Lombok

Indonesia : Lombok

Tentang


Lombok merupakan sebuah pulau yang termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Barat. Provinsi ini letaknya berdekatan dengan Bali dengan ibukota Mataram yang juga menjadi kota terbesar di Pulau Lombok.  Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Lombok serta Pulau Sumbawa. Luas Pulau Sumbawa 2/3 dari luas provinsi ini yaitu mencapai 15.414,5 km2. Sementara Pulau Lombok luasnya hanya 1/3  saja atau sekitar 4,514 km2. Lombok dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang disebut Gili oleh orang Lombok. Pulau Lombok secara geografis berada di titik koordinat 116.351° Bujur Timur dan 8.565° Lintang Selatan. Batas Wilayah Lombok adalah Laut Jawa di sebelah utara, Samudera Indonesia di sebelah Selatan, Selat Lombok dan Bali di sebelah Barat dan Pulau Sumbawa di sebelah timur. Secara administratif, Pulau Lombok dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota, yaitu Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Kota Mataram.

Pulau Lombok didominasi oleh gunung berapi kerucut atau dikenal juga dengan nama Stratovolkano yang berpusat Gunung Rinjadi, yaitu gunung berapi tertinggi ke-2 di wilayah Indonesia. Tinggi gunung ini mencapai 3.726 meter sehingga pulau ini menjadi pulau dengan daerah tertinggi ke-8. Gunung ini meletus kembali di tahun 2016. Rinjani memiliki kawah yang terkenal bernama Segara Anak. Untuk daerah dataran tingginya, wilayah Lombok banyak ditutupi oleh hutan dan umumnya banyak yang masih alami. Dataran rendahnya sudah banyak diolah. Yang menjadi tanaman utama di Lombok antara lain padi, kopi, kedelai, cengkeh, kakao, jagung, singkong, kopra, singkong, vanili dan pisang.

Berbeda dengan pulau-pulau lain di Indonesia, Lombok masih memiliki suku asli yang telah mendiami pulau itu secara turun-temurun. Suku Sasak mendominasi suku yang tinggal di pulau tersebut, yaitu 80% lebih. Suku ini adalah suku asli yang tinggal di Pulau Lombok semenjak zaman Kerajaan Sasak.  Adapun suku lain yang mendiami pulau ini yaitu Suku Bali yang menduduki posisi kedua sebagai suku terbanyak yang tinggal di Lombok. Selain Suku Bali ada juga Suku Mbojo, Jawa, Bugis, Batak, hingga Arab dan Tionghoa.

Jumlah penduduk Lombok berdasarkan sensus tahun 2014 adalah 3.311.044 jiwa. Sementara jumlah rumah tangga di Lombok pada tahun 2008 adalah 866.838 dengan rata-rata orang per rumah tangga adalah 3.635. Adapun kepadatan penduduknya adalah 733.5 /km2. Agama yang banyak dianut adalah Islam yang kemudian disusul oleh Hindu, Kristen, Buddha, Katholik, Wektu Telu dan Boda.

Lombok kini sudah menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah. Destinasi wisata yang kini sedang dibangun di Lombok adalah sirkuit Mandalika untuk lomba MotoGp yang akan diselenggarakan tahun 2021. Pulau yang bertetangga dengan Bali ini juga dikenal memiliki pulau-pulau kecil yang indah, di antaranya Gili Manuk, Gili Air dan Gili Meno. Tak hanya pulau, Lombok juga memiliki pantai-pantai yang indah seperti Pantai Sengigi, Kuta Lombok, dan Pantai Pink. Wisata alam lain yang dimiliki oleh pulau ini adalah Gunung Rinjani, Segara Anak, Bukit Merese, dan Bukit Pergasingan. Desa wisata yang terkenal di Lombok adalah Desa Sasak Sade.

Akses


Dengan Pesawat

Sangat mudah untuk mencapai Lombok. Bandara Internasional Lombok merupakan akses utama untuk memasuki Lombok. Bandara ini berlokasi di Praya Lombok Tengah dan jaraknya 40 menit berkendara dari ibu kota Mataram. Pilihan penerbangan internasional yang menuju Lombok ada yang dari Singapura, Kuala Lumpur Malaysia, Jakarta dan Bali.

Sangat mudah untuk mencapai pulau Lombok dari Bali, waktu penerbangan hanya 25 menit dan tarif mulai dari sekitar Rp300.000 (sekitar USD 33) satu arah. Bandara Internasional Lombok biasa disingkat BIL, dengan kode IATA LOP adalah satu-satunya bandara di Lombok. Bandara ini sekitar 40 km selatan kota Mataram, dan sekitar 1 jam 30 menit berkendara dari Senggigi dan 25 menit dari Kuta (Mandalika Resort).

Penerbangan Internasional Lombok

Berikut ini beberapa penerbangan internasional yang menuju Lombok

Silk Air, Anak Perusahaan dari Singapore Airlines, terbang langsung antara Lombok dan Singapura, tiga kali per minggu. Telepon: +62 370 628254/62855 – untuk detail www.silkair.com

Garuda Airlines terbang antara Kuala Lumpur Malaysia dan Lombok setiap hari, dengan singgah sebentar di Jakarta. Call center: 08041807807 untuk rincian: www.garuda-indonesia.com

Air Asia Terbang antara Kuala Lumpur Malaysia dan Lombok Tiga kali per minggu. untuk detail www.airasia.com

Air Asia terbang antara Perth Australia dan Lombok tiga kali per minggu. untuk detail kunjungi situs web mereka www.airasia.com.

Penerbangan Domestik Lombok

Ada penerbangan harian reguler dari Bali, Jakarta, Surabaya, Makassar, Sumbawa, Bima Kuala Lumpur, dan Singapura ke Lombok. Koneksi Eropa mudah melalui Jakarta atau Bali. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok tersedia setiap hari dan biasanya diatur waktunya untuk terhubung dengan penerbangan Eropa.

Lombok mudah diakses dari Jakarta, Bali, Jogjakarta, dan Surabaya dan merupakan koneksi penting untuk perjalanan ke pulau-pulau Indonesia Timur khususnya Sumbawa, Bima, Komodo dan Flores.

Garuda Indonesia / Citilink memiliki penerbangan langsung setiap hari antara Lombok dan Bali, Surabaya, Makassar, dan Jakarta, www.garuda-indonesia.com

Lion Air / Wings Air memiliki penerbangan harian antara Lombok, Bali, Bima (Sumbawa), Jakarta dan Surabaya, www.lionair.co.id. Batik Air terbang langsung antara Lombok dan Jakarta, dengan dua penerbangan setiap hari. www.batikair.com.

Bali Ke Lombok Melalui Laut

Pelabuhan Padang Bai (Bali) menyediakan hubungan laut antara daratan Bali dan Lombok. Pelabuhan Lembar (Lombok) berada di pantai barat daya, kira-kira. 1 jam di selatan Senggigi, Lombok. Feri Publik berangkat setiap jam untuk pelayaran laut antara Pelabuhan Padang Bai (Bali) dan Pelabuhan Lembar (Lombok). Penyeberangan antara pulau-pulau biaya Rp 44.000 per orang dan memakan waktu sekitar. 4 hingga 5 jam. Pelabuhan Lembar Tlpn: +62 370 681 209. Pelabuhan Padang Bai Tlpn: (+62 363) 41849/4184

Kapal Cepat / Kapal Ekspres

Sekarang ada banyak layanan kapal cepat yang beroperasi antara Bali dan Lombok. Sebagian besar melayani untuk Gili Trawangan, tetapi beberapa juga berlabuh sesaat di Teluk Nare di daratan Lombok, Kapal cepat dari Lombok ke Bali dan sebaliknya bisa jadi pilihan selain terbang.

Dari Bali ke Pulau Lombok & Gili dengan Perahu Cepat

Selain penerbangan dan feri umum, Lombok dan pulau-pulau gili sekarang dapat diakses dengan kapal cepat / katamaran. Ada tiga pelabuhan di Bali yang melayani rute ini: Serangan, Sanur dan Padang Bai di Bali Timur.

Dari Surabaya ke Lombok

Kapal Legundi

Kapal Legundi adalah kapal yang dimiliki oleh PT ASDP. Kapal berjenis feri ini mengangkut kendaraan dan penumpang. Kapal ini bisa mengangkut kurang lebih 70 kendaraan roda empat serta 60 unit truk besar. Feri ini juga menampung kurang lebih 800 orang. Di dalamnya dilengkapi dengan banyak fasilitas pendukung.

Kapal DLN Oasis

Masih merupakan kapal feri milik PT. ASDP, kapal ini ini juga melayani rute Surbaya – Lombok. Seperti halnya Kapal Legundi, feri ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung.

Transportasi


Sepeda

Beberapa hotel dan guesthouse sepertinya menyediakan sepeda untuk disewakan. Namun sepeda hanya cocok untuk berkeliling daerah sekitar dan tidak untuk perjalanan jauh.

Perahu

Transportasi air umum dan pribadi reguler di Lombok melayani semua tujuan lepas pantai utama di Lombok. Namun, layanan akan dibatalkan ketika ombaknya terlalu besar atau saat terjadi hujan yang luar biasa.

Bus

Dari Bandara Internasional ada bus yang dapat membawa pengunjung ke Mataram atau Senggigi.

Bemo

Bemo merupakan van kecil dengan punggung terbuka dan kursi bangku di kedua sisi. Ini adalah bentuk transportasi yang umum di Lombok. Beo digunakan secara luas oleh penduduk setempat. Kendaraan ini  sangat murah dan terbaik untuk jarak pendek hingga menengah. Bemo paling baik digunakan di sekitar Senggigi dan Mataram.

Taksi

Taksi merupakan pilihan terbaik untuk berkeliling Lombok. Alat transportasi ini semuanya dilengkapi degngan meteran dan relatif murah. Jika kamu membutuhkan taksi larut malam atau di daerah pinggiran, kamu harus selalu memesan terlebih dahulu. Jika tidak, taksi dapat ditemukan di sebagian besar tujuan wisata dan resor. Taksi meteran andal yang dioperasikan oleh Blue Bird Lombok Taksi ditemukan di Lombok Barat.

Ojek

Ojek merupakan pilihan sangat bagus untuk pelancong yang senang bepergian sendiri atau independen. Selain ojek biasa, ada juga ojek online, seperti Gojek dan Grab yang sudah beroperasi di Lombok. Pengguna perlu mengunduh aplikasinya untuk bisa memesan layanan ojek online ini.

Cidomo

Cidomo merupakan kendaraan yang sebagian besar digunakan di Kepulauan Gili tapi dapat ditemukan di seluruh Lombok. Di Kepulauan Gili, cidomo akan menjadi alat transportasi tercepat karena tidak ada transportasi bermotor di sini. Jadi, jika kamu harus pergi dari satu ujung pulau ke ujung lainnya dengan cepat, kamu bisa menggunakan cidomo.

Sewa mobil

Menyewa mobil dan menyetir sendiri bisa menjadi pilihan untuk yang nyaman di jalan dan memiliki keterampilan navigasi yang baik. Diperlukan SIM dan SIM internasional bagi warga asing. Untuk kerusakan mobil sewaan akan dikenakan biaya ganti rugi.

Sewa Motor

Untuk yang percaya diri untuk mengendarai  sepeda motor dan memiliki SIM, termasuk SIM internasional, maka menyewa sepeda motor adalah cara yang menyenangkan untuk berkeliling Lombok. Jika tak memiliki keahlian mengemudi, disarankan untuk menghindari menyewa sepeda motor.

Destinasi


Wisata Pulau

Gili Air adalah Gili terdekat dengan Lombok. Pulau kecil ini juga merupakan yang terpadat dan di sini akan menemukan lebih banyak pohon di sana daripada Gili lainnya. Penduduk lokal yang tinggal di sini adalah Sasak, Mandar, Bugis dan Makassar.

Gili Meno, pulau tengah, yang terkecil dari tiga Gili dan itu merupakan pulau yang paling sepi dengan lebih sedikit wisatawan. Fitur khusus pulau ini adalah danau garam dan spot untuk menyelam yang spektakuler seperti, Meno Wall, Sea Turtle Point, dan Blue Coral Point.

Gili Trawangan, pulau paling populer dari semua gili dan paling banyak memiliki fasilitas. Di sini banyak pesta pantai di malam hari. Jalur utama penuh dengan akomodasi, restoran, dan toko selam. Pulau ini juga dikenal sebagai “Party Island”. Aktivitas populer adalah scuba diving, snorkeling, kayaking juga berselancar. Gili Trawangan juga memiliki spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dan sunset.

Gili Sudak, nama lainnya adalah Gili Perawan. Gili ini bak pulau pribadi karena wisatawan dan penduduk aslinya hanya sedikit. Di sini terdapat paket snorkeling untuk para pengunjung.

Gili Nanggu, terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Gili Nanggu adalah gugusan pulau kecil dengan pasir putih. Pulau ini tempat berhuninya ribuan ikan dan terumbu karang serta termasuk pulau yang tak berpenghuni.

Gili Kedis, berada di daerah Lombok Barat, gili ini dihiasi oleh bebatuan besar dengan air lautnya yang sejernih kristal.

Gili Tangkong, hamparan pasir putih dan air laut yang biru jernih merupakan pemandangan khas gili ini. Di sini juga terdapat pemandangan alam bawah laut yang memesona.

Gili Bidara, tak berbeda dari gili yang lain, Gili Bidara juga menawarkan pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Hanya butuh 40 menit saja untuk berkeliling gili ini.

Gili Kondo, nama aslinya adalah Pulau Gili Bagik. Di sini terdapat penginapan berupa cottage dan penyewaan snorkeling. Meski pulaunya kecil tapi fasilitasnya cukup baik

Gili Lampu, berada di Kecamatan Sambelia daerah Lombok Timur, pulau ini merupakan pulau yang eksotis dengan alam yang menakjubkan. Tempatnya masih sepi dan asri sehingga seperti pulau pribadi.

Gili Asahan, pulau kecil tersembunyi ini memiliki pemandangan bawah laut yang memesona berupa soft coral dan hard coral yang keasliannya masih terjaga. Tempat ini asyik untuk diving dan snorkeling.

Wisata Pantai

Pantai Kuta Lombok, tempat paling terkenal di pantai selatan adalah Pantai Kuta Lombok yang memiliki hamparan pasir putih dan laut biru yang memesona dengan bukit-bukit terjal menjulang di sekitarnya.

Mandalika, tempat wisata ini terkenal memiliki pantai yang indah. Air laut yang jernih dan angin semilir tak pernah gagal untuk memuaskan mereka yang mengunjungi daerah pesisir itu. Bahkan, ada resor yang beroperasi di daerah ini sehingga wisatawan dapat menyewanya untuk berbagai keperluan seperti bulan madu, liburan keluarga, dan lain-lain. Di belakang, ratusan pohon dan bukit megah terlihat jelas. Dari segi nuansa, agak mirip dengan Nusa Dua Bali!

Pantai Senggigi, pantai berbentuk busur ini pada pagi hari setelah malam tanpa bulan, bukit-bukitnya menawarkan pemandangan terbaik ke laut, yang tersebar dengan perahu-perahu nelayan kecil dengan layar berwarna-warni, yang kembali ke pantai utara Ampenan. Ketika matahari terbenam para nelayan meninggalkan pantai dalam satu garis panjang lampu yang menciptakan permainan cahaya yang bagus, yang dapat dilihat dari sebagian besar hotel di pantai Senggigi.

Tanjung Aan, teluk yang lebarnya satu kilometer ini merupakan pantai pasir yang luas menangkap air laut biru kehijauan. Juga merupakan tempat rumput laut ditanam di rakit bambu. Pantai yang berada di kawasan KEK Mandalika ini memiliki butiran pasir yang seperti biji merica maka orang-orang lokal menyebutnya pantai merica atau tepung.

Pantai Nipah, letaknya tak jauh dari Pantai Sengigi. Lokasinya berada di Dusun Nipah, Lombok Utara. Pantainya memiliki air laut yang sangat jernih dengan warna hijau toska dan dihiasi jajaran pohon kelapa. Pemandangannya seperti wallpaper di layar komputer.

Pantai Selong Belanak, berada di desa Selong Belanak, Lombok Tengah, pantai ini mempunyai garis pantai yang nampak seperti bulan sabit. Pantai ini belum banyak pengunjungnya sehingga masih alami dan mempunyai pemandangan sunrise dan sunset yang indah.

Pantai Sekotong, berlokasi di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, pantai ini dikelilingi bukit-bukit kecil dengan pantainya yang memiliki pasir seputih salju. Lautnya berwarna biru kehijauan yang jernih bak kristal. Pantai ini merupakan salah satu pantai terkenal di Lombok.

Pantai Seger, letaknya hanya 2km dari Pantai Kuta Timur dan berada di hamparan pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Pemandangan bawah lautnya indah sehingga cocok untuk snorkeling atau berenang. Ada juga spot yang asyik untuk berselancar dengan gelombang yang menantang.

Pantai Tanjung Bloam, karena jarang dikunjungi wisatawan, pantai ini keindahannya masih alami. Sajian pantai ini adalah pasir putih dan air laut yang biru. Di sini juga terkadang terlihat para nelayan yang menangkap ikan.

Pantai Mawun, lokasinya sekitar 60 km dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki gelombang yang lebih tenang sehingga cocok untuk berenang.

Wisata Bukit dan Gunung

Bukit Pergasingan, tempat wisata yang digunakan untuk melihat panorama sawah Desa Sembalun yang berkotak-kotak dari ketinggian. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat Gunung Rinjani. Hawanya sejuk dengan suhu 13 derajat Celcius. Pas untuk berkemah dan fotografi.

Bukit Nanggi, berada di lereng Gunung Rinjani dengan ketinggian 2.300 mdpl. Pemandangan padang rumput, hamparan awan putih dan alam sekitar menjadi objek wisata yang menarik.

Bukit Merese, Bukit Cinta adalah nama lain untuk bukit ini. Deretan perbukitan ini memiliki pemandangan hamparan pasir putih dan pantai dengan warna yang bergradasi.

Seger Hill Kuta, lokasinya berada di Pantai Seger. Bukit ini menyajikan panorama pantai dari atas perbukitan. Cocok sekali untuk melihat sunset.

Bukit Tunaq, termasuk dalam area konservasi, bukit ini menyajikan pemandangan laut biru yang menghampar.

Bukit Selong, selain dari Bukit Pergasingan, sawah indah kotak-kotak yang terhampar luas itu bisa juga dilihat dari Bukit Selong. Di sini juga terdapat rumah adat dan pemandangan malamnya yang memesona.

Pusuk Sembalun, berada di ketinggian 1.250 mdpl, Pusuk Sembalun menawarkan panorama hijau dan Gunung Rinjani. Terdapat gardu pandang dan gazebo untuk bersantai dan berfoto.

Gunung Rinjani, selain jadi ikon Pulau Lombok, gunung berapi tertinggi kedua ini juga dikenal sebagai gunung pendakian favorit. Tingginya 3.726 mdpl dan memiliki panorama yang indah.

Wisata Air Terjun

Air Terjun Tiu Tiding, dikenal juga sebagai Air Terjun Temponna, air terjun ini merupakan objek wisata baru di daerah Genggelang, Gangga. Air terjun utamanya memiliki ketinggian 50m dan di sekelilingnya juga terdapat juga air terjun yang pendek.

Air Terjun Madu, disebutkan katanya di belakang air terjun dengan ketinggian 20 meter terdapat banyak sarang lebah madu. Airnya yang berwarna hijau toska tampak memukau ditambah dengan dinding batu yang terlihat artistik. Terdapat kolam di bawah air terjun untuk berenang dan berendam.

Air Terjun Benang Kelambu, memiliki ketinggian sekitar 30m, air terjun ini letaknya kira-kira 500 m dari Air Terjun Benang Stokel. Bentuk air terjunnya bertingkat dengan tingkat kedua sekitar 10 m tingginya dan 5 m untuk tingkat ketiga.

Air Terjun Penimbungan, tingginya mencapai 100 meter dan berada di lereng bagian utara dari Rinjani. Hempasan airnya terkadang diselimuti oleh kabut. Sumber airnya dari Segara Anak dengan warna air hijau toska yang jernih.

Air Terjun Mangku Sakti, tersembunyi di kaki Gunung Rinjani, tinggi air terjun ini mencapai 40 meter dengan air berwarna biru tosca dan hiasan bebatuan. Di sekelilingnya juga terdapat jajaran pepohonan. Airnya mengandung belerang sehingga bagus untuk kesehatan kulit.

Air Terjun Tiu Pituq, tingginya mencapai 5 meter dan terdapat 7 air terjun lainnya, seperti Tiu Bunter, Tawah, Tinggi, LIsung, Ras, Serungga, dan Tiu Alat-alat.

Air Terjun Sendang Gile, ketinggiannya sekitar 600 mdpl dan dalamnya mencapai 31 meter, air terjun ni memiliki bentuk bertingkat. Terdapat aliran kecil-kecil yang keluar dari sela-sela dedaunan.

Air Terjun Tiu Kelep, berada lereng Rinjani, di kawasan Lombok Utara, Tiu Kelep lokasinya dekat dengan Air Terjun Sendang Gile. Tingginya mencapai 42 meter dan bentuknya bertingkat.

Air Terjun Tiu Teja, berada di tengah hutan serta dikelilingi oleh pepohonan nan hijau, air terjun yang berada di Lombok Utara ini tingginya 50 meter dan merupakan air terjun kembar. Di sini banyak ditemukan hewan liar dan suasananya masih asri.

Air Terjun Benang Setokel, air terjun kembar ini tingginya mencapai 30 meter dan bertingkat. Cocok untuk berenang, relaksasi juga berendam.

Desa Wisata

Desa Sembalun, desa kecil ini memiliki pesona yang memukau dan kebudayaannya yang cukup kental. Desa ini terkenal memiliki pemandangan sawah yang unik berbentuk kotak-kotak. Selain itu, pengunjung bisa mencoba wisata memetik stroberi juga lainnya seperti apel dan wortel. Di sini juga terdapat rumah khas dan kain tenun Desa Sembalun.

Desa Sade, berada di Lombok Tengah, desa ini memiliki keunikan adat dan budaya. Hal ini bisa dilihat pada rumah-rumah mereka yang berbentuk rumah adat Sasak dengan alang-alang sebagai atapnya.

Desa Bayang Sasak, berada di Kaki Gunung Rinjani, barat daya Lombok, desa ini kental dengan kebudayaan Suku Sasak. Ini bisa dilihat dari rumah, pakaian sampai benda seni yang semuanya khas Suku Sasak. Di sini terdapat sebuah mesjid yang berusia ratusan tahun yang disebut Masjid Bayan.

Desa Sukarara, selain wisata sejarah, desa ini menawarkan wisata budaya, yaitu tradisi menenun yang masih dilestarikan hingga sekarang serta rumah tradisional dari Suku Sasak.

Wisata Alam

Danau Segara Anak, danau ini merupakan danau vulkanik yang terbentuk di kaldera Gunung Rinjani pada ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. Segara anak membentang di area seluas 11 km2, dan mencapai kedalaman hingga 230 meter. Danau Segara Anak terletak di sisi barat Gunung Rinjani di desa Lawang Sembalun di Lombok, Indonesia Timur. Nama Samudra Kecil disematkan karena warna biru danau yang misterius ini.

Gua Bangkang, umur gua ini sudah ratusan tahun dan merupakan tempat bagi ribuan kelelawar. Saat matahari terbenam, pengunjung bisa menyaksikan pemandang spektakuler berupa ribuan kelelawar meninggalkan sarang.

Nest Sculpture, adalah Jason deCaires Taylor yang membuat mahakarya ini. Tujuannya proyek ramah lingkungan berupa 48 patung manusia dengan beragam pose ini dibuat sengaja untuk menyeimbangkan ekosistem yang ada di bawah laut.

Aktivitas


Menikmati Pantai-pantai di Lombok, sudah bukan hal yang asing lagi kalau pantai-pantai di Lombok terkenal akan keindahannya. Tak hanya bermain di pantai, pengunjung juga bisa berwisata air, seperti snorkeling, diving ataupun selancar. Selain itu, pantai-pantai di Lombok juga memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang memikat, seperti Pantai Pink atau Pantai Sengigi.

Mendaki Gunung Rinjani, bagi para petualangan dan pencinta mendaki, Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit untuk didaki. Tak hanya tantangannya, Gunung Rinjani juga memiliki pemandangan yang indah.

Island Hopping ke Banyak Gili, Lombok terkenal akan pulau-pulau kecilnya yang indah yang dikenal dengan sebutan gili. Gili-gili itu jumlahnya lebih dari 10 dan semuanya memesona. Banyak turis asing yang senang menghabiskan waktu di pulau-pulau kecil tersebut.

Mengunjungi Desa Wisata, Lombok memiliki desa wisata yang terkenal kental akan budayanya. Beberapa yang banyak dikenal wisatawan adalah Desa Sade, Desa Bayang Sasak, dan Desa Sukarara. Selain berkunjung, wisatawan juga bisa belajar beberapa budaya setempat seperti menenun.

Menjelajahi Air Terjun, selain memiliki banyak pantai, Lombok juga memiliki beberapa air terjun yang memesona, di antaranya Tiu Kelep, Penimbungan dan Benang Kelambu.

Menikmati Pemandangan dari atas Bukit, destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi adalah beberapa bukit seperti Bukit Merese dan Pergasingan. Kedua bukit ini terkenal akan sajian indah pemandangan di bawahnya. Bukit merese menyajikan hamparan laut dan pantai pasir putih, sedangakan Pergasingan menawarkan keindahan pemandangan kotak-kotak sawah yang instagenik.

Menjelajahi Goa, salah satu goa yang memiliki pemandangan unik adalah Goa Bangkang. Goa yang ditembus cahaya matahari ini merupakan rumah bagi ribuan kelelawar. Di sore hari pengunjung bisa menyaksikan ribuan kelelawar pergi dari goa.

Menyelam dan Snorkeling, menikmati keindahan dunia bawah laut adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan jika datang ke Lombok. Selain di Gili-gili, salah satu tempat menyelam yang wajib dikunjungi adalah Nest Sculpture. Tempat ini memiliki patung-patung di bawah laut yang menarik untuk jadi objek fotografi.

Menikmati Keindahan Segara Anak, danau yang berada di Gunung Rinjani ini menawarkan keindahan air danau berwarna biru yang misterius.

Mengikuti Festival Bau Nyale, festival ini diselenggarakan antara bulan Februari dan Maret. Pengunjung dapat mengikuti kegiatan menangkap cacing yang diibaratkan sebagai rambut dari Putri Mandalika yang menceburkan dirinya ke laut.

Berjalan-jalan di Mataram, ibukota Lombok ini menawarkan sentuhan Indonesia modern. Di mana banyak ditemukan pedagang kios pasar yang menjual barang dagangan mereka dan suara ibadah dari masjid dan kuil-kuil. Jangan lewatkan pagoda yang menakjubkan dari kuil Hindu Pura Meru, yang berasal dari awal abad ke-18, atau bangunan kolonial periode pemerintahan Belanda di distrik Ampenan yang pernah terpisah.

Mengikuti Kelas Memasak, ada beberapa sekolah memasak di sekitar hotel di Senggigi yang menawarkan kursus sehari dan setengah hari yang ditujukan untuk mengajarkan pengunjung semua yang perlu diketahui tentang bahan-bahan lokal yang paling banyak digunakan, dan menunjukkan kepada pengunjung ada lebih banyak masakan Lombok daripada hanya cabai yang pedas.

Belanja


Mataram Craft Centre, berada di Sekarbela, di Kota Mataram, tempat ini merupakan untuk berbelanja oleh-oleh berupa perhiasan dari mutiara di Lombok. Banyak toko berjajar sepanjang jalan menawarkan bermacam perhiasan mutiara dengan harga mulai dari yang murah hingga yang mahal, dari mulai gelang, kalung, jam tangan, bros dan lain-lain.

Pasar Seni Sayang-sayang, terletak di kota Mataram, pasar seni ini menjual beragam kerajinan daerah khas Lombok berupa kain tenun, kerajinan kayu, anyaman rotan, dan lain-lain.

Taman Hutan Suranadi, terkenal sebagai tempat wisata kuliner khas Lombok salah satunya Sate bulayak yang menjadi primadona di sini. Tempat ini ramai dikunjungi khususnya di akhir pekan. Selain Sate bulayak, pengunjung juga bisa menikmati bermacam jenis dodol.

Pasar Seni Kute, terletak di sepanjang jalan dekat daerah pantai Kuta, terdapat banyak penjual aksesoris hasil kerajinan tangan, mulai dari kalung, gelang, dan cincin berbahan kerang dan mutiara.

Pasar Cakranegara, pasar ini adalah pasar tradisional yang terlengkap dan terbesar di Pulau Lombok. Di sini dijual beragam kebutuhan sehari-hari juga oleh-oleh khas Lombok. Letak pasar ini ada di daerah Cakranegara, Kota Mataram dan buka dari pagi sampai sore hari.

Senggigi, terletak di sepanjang jalan menuju ke area Pantai Sengigi berjejer toko artshop yang menjual bermacam-macam kerajinan.

Desa adat Sade, jaraknya kira-kira 15 km dari Bandara Internasional Lombok, terletaknya di Lombok Tengah, desa adat ini menjual kerajinan berupa kain tenun Lombok. Selain itu juga dijual gelang dan kalung-kalung unik.

Desa Sukerare, disebut juga Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, desa ini populer sebagai desa tenun di Lombok. Hampir tiap rumah di desa ini mempunyai artshop yang menjual kain tenun berupa songket khas Lombok.

Desa Banyumulek, terletak di Kecamatan Kendiri, Lombok Barat, desa ini merupakan desa setra industri gerabah di Pulau Lombok. 80% penduduknya merupakan pengrajin gerabah. Di sini pengunjung bisa membeli bermacam perabot unik berhiaskan cukli atau kulit kerang mutiara.

Desa Pringgasela, terletak kira-kira 10 km dari Kota Selong, Desa Pringgasela merupakan desa yang memproduksi kain tenun. Kain tenun dari Pringgasela yang banyak diminati adalah Sari menanti dan Pucuk Rebung. Selain itu, banyak punya artshop yang menjual beraneka kerajinan.

Desa Kelayu, berlokasi dekat Kota Selong, Lombok Timur, Desa Kelayu merupakan desa penghasil beraneka jajanan tradisional oleh-oleh khas Lombok. Di sini dijual rengginang, dodol, rumput laut, dan lain-lain.

Sekarbela, nama ini adalah nama sebuah kecamatan di daerah Kota Mataram. Kebanyakan penduduknya adalah pengrajin mutiara dan emas. Di sini banyak toko mutiara yang berjejer di pinggir jalan yang menjual hiasan mutiara dengan harga terjangkau.

Kuliner


Ayam Taliwang, kuliner ini merupakan salah satu makanan khas Lombok yg cukup terkenal di Indonesia. Menu ini bisa ditemukan hampir di seluruh tempat di Lombok. Ayam taliwang memiliki banyak ragam, ada ayama taliwang sambal lima, pedas manis, bakar kecap, pelecingan, goreng asam, bakar madu, dan goreng biasa. Biasanya menu ini disajikan dengan nasi dan pelecing kangkung.

Bebalung, makanan ini merupakan makanan penambah tenaga juga penumbuh vitalitas. Kata bebalung dalam bahasa Sasak artinya tenaga. Menu ini mirip dengan soto daging atau gulai dan terbuat dari tulang iga sapi tapi ada juga yang memakai iga kerbau. Semuanya diracik dengan bumbu halus.

Sate Bulayak, menu ini merupakan hidangan sate yang berbahan daging ayam, daging sapi dan jeroan dan ditusuk seperti sate. Yang membedakan sate ini dengan sate lain adalah bulayaknya yaitu, lontong yang dibungkus dengan lilitan daun arena tau enau dan ukurannya lebih kecil dibandingkan lontong.

Plecing kangkung, makanan khas Lombok ini berbahan dasar kangkung yang direbut kemudian diberi sambal tomat. Umumnya disajikan dengan ayam taliwang.

Kelaq, yaitu hidangan sayur berkuah yang berisi bermacam-macam sayuran. Terdapat banyak jenis kelaq, ada kelaq kelor, batih, pedis panas, lebui, juga sebie.

Ayam Rarang, ini merupakan sajiankhas Suku Sasak yang umumnya beragama Islam. Bahannya adalah ayam kampung dan diolah dengan cara digoreng dahulu. Ayam ini dilengkapi dengan baluran bumbu sambal yang pedas.

Nasi Balap, menu ini merupakan nasi putih yang disajikan dengan suwiran ayam yang rasanya pedas, kacang kedelai goreng, kering kentang juga telur.

Beberuk Terong, makanan ini dibuat dari terong gelantik bersama kacang panjang dan disiram dengan sambal tomat.

Sate Pencok, kuliner ini bahannya masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan dari sagu ada juga dari kulit sapi, dan adonan tepung kanji. Bahan ini kemudian buat seperti potongan daging untuk sate dan ditusuk-tusuk. Sate ini biasanya disantap dengan bumbu pelalah.

Sayur Ares, makanan khas Lombok ini dibuat dari pelepah pisang muda yang diolah dengan kuah yang terbuat dari santan juga bumbu rempah seperti ketumbar, kunyit, jintan, bawang putih, bawang merah, ketumbar dan lengkuas.

Bantal, kuliner ini terbuat dari ketan dan dinamai bantal karena bentuknya mirip dengan bantal. Di Lombok, bantal sering disantap saat berbuka puasa atau jadi camilan yang menemani ketika tadarus Al-Qur’an.

Sate Ikan Tanjung, kuliner khas Lombok Utara ini banyak diserbu oleh para penggemar kuliner. Sate ini sudah ada semenjak 1977 dan penggagasnya adalah Ibu Salimah. Bahan utama sate ini adalah daging ikan cakalang dan laguan yang diberi bumbu bermacam rempah sehingga tercipta rasa pedas khas masakan Lombok.

Poteng Jaje Tujak, dalam bahasa Indonesia artinya adalah tape jajan tumbuk. Poteng jaje tumbuk merupakan makanan ringan yang dibuat dari dua campuran bahan utama, tape dan ketan putih. Ada kepercayaan di masyarakat Lombok yang mengatakan bahwa untuk membuat poteng jaje tujak tidak boleh dalam masa haid atau poteng jaje tujak yang dibuat akan rusak.

Kue Keciput, kue khas dari Lombok ini adalah kue kering yang umumnya disajikan saat Lebaran. Tampilannya mirip dengan onde-onde tapi bedanya kue ini tak memiliki isi seperti onde-onde. Keciput hitam dibuat dari ketan hitam sementara yang biasa dibuata dari ketan putih.

Ayam Pelalah, sejatinya makanan ini berasal dari Bali tapi makanan ini juga bisa ditemukan di Lombok. Bahan dasarnya adalah ayam suwir yang diproses dengan cara dibakar lalu disajikan dengan dua jenis bumbu, yaitu bumbu sambal dan rendaman.

Sate Pusut, jika Bali punya sate lilit, Lombok punya sate pusut. Keduanya adalah sate yang dibuat dari perpaduan daging dengan kelapa parut. Bedanya sate pusut terbuat dari daging sapi merah sementara sate lilit dibuat dari daging ikan.

Lebui, kuliner ini unik karena makanan ini merupakan perpaduan antara kedelai hitam dengan kuah dengan bumbu rasa asam pedas. Lebui biasanya dinikmati dengan nasi putih hangat.

Nasi Puyung, nasi khas Lombok ini berisi nasi putih, kacang kedelai goreng, kenang kremes goreng, dan sambal daging.

Nasi Kota Raja, nasi ini berasal dari Desa Kota Raja di daerah Lombok Timur. Ciri khasnya dalah tambahan lauk pauk tradisional berupa sambal sebie dan jangan rarit. Sambal sebie dibuat dari cabai rawit hijau sementara jangan rarit merupakan olahan daging berbumbu rempah khas Lombok yang telah dijemur terlebih dahulu.

Kelepon Kecerit, tak jauh beda dari kelepon Jawa, kelepon kecerit khas Lombok berisi cairan gula merah. Uniknya kelepon ini dibuat dalam bentuk memanjang. Kecerit dalam bahasa Lombok artinya ‘muncrat’ seperti ketika cairan gula merah dalam kelepon yang muncrat dalam mulut saat digigit.

Penginapan


Kuta

Kuta adalah satu-satunya daerah wisata dengan pilihan tempat menginap yang bagus di pantai selatan Lombok dan memiliki beberapa pantai terbaik dan tempat selancar ombak di Indonesia. Terletak hanya 25 menit berkendara dari Bandara Internasional Lombok, pengunjung datang ke sini bisa melihat pemandangan garis pantai yang dramatis, pasir putih yang mempesona, selancar dan berenang. Daerah ini paling terkenal untuk serangkaian pantai yang populer untuk tempat berjemur matahari dan peselancar pemula, serta berbagai teluk kecil yang membentang di sepanjang garis pantai.

Mawun dan Tampa

Mawun dan Tampa adalah teluk terpencil yang bagus untuk berenang dan berselancar, sedangkan Rowok dan Selong Blanak tepatnya lebih damai dan sunyi dengan hampir tidak ada pembangunan dan hanya infrastruktur dasar, ideal bagi mereka yang menginginkan relaksasi pribadi. Cara termudah untuk mengakses pantai adalah dengan sepeda motor yang dapat disewa di desa utama.

Mataram

Mataram, meskipun Mataram sebenarnya adalah kota terbesar di Pulau Lombok, tidak banyak turis yang berhenti di sana lebih dari satu atau dua jam. Karenanya, di sini akomodasi cenderung lebih murah dibandingkan tempat wisata lainnya di Pulau Lombok. Mataram juga merupakan tempat yang tepat untuk tinggal jika pengunjung ingin merasakan kehidupan lokal yang nyata, dengan jalan-jalan yang ramai dengan lalu lintas sepeda motor dan kios-kios pasar di sisi jalan.

Senggigi

Senggigi, daerah ini merupakan pusat kedatangan utama Lombok dan tujuan tersibuk, terletak di tengah serangkaian teluk luas yang membentang dari utara ke selatan di sepanjang pantai barat pulau. Jaraknya satu jam berkendara dari bandara Lombok. Meskipun merupakan daerah yang paling maju di pulau itu, irama kehidupan di sini lambat dan daerah ini merupakan tempat yang bagus untuk tinggal karena kombinasi olahraga pantai dan air, restoran dan kehidupan malam. Di sepanjang hambatan utamanya, Anda akan menemukan berbagai fasilitas berguna termasuk agen perjalanan, toko, supermarket, ATM, dan penukaran uang. Tempat ini terkenal dengan matahari terbenam kaleidoskopik. Temukan terumbu berwarna-warni dan kehidupan laut di lepas pantai ujung selatan, atau sewa kano atau kayak.

Gili Air

Gili Air adalah pulau kecil di lepas pantai Lombok. Dibutuhkan 15 menit untuk mencapai pulau dengan kapal dari Lombok. Pengunjung yang suka berjalan kaki dapat berkeliling pulau sekitar 2,5 jam. Gili Air menawarkan kehidupan dengan keseimbangan yang sempurna antara harmoni, relaksasi, dan kegiatan rekreasi. Tersentuh oleh air biru kehijauan dan dibatasi oleh pasir putih lembut yang melambai dan pohon kelapa yang berayun dengan lembut, Gili Air merupakan tempat untuk berbulan madu dan orang yang datang untuk mengalami kedamaian, suasana santai dan keindahan alam. Satu-satunya cara untuk bepergian di sekitar pulau adalah dengan berjalan kaki, sepeda atau naik kereta kuda yang dikenal sebagai Cidomos. Sebelum terumbu karang, air lautnya umumnya dangkal jadi pas untuk snorkeling. Bisa juga bisa naik perahu dari bawah ke kaca untuk melihat kura-kura.

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari tiga Kepulauan Gili yang dikelilingi laut berwarna biru. Gili Trawangan mempunyai beragam tempat menginap yang dirancang sesuai dengan semua budget. Di pulau ini tidak ada transportasi bermotor, yang berarti bahwa satu-satunya cara bepergian adalah dengan berjalan kaki, bersepeda atau naik kereta kuda yang dikenal sebagai Cidomos. Di malam hari terdapat beragam kehidupan malam mulai dari musik live dan DJ hingga bar koktail yang santai.Untuk sampai di sini, pengunjung perlu naik perahu selama 30 menit dari pantai barat laut Lombok.

Tanjung

Tanjung, tempat ini merupakan desa resor yang terletak di utara pulau Lombok. Posisinya menghadap ke pulau-pulau Gili. Tanjung adalah salah satu daerah yang lebih mewah di Lombok dan, terlepas dari beberapa resor di sana-sini, lingkungan ini sebagian besar masih alami.

Darurat


Bandara dan Pelabuhan

Bandara Internasional Lombok: (0370) 6157000

Pelabuhan Kayangan: (0376) 21773

Pelabuhan Lembar: (0370) 681313

Kepolisian Lombok

Polda NTB : (0370) 644344

Polres Mataram: (0370) 621124

Polres Lombok Tengah: (0370) 654030

Poltes Lombok Barat: (0370) 681530

Polres Lombok Timur: (0370) 21005

Polsek Tanjung, Lombok Utara: (0370)631897

Polsek Pemenang, Lombok Utara: (0370) 649214

SAR dan Emergency Lombok

SAR Mataram: (0370) 533253

Pemadam Kebakaran: (0370) 6662113

PLN NTB: (0370) 123 / 08123758123

Emergency Ambulans  118

PMI NTB: (0370) 623885

Rumah Sakit & Puskesmas

RSU Kota Mataram: (0370) 640774

RSUP NTB: (0370) 623876

RS Risa Mataram: (0370) 625560

RS Biomedika Mataram: (0370) 645137

RSU Praya: (0370) 654007

RS Dr. Soedjono Selong, Lombok Timur : (0376) 21118

RS Risa Sentra Medika Lombok Timur: (0376) 23888

Puskesmas Tanjung, Lombok Utara: (0370) 623010

Kantor Pos

Kantor Pos Telp. (0370) 632645

Transportasi

Taksi Lombok (0370) 627000

Blue Bird Taxi (0370) 627000

Express Taxi (0370) 635968

Damri (melayani rute Bandara – Mataram dan Bandara Senggigi hingga penerbangan terakhir)

Telp. (0370) 671240

Bus Langsung Indah Pool Terminal Mandalika

(Rute : Mataram ke Bima, Sumbawa)

(Rute : Mataram ke Labuan Bajo, Flores)

Kantor Imigrasi

Imigrasi Mataram: (0370) 632570

Untuk melihat paket wisata Lombok, klik di sini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *