gurih. Cocok bila disantap bersama sambal petis udang atau cabai rawit.

Roti Ganjel Rel, rupanya mirip roti gambang khas Betawi. Dinamai roti ganjel rel karena bentuknya yang serupa bantalan rel kereta. Terbuat dari tepung terigu, gula, dan kayu manis. Di atasnya diberi taburan wijen.

Gudangan, berbahan dasar sayuran, gudangan bisa dibilang urpa khas Semarang. Sayuran yang direbus kemudian dicampur bersama parutan kelapa. Parutan kelapa tersebut diberi bumbu yang terbuat dari  kunyit, cabai merah, dan bawang. [holamigo]

Spekkoek, atau disebut juga lapis legit khas Semarang. Jenis kue basah ini memiliki aroma campuran rempah cengkeh, kayu manis, dan kapulaga yang cukup kuat. Bahan utama kue ini adalah tepung terigu dan telur yang dicampur dengan gula dan pewarna makanan.

Mie Kopyok, hidangan yang terbuat dari mie basah dan diberi irisan daging sapi serta tahu, tauge dan kerupuk gendar yang disiram dengan kuah kaldu. Sebagai pelengkap, lontong, daun seledri, dan bawang goreng juga ditambahkan.

Es Conglik, jenis es puter ini merupakan salah satu es legendaris asal Semarang. Isian esnya berupa durian, roti, sagu mutiara, dan meses.

Penginapan


Semarang Kota, sebagai jantung kota dari Semarang, lokasi ini memiliki berbagai tipe penginapan dengan tarif yang beragam. Selain itu, letak penginapan-penginapan yang ada di Semarang Kota sangatlah strategis karena dekat dengan pusat kota, Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, pusat perbelanjaan Simpang Lima dan mall-mall besar.

Jatingaleh, tidak jauh dari Kota Semarang yang padat, Anda bisa menemukan beragam penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget. Karena tidak jauh dari pusat kota Semarang, tidak akan sulit untuk mengakses berbagai tempat di pusat kota. Transportasi umum pun mudah didapatkan kapanpun Anda ingin mengeksplorasi kota.

Tegalsari,hotel dan penginapan di daerah kelurahan ini pun beragam. Malah banyak di antaranya yang menawarkan pemandangan terbaik dari Kota Semarang. Tidak masalah budget yang Anda miliki, akomodasi di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari menawarkan fasilitas dan kenyamanan yang dibutuhkan.

Bandungan, terdapat akomodasi yang nyaman di pusat kota Ungaran. Mulai dari hotel, villa, dan homestay, semuanya tersedia dengan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan. Akomodasi di daerah Bandungan pun dekat dengan berbagai tempat wisata menarik yang bisa menjadi pilihan wisatawan. Udaranya yang masih sejuk pun akan membuat wisatawan nyaman dengan suasananya.

Darurat


Polisi

Polsek Semarang Barat                    024 – 7604153

Polsek Semarang Selatan                 024 –  8315123

Polsek Semarang Tengah                 024 –  3545175

Polsek Semarang Timur                    024 –  6716191

Polsek Semarang Utara                    024 –  3545162

Poltabes Semarang                            024 – 8444444

Dinas Pemadam Kebakaran        113 / 024 – 7607076 / 7605871 / 7616867

Ambulan

Ambulan                                               118 / 024 -8413476

Ambulan kecelakaan                         024 – 8313416

PMI Semarang                                    024 – 3541237

Call Center PLN                                   024 – 290123 / 3547651 / 3547655

PDAM

Pelayanan PDAM                                024 – 8315514

Rumah Sakit

RSIA Anugerah                                    024 – 8313543

RS. Banyumanik                                  024 – 8310076

RS. Elisabeth                                        024 – 8310076

RSIA Hermina                                      024 – 1500488

RSUD KRMT Wongsonegoro           024 – 6711500

RS.Sultan Agung                                 024 – 6580019

RSUP Dr. Kariadi                                 024 – 8413476

Semarang

Untuk melihat paket Tour Semarang, klik di sini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *