karimunjawa

Karimunjawa

Indonesia : Karimunjawa

Karimunjawa

Tentang


Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu kepulauan yang berada di Jawa Tengah ini, tepatnya di Kabupaten Jepara. Nama destinasi wisata ini tak hanya beken di kalangan turis domestik tapi juga mancanegara. Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut dan tempatnya tidak terlalu jauh, maka Kepulauan Karimunjawa menjadi pilihan. Tempat ini sudah dikembangkan menjadi wisata taman laut. Menurut legenda, Sunan Murialah yang menemukan Pulau Karimunjawa ini. Diceritakan bahwa Sunan Muria ini mendidik putranya yang bernama Amir Hasan. Beliau kemudian memerintahkan anaknya untuk pergi menuju sebuah pulau yang jika dari Puncak Gunung Muria terlihat “kremun-kremun” atau kabur. Sunan Muria berharap anaknya bisa memperdalam serta mengembangkan ilmu yang di dapatnya di sana. Maka pulau itu pun dinamakan Pulau Karimun.

Administrasi dan Letak Geografis

Secara geografis Kepulauan Karimunjawa terletak 83 km di barat laut kota Jepara dengan ketinggian 0-605 mdpl. Kepulauan ini terletak pada koordinat 5o40’39” – 5o 55′ 00″ Lintang Selatan dan 100o 05′ 57″ – 110o 31′ 15″ Bujur Timur. Adapun luas Kepulauan Karimunjawa adalah 169.800 ha yang terdiri dari daratan seluar 7.120 ha dan perairannya seluas 162.680 ha. Kepulauan Karimunjaya secara administratif termasuk ke dalah daerah administratif Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Karimunjawa memiliki 27 pulau dan yang berpenghuni hanya lima saja, yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Genting, dan Pulau Parang. Adapun yang jadi pusat kecamatan adalah Pulau Karimunjawa yang letaknya sekitar 83 km dari kota Jepara. 22 pulau telah dinyatakan sebagai cagar laut tahun 2001, Taman Nasional Karimunjawa. Sementara pulau yang tak berpenghuni adalah:

    • Menjangan Kecil
    • Menjangan Besar
    • Cemara Kecil
    • Cemara Besar
    • Burung
    • Geleyang (30 ha)
    • Bengkoang (92 ha)
    • Katang (2,8 ha)
    • Kembar (11,2 ha)
    • Krakal Kecil (2,8 ha)
    • Krakal Besar (2,8 ha)
    • Mrican
    • Sintok
    • Pinggir
    • Tengah
    • Gundul
    • Cilik (2 ha)[2]
    • Tambangan
    • Kumbang (8,8 ha)
    • Seruni
    • Mencawakan (atau Pulau Menyawakan).
    • Cendekian

Di Taman Laut nasional Indonesia ini terdapat  lebih dari 90 jenis karang laut juga 240 lebih jenis ikan. Di beberapa pulau terdapat hutan mangrove serta hutan pantai. Tak hanya hewan laut dan hutan mangrove, di kawasan ini juga bisa menjumpai beberapa jenis satwa yang hidup di daratan, seperti berbagai jenis burung, rusa, penyu, kera,dan lain-lain.

Iklim dan Topografi

Iklim di Kepulauan Karimunjawa adalah tipe C yang memiliki curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun. Sementara rata-rata suhunya 26 – 30oC dan suhu minimalnya 22oC sedangkan suhu maksimumnya 34oC. Berada di Indonesia, Karimunjawa memiliki iklim tropis yang terdiri dari dua musim, yaitu kemarau yang terjadi pada bulan Juni sampai Agustus atau disebut juga musim timur. Kemudian disusul dengan musim pancaroba I yang umumnya terjadi pada bulan September hingga Oktober yang disebut sebagai musim peralihan. Musim penghujan atau musim barat akan terjadi di bulan November sampai Maret. Pada musim ini gelombang laut besar sehingga bahaya untuk aktivitas pelayaran.

Kawasan taman nasional Karimunjawa mempunyai topografi berupa dataran rendah yang bergelombang. Ketinggiannya berkisar antara 0 hingga 506 mdpl. Tak ada sungai besar di kawasan ini, tapi ada lima mata air yang umumnya oleh penduduk sekitar dimanfaatkan sebagai sumber air bersih. Taman Nasional Karimunjawa mempunyai tipe dasar perairan mulai dari tepi pulau berupa pasir dan semakin ke tengah menjadi dikelilingi terumbu karang. Ombak di kawasan ini tergolong jinak jadi cocok untuk aktivitas diving.

Penduduk

Penduduk Karimunjawa berpenduduk berjumlah 9.514 jiwa berdasarakan hasil pendataan Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara pada tahun 2017 yang menghuni lima pulau utamanya. Kepadatan penduduknya 134 jiwa/km2. Karimunjawa dihuni oleh tiga suku utama yaitu suku Jawa yang berprofesi sebagai petani dan pembuat alat kebutuhan rumah tangga, suku Madura yang berprofesi sebagai nelayan tapi mempunyai kelebihan dalam membuat ikan kering, dan suku Bugis yang berprofesi sebagai pelaut andal sampai berprofesi sebagai nelayan. Desa Telaga merupakan salah satu desa yang tetap memegang teguh budaya Bugis. Di desa ini, rumah penduduknya ada masih berbentuk rumah panggung yang gagah dan anggun.

Pariwisata

Kepulauan Karimunjawa dengan Taman Nasional Karimunjawa-nya mempunyai berbagai potensi wisata alam yang merupakan perpaduan keindahan daratan dan lautannya. Keindahan bawah laut Kepulauan Karimunjawa cocok untuk kegiatan diving atau snorkeling. Spot untuk snorkeling tersebar di seluruh perairan kepulauan, tapi yang menjadi favorit wisatawan terletak di Pulau Kemujan, Pulau Cemara Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Tengah serta Pulau Cilik. Terdapat wisata bangkai kapal Panama INDONO yang pada tahun 1955 tenggelam di sekitar Pulau Kemujan. Objek wisata terkenal lainnya di sini adalah Bukit Love, Legon Lele, Pantai Ujung Gelam Patai Barakuda, Bukit Joko Tuo, Pantai Batu Topeng, Pantai Nirwana dan lainnya.

Akses


Lewat Udara

Transportasi udara merupakan alat transportasi yang paling praktis dan cepat. Wisatawan bisa pergi dari mana saja menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya dan dilanjutkan dengan naik kapal perintis maskapai Airfast Indonesia dari Surabaya langsung ke Bandara Dewadaru di Kepulauan Karimunjawa. Selain itu sudah ada juga penerbangan dari Semarang menuju Dewadaru yang juga dilayani oleh maskapai Airfast. Pesawat yang digunakan adalah pesawat Twin Otter 300 yang bisa mengangkut 15 sampai 19 penumpang.

Surabaya – Karimunjawa : Rp351.700

Karimunjawa – Semarang : Rp266.200

Semarang – Karimunjawa : Rp279.200

Karimunjawa – Surabaya : Rp293.700

Sekarang ini Bandara Dewadaru juga melayani sejumlah penerbangan yang dilayani oleh maskapai Wings Air dari Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya, penerbangan langsung ataupun penerbangan transit.

Selain itu, ada juga Penerbangan Charter Pesawat Nam Air rute Semarang – Karimunjawa PP oleh Bandara Charter Flight dengan menggunakan pesawat Nam Air ATR 72-600. Pesawat terbang 3 kali dalam seminggu, yaitu Rabu, Jumat, dan Minggu.

Bandara Dewadaru

Alamat: Desa, Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

No. Telp: (0297) 3191731

Lewat Laut

PELNI

Jika menggunakan jasa PELNI, wisatawan mempunyai 2 pilihan transportasi, yakni naik Kapal Motor (KM) Lawit dan KM Kelimutu. KM Lawit berlayar setiap minggu kedua, yakni pada hari Sabtu dari Semarang pukul 14.00 WIB dan sampai di Karimunjawa pukul 21.00 WIB. Ada juga dari Karimunjawa pada hari Minggu pukul 07.00 WIB dan sampai di Semarang pukul 14.00 WIB.

KM Kelimutu berlayar mulai minggu ketiga dengan jadwal pelayaran dari Semarang setiap hari Jumat pukul 23.59 WIB dan tiba di Karimun Jawa pukul 06.00 WIB. Sedangkan dari  Karimunjawa pergi pada hari Minggu pukul 13.00 WIB dan sampai di Semarang pukul 19.00 WIB.

Jika berangkat dari Jepara, terdapat dua kapal yang melayani sampai di Karimunjawa, yaitu:

Kapal Feri Siginjai

Berangkat tiap hari Senin, Rabu, Jumat, serta Sabtu pada pukul 06.30 WIB dari Pelabuhan Kartini. Lama perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam. Keberangkatan dari Karimun ke Jepara di hari Selasa, Kamis, dan Minggu pada pukul 06.30 WIB. Khusus pada hari Jumat, keberangkatan dari Karimunjawa pukul 12.30 WIB. Tiket bisa dipesan 2 jam sebelum keberangkatan.

Kapal Express Bahari

Jadwal keberangkatan bisa dilihat di loket tiket masuk dan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Dua titik penyeberangan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penyeberangan dari Semarang, wisatawan bisa langsung pergi ke Semarang dari kota masing-masing  dengan tujuan Bandara Ahmad Yani atau ke Pelabuhan Tanjung Mas. Kekurangannya di harga tiket yang lebih mahal jika dibandingkan berangkat dari Jepara. Dari Jepara lebih mudah dijangkau untuk mereka yang pergi dari Surabaya dengan naik bus sekali dan waktu penyeberangan kapalnya lebih singkat. Kekurangannya adalah wisatawan harus mencari alat transportasi malam di Semarang untuk menuju Jepara. Waktu tempuh sekitar 3 jam.

Transportasi


Perahu kecil milik nelayan, alat transportasi ini masih menjadi andalan untuk perjalanan antar pulau. Kapal-kapal ini memiliki kapasitas yang kecil juga daya tempuhnya lama serta tak bisa beroperasi saat musim barat, yaitu badai, yang terjadi pada kira-kira bulan Desember sampai Maret.

Sepeda motor sewaan, moda transportasi ini merupakan alat transportasi darat yang bisa digunakan untuk mengakses pantai dengan cepat dan satu-satunya cara yang terjangkau. Selain itu juga ada penyewaan mobil.

Destinasi


Wisata Pantai

Pantai Anora, berlokasi di Desa Kemloko terdapat sebuah pulau kecil. Pulau tersebut menyatu dengan pantai yang dikenal dengan nama Pantai Anora. Di pulau ini juga terdapat bukit yang bisa didaki.  Dari atas bukit tersebut wisatawan bisa menikmati indahnya alamnya dan merasakan semilir angin serta pemandangan kepulauan Karimunjawa. [youtube | travelblogid]

Pantai Tanjung Gelam, berlokasi di Pulau Karimunjawa, bisa ditempuh dengan jalur darat atau laut. Lama perjalanan berkendara sekitar 10 menit dari pusat kota. Ciri khas pantai ini adalah  kelapa doyong. Lokasi pantai ini berada di ujung sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati sunset. Wisatawan dapat berjalan sambil menyusuri pantai yang memiliki panjang sekitar 700 m dan di sisi lain akan ditemui Pantai Batu Topeng. Di kawasan pantai banyak ditemukan penduduk yang membuka  warung dan berjualan kelapa muda, kopi, gorengan, dan lain-lain. [youtube]

Pantai Bobi, letaknya ada di sebelah timur selatan dari pulau utama Karimunjawa. Jaraknya kira-kira 10 menit dari pusat kota. Wisatawan bisa mendapatkan panorama matahari terbit terbaik dari bibir pantai yang panjang yang berpasir putih ini.

Pantai Pancoran, tempat ini juga sangat tepat  untuk melihat matahari terbit. Dari pusat kota pantai ini jaraknya sekitar 5 menit dengan memakai motor. Jalan menuju pantai ini masih jalan setapak jadi butuh perjuangan. Wisatawan bisa melihat air terjun tawar saat dalam perjalanan ke pantai ini. Maka jadilah pantai ini dinamakan Pantai Pancoran. [youtube]

Pantai Batu Topeng, tempat ini memiliki banyak pepohonan di bibir pantainya jadi cocok untuk tempat bersantai. Di sini juga ada spot foto gazebo yang letaknya di atas batuan yang menjorok ke arag laut.

Pantai Legon Lele, menurut sejarah tempat ini merupakan tempat  Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan pertama kalinya mendarat di Pulau Karimunjawa. Di pantai ini wisatawan bisa menikmati sebuah pantai berpasir putih yang luas saat air laut surut. Pulau ini hampir sama dengan Pulau Cemara Besar.

Pantai Batu Putih, berlokasi di Dusun Jelamun, Karimunjawa, pantai ini jaraknya sekitar 15 km dari kota Karimunjawa. Nama pantai ini menurut masyarakat setempat diambil dari sebuah bongkahan batu besar yang posisinya mencuat ke atas dan saat kering, batu itu tampak berwarna putih. Pantai ini juga mempunyai dermaga kayu sebagai tempat bersandar kapal. Tak hanya untuk kapal bersandar, wisatawan juga bisa bermain di sana. Pantai Batu Putih memiliki air yang bening dan bersih karena masih jarang pengunjung yang datang ke sini.

Pantai Ujung Batu Lawang, konsep tempat ini dibuat seperti Tracking Mangrove Karimunjawa jadi asyik cocok untuk kegiatan trekking dan ujungnya di Pantai Ujung Batu Lawang. Sayangna karena kurang pengunjung jadi tempat ini tidak begitu terawat, penuh dengan semak belukar.

Pantai Bunga Jabe, tempat wisata ini merupakan perpaduan dari keindahan alam, kesenian serta budaya. Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang luas saat  air laut surut sehingga pepohonan rimbun yang tumbuh di sana berubah jadi sebuah kanopi untuk melindungi dari teriknya matahari.

Wisata Pulau

Pulau cemara kecil, pulau ini berada di sisi sebelah barat dan biasa dikunjungi ketika wisatawan mengikuti tour snorkeling serta island hopping ke rute barat. Ukuran pulau ini sangat kecil sehingga bisa dikelilingi dengan berjalan kaki. Seperti namanya, di pulau ini banyak terdapat pohon cemara. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan air laut yang bening dan lautnya dangkal sehingga pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Biasanya pulau ini di singgahi oleh para wisatawan yang hendak makan siang atau untuk menunggu matahari tenggelam. Wisatawan hanya perlu membayar Rp50.000 untuk sandar kapal. [holamigo]

Pulau Cilik, letak pulau ini di sisi timur dan umumnya dikunjungi wisatawan saat memilih rute timur untuk snorkeling dan island hopping. Pulau ini juga merupakan tempat untuk singgah beristirahat sesudah bersnorkeling. Tempat ini dikelilingi oleh terumbu karang, beragam jenis karang juga ikan serta biota laut. Di sini pengunjung bisa melihat clown fish atau yang biasa disebut nemo.

Pulau Menjangan Kecil, lokasinya berada di sisi timur dan umumnya disinggahi wisatawan ketika mereka memilih rute timur untuk ber-snorkeling atau island hopping. Terumbu karang cantik mengelilingi pulau ini ditambah dengan beragam jenis karang, biota laut, ikan. [travelblogid | holamigo]

Pulau Geleang, berada di sisi barat, pulau ini umumnya dikunjungi wisatawan untuk istirahat dan makan siang sesudah ber-snorkling. Pulau Geleang mempunyai hamparan pantai dengan pasir putih yang luas. Wisatawan hanya perlu membayar Rp50.000 untuk sandar kapal dan tidak ada tiket masuk.

Wisata Bukit

Bukit Love / Love Hill, Jaraknya sekitar 10 menit dari pusat kota. Bukit Love memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagenik. Para penyuka foto ada baiknya datang saat pagi hari, sekitar pukul 8 sampai 10 pagi. Tempat ini juga cocok untuk melihat matahari terbenam juga menikmati langit bertabur bintang. [travelblogid | holamigo]

Bukit Joko Tuwo, seperti namanya Bukit Joko Tuwo ini berada di atas bukit yang mempesona. Ada tiga keistimewaan yang dimiliki bukit ini, yaitu bisa jadi tempat untuk melihat sebuah kerangka mamalia raksasa yang orang sebut dengan ikan paus. Nama Bukit Joko Tuwo sendiri juga diambil dari filosofi ikan paus tersebut. Keistimewaan yang lain yaitu tempat ini bisa jadi tempat untuk menyaksikan sebuah tasbih raksasa dari batuan andesit. Terakhir  Di Bukit Joko Tuwo ini wisatawan dapat menyaksikan sebuah pertunjukan mengenai senandung senja, yaitu pertunjukan mengenai matahari yang perlahan menenggelamkan dirinya ke garis batas cakrawala.

Wisata Populer Lainnya

Mangrove tracking, destinasi wisata ini adalah sebuah jalur tracking sepanjang kira-kira 2km terbuat dari jembatan kayu. Jembatan tersebut dibuat menyusuri hutan mangrove yang cantik dan rimbun. Wisatawan bisa menyaksikan berbagai jenis burung serta menikmati kicauannya. Ada juga menara pandang yang bisa dinaiki supaya bisa menyaksikan keindahan pemandangan perbukitan hutan mangrove serta laut yang membentang. Pengunjung dikenai tiket Rp10.000 untuk turis domestik dan Rp150.000 untuk turis mancanegara. Pastikan untuk membawa losion anti nyamuk karena pada musim tertentu di tempat ini banyak nyamuk. [travelblogid | holamigo]

Penangkaran hiu, di tempat ini wisatawan bisa bermain bersama hiu atau memberikan makan mereka dan juga foto bersama. [holamigo]

Kampung Bugis Karimunjawa, Dusun Ujung Batu Lawang, Pulau Kemujan, Kepulauan Karimunjawa ini banyak dihuni oleh orang bugis maka wisatawan bisa melihat rumah-rumah bergaya bugis.

Bako Lolo, tempat ini adalah sebuah laguna yang diapit oleh hutan bakau Karimunjawa yang lebat. Karenanya di sini tak ada ombak sehingga asyik untuk bermain sampan atau kano. Meski belum memiliki fasilitas, wisatawan bisa meminta bantuan warga setempat jika ingin berkunjung ke sini. Tempatnya juga dekat dengan Pantai Bunga Jabe dan terletak di sisi barat Bandar Udara Dewadaru.

Dermaga Mrican, tempat ini merupakan lokasi untuk kapal-kapal nelayan bersandar setelah melaut. Di tempat ini biasanya warga membeli hasil tangkapan nelayan. Di sore hari wisatawan bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Aktivitas


Island hopping, Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau maka kalau hanya menjelajahi satu pulau saja akan sangat disayangkan. Dimulai dari Karimunjawa lalu ke Pulau Burung, Pulau Bengkoang sampai Pulau Katang, kesemua pulau tersebut mempunyai keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Caranya cukup dengan menyewa kapal perahu yang bisa mengangkut sampai 15 orang. Harga sewa perahu bisa mencapai sekitar RP1.300.000 plus fasilitas peminjaman alat snorkeling serta BBQ di salah satu pulau yang dikunjungi nanti. [travelblogid | holamigo]

Melihat kapal karam di Pulau Kemojan, di dekat Pulau Kemojan terdapat sebuah bangkai kapal. Di sini wisatawan bisa menyaksikan langsung kapal tersebut dengan cara melakukan ekstreme diving dan snorkeling untuk yang sudah terlatih. Panorama bawah laut juga kehidupan bawah laut di area sekitar bangkai kapal tersebut sangat indah.

Menikmati alam bawah laut, snorkeling merupakan aktivitas seru yang bisa dilakukan di Karimunjawa. Keindahan alam bawah laut serta kekayaan biota destinasi wisata ini  adalah  salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia. Ada penyewaan pelampung bagi yang tidak bisa berenang serta alat snorkeling lainnya. [youtube | travelblogid | holamigo]

Berinteraksi dengan hiu di Pulau Menjangan Besar, hiu-hiu yang ada di penangkaran Pulau Menjangan Besar bisa didekati oleh pengunjung. Hiu yang ada di sini adalah jenis blacktip reef shark, yaitu hiu yang hidup di perairan dangkal. Jenis hiu ini jinak dan bersahabat dengan mahluk yang ada di sekitarnya juga manusia. [travelblogid | holamigo]

Singgah di pulau pasir kecil, di Kepulauan Karimunjawa terdapat beberapa Gosong atau pulau pasir yang kecil, seperti Gosong Kumbang, Cemara, Seloka, Batu Putih, Karang Besi, Karang Mocong dan Karang Tengah. Berkunjung dan menjelajah pulau tersebut akan jadi aktivitas yang mengasyikan. [travelblogid | holamigo]

Trekking di hutan mangrove Karimunjawa, menjelajahi hutan mangrove Karimunjawa yang rimbun dan asri akan sangat menarik. Di dalamnya hidup bermacam-macam flora dan fauna. Wisatawan juga bisa melihat seluruh pemandangan dari gardu pandang. Asyik sekali menyaksikan matahari terbenam dari gardu pandang ini. [travelblogid | holamigo]

Menyaksikan lumba-lumba, kalau di Bali ada Pantai Lovina, di Karimunjawa ada Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil. Di kedua tempat ini pengunjung bisa menjumpai mamalia pintar ini. Namun di sini lumba-lumba itu hanya muncul sesekali saja. Terkadang jika sedang beruntung, pengunjung bisa melihat mamalia ini berenang di samping perahu yang dinaiki oleh mereka.

Menyaksikan langit pagi, sore dan malam hari, Karimunjawa merupakan tempat yang cocok untuk bisa melihat matahari terbit , terbenam juga bintang bertaburan di malam hari karena polusi cahaya yang masih minim. Tak jarang pengunjung yang menyaksikan fenomena alam tersebut sambil berbaring di pantai.

Menikmati pemandangan dari Bukit Love, bukit ini tak hanya tempat untuk selfie tapi juga untuk menikmati panorama alam di Karimunjawa. [travelblogid | holamigo]

Menghabiskan waktu di pantai, kepulauan ini memiliki pantai dengan dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai, mulai dari bermain pasir, berjemur, atau sekedar menikmati alam. [youtube | travelblogid | holamigo]

Menjelajahi Pasar Malam di Karimunjawa, bagi pencita kuliner seafood, alun-alun di Pulau Karimunjawa adalah pusat kuliner di malam hari. Berbagai jenis makanan laut dijual di sini. Selain itu, wisatawan juga bisa berbelanja oleh-oleh di sini. [youtube | travelblogid]

Menikmati Sunset di Pantai Ujung Gelam, meski tak jauh beda dengan pantai-pantai lain, tapi karena lokasi pantai ini yang menghadap ke arah barat menjadikan pulau ini tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. [holamigo]

Berpetualang dengan sepeda motor mengelilingi Pulau Karimunjawa, jika bisa mengendarai sepeda motor, cobalah menyewa sepeda motor dan berkeliling pulau dari ujung timur ke barat atau bisa juga dari selatan ke utara.[youtube]

Belanja


Alun-alun Karimunjawa, tempat ini merupakan lokasi untuk berbelanja suvenir unik, seperti kaos, gelang atau kalung. Sebagian besar gelang dan kalung dibuat dari bahan kayu dewadaru dan kalimosodo. Kayu itu mempunyai  cerita yang legendaris di karimunjawa. Untuk berburu suvenir tersebut, datanglah pada saat hari mulai petang, yaitu mulai pukul 17.00 WIB sudah. Pukul 18:00 WIB para pedagang sudah siap melayani wisatawan yang berbelanja. [travelblogid]

Kuliner


Pindang Serani, kuliner khas Jepara ini dapat ditemui di kawasan Karimunjawa. Pindang Serani mempunyai kuah berwarna kuning dan diisi potongan tomat, belimbing wuluh dan daun kemangi. Rasa kuahnya merupakan perpaduan rasa asam manis dan gurih yang berasal dari ikan pindang atau bandeng yang merupakan bahan spesialnya.

Tongseng cumi dengan kuah kari, Kepulauan Karimunjawa mempunyai beraneka ragam kuliner serba Seafood. Seperti namanya, cumi ini dioleh dengan cara dipotong-potong kemudian dimasak dengan kuah kuning ala kari. Hidangan ini dibuat sat ada wisatawan. Rasa kuliner ini sangat unik karena biasanya kuah kari lebih sering dignakan untuk masakan olahan daging sapi dan daging ayam.

Bakso ikan ekor kuning, ikan ekor kuning adalah jenis ikan ini banyak ditemui di Karimunjawa. Ikan ini banyak ditangkap para nelayan. Seringkali ikan ini dijadikan bahan untuk bakso di Karimunjawa. Di kawasan Alun-alun Karimunjawa banyak ditemui penjual bakso ikan ekor kuning dengan harga  per porsi Rp10.000. Hidangan bakso ikan ekor kuning unumnya disajikan di mangkuk bersama irisan sawi juga bihun. [holamigo]

Ikan bakar dengan bumbu Srepeh, daerah Karimunjawa populer dengan kuliner ikan bakarnya yang memiliki rasa yang enak, tak lupa juga bumbunya yang khas. Ikan bumbu Srepeh disebut sebagai ikan dengan bumbu khas Karimunjawa. Cita rasa ikan bakar srepeh pedas gurih sehingga banyak orang menjadi ketagihan.

Lontong Krobyok/Krubyuk, nama kudapan ini terdengar lucu. kata krubyuk atau ngrubyuk asalnya dari Bahasa Jawa yang artinya berjalan atau melewati genangan air. Istilah krubyuk atau ngrubyuk digunakan karena Lontong ini memang dihidangkan dengan kuah bakso yang banyak. Rasa kuah lontong krobyok lezat. Lontong ini juga berisi irisan ayam semur, tambahan tauge serta kecap dan irisan daun seledri juga bawang goreng yang banyak.

Ragam olahan ikan asin khas Karimunjawa, dikarenakan sebagian besar daerahnya dalah laut, maka ikan merupakan makanan yang umum di sini. Selain diolah dengan cara dimasak, ikan hasil tangkapan juga dibuat ikan asin yang diproses dengan cara tradisional.

Penginapan


Pulau Karimunjawa memiliki beragam penginapan dari yang mulai budget murah hingga resor yang mewah. Di sepanjang jalan dari pelabuhan juga banyak ditemui homestay atau losmen.

Pulau Menyawakan, di pulau yang terpencil ini terdapat sebuah resor yang mewah. Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan diberikan fasilitas penjemputan oleh pengelola.

Darurat


Nomor darurat dan penting di Kecamatan Karimunjawa, yaitu:

Polsek karimunjawa = (0297) 312210

Pelabuhan Karimunjawa = (0297) 312121

Puskesmas Karimunjawa = (0297) 312137

karimunjawa

Untuk melihat paket Tour Karimunjawa, klik di sini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *