Indonesia : Daerah Istimewa Yogyakarta

objek wisata

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tentang


Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi khusus dengan Yogyakarta sebagai ibu kotanya. Dahulu, kota ini pernah menjadi Ibu Kota Negara Indonesia dari tahun 1946 sampai 1948. Provinsi DIY berada di bagian tengah Pulau Jawa dengan Laut Indonesia sebagai batas bagian selatan. Wilayah Provinsi Jawa Tengah menjadi pembatas di bagian lain. Daerahnya meliputi Kabupaten Wonogiri di bagian Tenggara, Klaten di bagian Timur laut, Magelang di bagian Barat Laut, dan Wonogiri di bagian Tenggara. Letak astronomis provinsi ini berada di  70 33′ Lintang Selatan sampai 8 12′ Lintang Selatan dan 110 00′ Bujur Timur sampai 110 50′ Bujur Timur. Luas provinsi yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini 3.185,80 km dan terdiri dari 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, dan Sleman serta 1 kota, yaitu Yogyakarta.

Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dihuni oleh 3.457.491 jiwa. Suku terbanyak yang mendiami provinsi ini adalah suku Jawa sebanyak 96%, disusul dengan Sunda sebanyak 0,6% dan suku lain sekitar 3,4%. Agama mayoritas di DIY adalah Islam, sebanyak 91,4%, diikuti oleh Kristen sebanyak 8,3% dan yang lain-lain sebanyak 0,3%.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia salah satunya karena keberadaan Candi Borobudur, yang sebenarnya berada di daerah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, provinsi ini juga lekat dengan budaya. Ini diperjelas dengan keberadaan Keraton Yogyakarta dan Kesultanan Ngayogyakrata Hadinigrat dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai rajanya. Sri Sultan juga merangkap sebagai gubernur dari provinsi khusus ini.

Selain Borobudur dan Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta juga terkenal karena memiliki gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang yang bernama Gunung Merapi. Terakhir, pada tanggal 1 Januari 2020, gunung ini menyemburkan awan panas yang gugurannya mencapai 1 km. Gunung Merapi terakhir meletus pada tahun 2018. Sebelumnya di tahun 2010, gunung ini meletus dan memakan korban jiwa sebanyak 353 orang. Tak hanya letusan gunung berapi yang sering membayangi provinsi ini, ada juga gempa bumi. Wilayah ini merupakan daerah di Jawa yang sering dilanda gempa bumi. Bencana gempa bumi terburuk terjadi pada 27 Mei 2006 yang membuat lebih dari 6.000 orang kehilangan nyawa dan lebih dari 300.000 rumah hancur rata dengan tanah.

Akses


Dengan Pesawat Terbang

Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta (IATA: JOG), terletak 8 km di sebelah timur kota. Bandara Adisutjipto saat ini melayani 158 penerbangan setiap hari. Ada sebanyak 10 maskapai penerbangan yang beroperasi, yaitu AirAsia, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air, SilkAir, Sriwijaya Air, Wings Air, XpressAir. Pesawat-pesawat itu melayani 17 rute penerbangan, dengan rute domestik sebanyak 15 yang melayani rute Jakarta, Denpasar, serta kota-kota besar di Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi dan 2 penerbangan luar negeri yaitu ke Singapura dan Malaysia. Untuk layanan internasional, terdapat maskapai AirAsia menghubungkan Yogyakarta ke Kuala Lumpur dan Singapura. Selain itu juga ada Silkair untuk penerbangan dari Singapura.

Bandara Yogyakarta terhubung dengan kereta api regional Prambanan Ekspres (Prameks). Untuk wisatawan yang datang dari (dan berangkat ke) Bandara Yogyakarta dapat menggunakan kereta api regional Prambanan Ekspres. Stasiun Maguwo merupakan satu-satunya stasiun KAI yang berada di area bandara. Kereta api Prameks merupakan moda transportasi yang dapat digunakan dari Stasiun Maguwo menuju pusat kota Yogyakarta, Surakarta, maupun Kutoarjo. Kereta api Prameks memiliki gerbong ber-AC.

Rute stasiun ini melayani ke / dari Kutoarjo (barat Yogyakarta), Palur (sebelah timur Surakarta) dan beberapa stasiun di antaranya, termasuk Tugu (tak jauh dari Jalan Malioboro di Yogyakarta) dan stasiun Solobalapan di Solo. Untuk tarif Kereta Api Prameks dari Bandara Adisutjipto yaitu dari Rp8.000-Rp15.000. Tiket dapat dibeli di Stasiun Maguwo yang terletak dekat area parkir utara bandara. Tiket dapat dibeli 3 jam sebelum keberangkatan atau dapat dipesan maksimal 7 hari sebelum keberangkatan dengan mendatangi loket reservasi tiket di stasiun yang disebutkan di atas.

Kontak:

  • Jalan Raya Solo KM. 9 55282 Yogyakarta Indonesia
  • Telepon : +62 274 498261
  • Fax : +62 274 488155
  • Email : humas@adisutjipto-airport.co.id

Layanan Informasi Turis: + 62 274 387202/62 274 4531318

Bandar Udara Internasional Adisutjipto memiliki taksi resmi, yaitu taksi Rajawali, tetapi taksi ini tidak menggunakan argo. Datangi konter taksi Rajawali di depan pintu keluar area kedatangan (sebelah kanan, dekat gerai Roti O), lalu sebutkan lokasi tujuan. Setelah itu petugas akan menyebutkan harga yang harus kita bayar dan memberikan struk. Kemudian kita akan diarahkan ke tempat penjemputan penumpang taksi Rajawali di depannya.

Penumpang dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang hendak melanjutkan perjalanan ke kota lain seperti Magelang, Candi Borobudur, Purworejo, dan Kebumen, bisa menggunakan moda transportasi yang paling murah dan gampang dijangkau yaitu bus DAMRI. Armadanya berupa bus medium dengan 21 seats ber-AC dan microbus Elf 11 seats juga ber-AC.

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA IATA). Bandara ini dibuka untuk umum pada Mei 2019; Citilink dari Jakarta telah pindah sepenuhnya dari JOG ke YIA. YIA digunakan oleh lima maskapai dan melayani setidaknya 30 penerbangan yang semuanya merupakan rute domestik. Maskapai yang melayani penerbangan di YIA sudah cukup banyak, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air hingga Batik Air, dengan tujuan paling banyak ke Jakarta.

Untuk menuju bandara ini terdapat Damri Bus dan Damri Minibus. Dengan rute YIA ke Stasiun Wojo seharga Rp10.000, ke kota Yogyakarta Rp40.000, ke Kebumen Rp50.000 dan ke Magelang Rp50.000.

Kontak:

Jalan Raya Wates Km.42
Kulon Progo, DI Yogyakarta
Indonesia – 55282
+62 274 2890224
humas@ap1.co.id

Dengan Kereta

Stasiun Tugu — merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kota Yogyakarta. Stasiun ini beserta rel KA-nya yang membujur dari barat ke timur berada di Kecamatan Gedongtengen. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan hampir semua kelas kereta api (KA), kecuali KA kelas ekonomi jarak jauh dan menengah bertarif subsidi.

Stasiun besar lainnya di Kota Yogyakarta, yaitu Stasiun Lempuyangan, khusus hanya melayani kelas ekonomi dan KA lokal/komuter.

Dengan Bus

Berikut ini beberapa terminal yang ada di Yogyakarta yang melayani transportasi umum luar maupun dalam provinsi.

Terminal Bus Giwangan Yogyakarta

Terminal ini merupakan angkutan umum yang terletak di kota Yogyakarta. Terminal ini terletak di Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta tepatnya di Jalan Imogiri Timur Km 6, di dekat perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul. Terminal Giwangan merupakan terminal tipe A terbesar di Indonesia yang merupakan tempat singgah bus dari seluruh kota besar di Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Terminal Jombor Sleman

Terminal Jombor merupakan terminal yang terletak di Yogyakarta bagian Utara yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Terminal ini melayani masyarakat yang membutuhkan jasa transportasi Bus Kota, Trans Jogja, Travel, AKAP (Angkutan Kota Antar Propinsi), AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi).

Dengan Mobil

Yogyakarta langsung dapat diakses dengan mobil melalui Jalur Selatan yang membentang melalui bagian selatan Jawa (praktis dari Bandung ke Surabaya) melewati Yogyakarta. Kota ini terletak sekitar 380 km sebelah timur Bandung dan 300 km barat daya Surabaya.

Jika dari Jakarta, melalui Jalur Selatan. Wisatawan biasanya lebih suka bepergian melalui Jalur Pantura (Jalur Pantai Utara, yaitu Jalur Pantai Utara). Dari Semarang, 110 km jauhnya, ke selatan, dan Anda akan memasuki Yogyakata dari Utara. Perjalanan melalui jalur Utara dapat memotong jarak beberapa puluh kilometer, jalan lebih lebar, dan ada lebih banyak fasilitas seperti tempat makan, akomodasi, pom bensin di sepanjang jalan dibandingkan dengan Jalur Selatan. Namun, Jalur Pantura lebih ramai karena ada banyak truk dan bus jarak jauh dan terutama di musim liburan, biasanya sangat padat.

Transportasi


Taksi

Wisatawan dapat menggunakan taksi sebagai salah satu transportasi modern untuk berkeliling di Yogyakarta. Pemesanan taksi tersedia dalam 24 jam dan dapat dipesan secara online melalui telepon kantor atau aplikasi yang disediakan oleh perusahaan taksi.

Ojek

Ada dua jenis ojek yang beroperasi hingga sekarang, yaitu ojek pangkalan dan ojek online. Ojek pangkalan bisa kita temukan di titik-titik tertentu, seperti terminal, pasar, atau daerah sekitar Universitas.

Angkot

Keberadaan angkot di Yogyakarta tidak terlalu banyak dan jarang terlihat. Biasanya angkot beroperasi di sekitar pinggiran Kota Jogja dari pukul 6.00 hingga 17.00 WIB. Salah satu angkot yang hingga sekarang masih ada adalah angkot Mino yang berwarna kuning. Angkot ini beroperasi dari arah Minomartani – Jl. Affandi – Jl. Colombo – UGM.

Bus Kota

Terdapat bus berukuran besar, sepeti bus Kopata, Aspada, Puskopkar dan bus berukuran kecil yang beroperasi dari pagi hingga sore. Pada bagian depan kaca bus terdapat nomor atau huruf yang ditulis di depan kaca untuk menandakan jalur bus dengan jurusan tempat yang berbeda-beda.

Trans Jogja

Sebuah sistem transportasi bus cepat, murah, dan dilengkapi dengan AC. Trans Jogja sudah dioperasikan sejak bulan Maret 2008. Sistem yang menggunakan bus berukuran sedang ini menerapkan sistem tertutup, yaitu penumpang tidak dapat memasuki bus tanpa melewati gerbang pemeriksaan. Ada tiga macam tiket yang dapat dibeli oleh penumpang seperti tiket sekali jalan dan tiket umum berlangganan. Tiket bukan berupa karcis bus biasa, melainkan berupa kartu pintar yang akan diperiksa secara otomatis melalui suatu mesin yang akan membuka pintu secara otomatis. Penumpang bisa berganti bus tanpa harus membayar lagi biaya tambahan, asalkan masih dalam satu tujuan.

Becak

Sebagai ikon transportasi di Yogyakarta, transportasi tradisional ini bisa Anda temukan di kawasan Kota Jogja dan sekitarnya. Terutama di kawasan Malioboro. Becak yang didorong dengan sepeda adalah becak tradisional khas Jogja. Namun dengan seiringnya kemajuan zaman, becak mengalami perubahan, yakni didorong oleh sepeda motor. Becak motor atau bentor adalah nama variasi becak Jogja yang ramai dalam dua tahun terakhir.

Sewa Motor atau Mobil

Jika Anda tidak ingin menggunakan transportasi umum, Anda bisa menyewa sepeda, motor, atau mobil.

Andong

Andong merupakan transportasi tradisional Yogyakarta yang menggunakan tenaga kuda untuk menariknya. Pada zaman dahulu, andong hanya digunakan oleh keluarga kerajaan dan bangsawan, namun kini andong dapat juga digunakan oleh masyarakat umum sebagai salah satu transportasi untuk berkeliling di sekitar Yogyakarta. Andong beroperasi di sekitar kawasan Malioboro biasanya ditumpangi para wisatawan luar Jogja yang ingin berkeliling Malioboro dan Alun-alun Keraton Jogja.

Destinasi


Wisata Alam

Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul, objek wisata terkenal yang ada di bagian barat Pantai Parangtritis ini merupakan hamparan gundukan pasir seperti yang terdapat di Meksiko. Hamparan pasir ini adalah hasil material vulkanik dari Gunung Merapi. Material ini terbawa oleh arus sungai Progo juga Opak yang akhirnya mengendap. Akibat hempasan angin, terbentuklah gundukan-gundukan pasir tersebut.

Kebun Buah Mangunan, tempat wisata ini terletak pada ketinggian 150-200 mdpl dan luasnya sampai 23,3 hektar menyuguhkan pemandangan deretan perbukitan Sewu yang menghijau yang menyejukkan. Puncak Kebun Buah Mangunan merupakan tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam.

Gua Maria Tritis, gua yang dijadikan tempat untuk ziarah bagi umat Katholik ini berada di perbukitan gunung kapur. Nama Tritis berasal tetesan air di gua yang tak henti menetes.

Bukit Teletubbies Prambanan, objek wisata yang berada di kawasan Candi Prambanan ini merupakan bukit bagi para wisatawan untuk menyaksikan pemandangan rumah dome Desa Teletubbies. Bukit ini adalah fasilitas yang melengkapi Desa Wisata Ruman Dome.

Goa Cerme, goa ini berada di ketinggian kira-kira 500 mdpl. Objek wisata ini menawarkan tak hanya stalagtit dan stalagmit yang indah, tapi juga sungai bawah tanah dan air terjun. Panjang Goa Cerme 1,5 km dengan letak mulut gua yang ada di Bantul sementara pintu keluarnya di Gunungkidul.

Bukit Paralayang Parangtritis, disebut Bukit Paralayang karena bukit ini merupakan tempat untuk aktivitas paralayang. Letak bukit ini di ketinggian yang mencapai 900 mdpl. Dari bukit ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan pertemuan langsung antara garis Pantai Parangtritis dengan Laut Selatan yang luas.

Bukit Bintang Patuk, terletak di perbukitan Patuk Gunungkidul, Bukit Bintang merupakan objek wisata populer di kalangan para penyuka wisata malam Yogyakarta. Dari atas bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan lanskap Kota Yogyakarta, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan landasan pacu Adisucipto. Saat langit cerah, di sore hari, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam.

Pantai Ngetun GunungKidul, pantai ini diapit oleh dua bukit yang cukup tinggi sehingga lebih mirip seperti teluk mungil. Dari bukit ini wisatawan bisa menyaksikan panorama Pantai Ngetun yang indah.

Pinus Pengger, tempat ini adalah salah satu tempat yang terkenal di kalangan penyuka media sosial. Saat akhir pekan banyak wisatawan yang berkemah di sini karena terdapat camping ground. Spot foto yang paling favorit adalah tangan raksasa dan rumah Indian.

Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo, objek wisata ini masih satu area dengan kebun buah mangunan. Tempat ini adalah negeri di atas awan yang asyik untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah. Dari gardu pandang, wisatawan dapat menyaksikan hamparan perbukitan hijau yang indah serta aliran Sungai Oya.

Wisata Pantai

Pantai Krakal, pantai yang berada ujung dari barisan pantai di bagian tenggara Gunungkidul dihiasi dengan pasir putih dan karang. Jarak pantai ini dari Kota Yogyakarta sekitar 38 km. Dahulunya, pantai ini dipercaya berada di dasar laut, tapi terangkat ke permukaan karena ada pengangkatan kerak bumi kemudian berubah menjadi daratan. Itulah asal-usul kemunculan Pantai Krakal.

Pantai Sadranan, terletak berdampingan dengan Pantai Sundak, atau tepatnya di Kecamatan Tepus, pantai ini adalah surganya pecinta snorkeling. Pantai yang masih bersih dan alami memiliki alam bawah laut yang indah. Di sini terdapat banyak ikan-ikan dan terumbu karang yang cantik. Salah satu spot favorit untuk snorkeling adalah Watu pecah juga kali Senggoro. Selain snorkeling, di sini juga tersedia wahana untuk Rafting Wave dan Surfing.

Pantai Pok Tunggal, sebuah pantai dengan pasir putih yang landai yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga. Nama Pok berasal dari masyarakat karena di pantai ini tumbuh sebuah pohon besar yang masih kuat berdiri sampai sekarang. Pantai ini cocok untuk trekking tebing, voli pantai, pesta seafood, menyaksikan sunset, atau berkemah di tepi pantai.

Pantai Indrayanti, pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan indah ini berada di Desa Tepus. Fasilitas penunjang di pantai ini sudah cukup lengkap dari permaian, seperti jet sky hingga penginapan, restoran, musala, gazebo dan tempat parkir yang luas.

Pantai Wedi Ombo, pantai ini kontur tanahnya lebih rendah jika dibandingkan dengan daratan di sekitar pantai. Akses ke pantai ini berupa tangga yang jumlahnya puluhan. Pantai ini juga menjadi tempat untuk memancing yang dilakukan di atas bukit yang tinggi. Masyarakat di sekitar pantai memiliki ucapara budaya tahunan yang bernama Ngalangi.

Pantai Depok, terletak tak jauh dari Pantai Parangtritis, pantai ini terkenal akan hidangan “seafood” yang umumnya diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Selain seafood-nya, pantai ini juga terkenal dengan gumuk pasirnya.

Pantai Baron, terletak di Desa Kemadang, pantai ini merupakan pertemuan antara air tawar dan air laut dikarenakan sungai bermuara ke salah satu sudut pantai ini. Pantai Baron juga terkenal dengan hasil lautnya yang bisa dinikmati para pengunjung. Upacara budaya yang bisa disaksikan di sini adalah Sedekah Laut.

Pantai Ngrenehan, pantai ini letaknya cukup tersembunyi dan berada di Desa Kanigoro. Ngrenehan adalah pantai yang diapit oleh dua bukit. Wisatawan bisa bermain di pasir pantai yang berwarna putih, memancing di batu karang atau menikmati pantai dari bukit yang terletak di samping pantai. Pantai ini juga terkenal dengan seafood-nya karena terdapat pelelangan ikan di sini.

Wisata Budaya dan Sejarah

Sendratari Ramayana Prambanan, adalah pertunjukkan tari yang dihadirkan di Candi Prambanan. Tarian ini mengisahkan seluruh cerita kirah Ramayana yang dibawakan oleh ratusan penari yang diiringi oleh musik gamelan. Narasi cerita dibawakan dalam bahasa Jawa, Indonesia dan Inggris.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede, mesjid tertua di Yogyakarta ini dibangun pada tahun 1640 M oleh Sultan Agung. Mesjid ini dibangun oleh masyarakat sekitar yang berbeda keyakinan secara gotong royong. Masjid ini terletak di komplek pemakaman raja-raja Mataram. Di halaman masjid terdapat sebuah pohon beringin yang sudah ratusan tahun umurnya yang disebut Wringin Sepuh.

Tugu Jogja, dibangun oleh Hamengkubuwono I pada tahun 1755, Tugu Jogja terletak di tengah perempatan antara, Jl. Jendral Sudirman, Jl. Mangkubumi, Jl. Dipenogoro dan Jl. A.M Sangaji. Tugu ini merupakan ikon sejarah kota Yogyakarta.

Candi Prambanan, candi agama Hindu ini letaknya tak jauh dari Candi Borobudur yang merupakan candi agama Buddha. Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi yang terbesar di Asia Tenggara. Prambanan yang memiliki banyak relief dan arca ini dibangun kira-kira pada tahun 850 M. Nama lain untuk candi ini adalah Candi Rara Jonggrang atau Candi Lara Jonggrang.

Candi Ratu Boko, candi yang didirikan oleh Rakai Panangkaran ini lebih mirip dengan kraton atau istana. Fungsi candi ini tak hanya untuk tempat beribadah tetapi juga untuk benteng pertahanan. Luas areanya sekitar 250.000 m2 dan terbagi menjadi 4 area, barat, timur, tengah dan tenggara.

Candi Sewu, dibangun pada abad kedelapan, candi Buddha ini jaraknya sekitar 800 meter di bagian Utara Candi Prambanan. Candi ini berada di peringkat kedua sebagai komplek candi Buddha terbesar. Usia Candi Sewu lebih tua dibandingkan Candi Prambanan. Meskipun nama candinya berarti seribu, tapi candi di Sewu berjumlah 249.

Grebeg Sekaten, event budaya ini diselenggarakan setiap tahun. Ada tiga kali grebek yang dilakukan dalam setahun, yaitu Grebeg Syawal yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Fitri, lalu Grebeg Besar yang diadakan pada Hari Raya Idul Adha, dan yang terakhir Grebeg Maulud atau disebut juga Grebeg Sekaten yang diselenggarakan pada hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Wisata Museum

Museum Benteng Vredeburg, dibangun pada tahun 1760 oleh pemerintah Belanda setelah mendapat izin dari Sri Sultan HB I. Awalnya bernama Benteng Rustenburg, tapi setelah lima tahun berubah menjadi Benteng Vredeburg yang memiliki arti Benteng Perdamaian. Setelah berkali-kali beralih fungsi, pada tanggal 1992 Benteng Vredeburg resmi jadi Museum Benteng Yogyakarta.

Museum Anak Kolong Tangga, museum yang berfokus pada anak ini diprakarsai oleh Rubi Corens, seorang berkewarganegaraan Belgia ini memberikan 700 mainan tradisional anak-anak yang menjadi koleksi pribadinya juga buku-buku miliknya. Museum ini resmi beroperasi pada 2 Februari 2008.

Museum Affandi, museum yang terletak di Jl. Laksda Adisucipto ini memamerkan koleksi Affandi juga pelukis lainnya. Selain itu ada juga koleksi alat transportasi yang digunakan oleh Affandi.

Museum Sonobudoyo, museum ini berfungsi sebagai pengelola benda museum yang mempunyai nilai budaya ilmiah. Selain itu, Museum Sonobudoyo juga bertugas untuk mengumpulkan, merawat juga melakukan penelitian, pelayanan pustaka, dan bimbingan edukatif cultural juga penyajian benda koleksi. Museum ini mempunyai 10 koleksi lintas disiplin ilmu, termasuk etnografi, arkeologi, biologika, geologika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Historika, Keramologika, teknologika dan seni rupa.

Museum Keraton Yogyakarta, mulai berdiri pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VII dan VIII, pembangunan museum ini berkaitan dengan kebangkitan ekonomi keraton yang sukses mengolah pabrik gula milik keraton. Berdiri di area seluas 14.000 m2, museum dengan bangunan arsitektur Jawa ini mempunyai beragam koleksi dari peralatan rumah tangga, wayang, keris, gamelan, naskah kuno, foto juga lukisan yang beberapa telah berusia 200 tahun.

Museum Ullen Sentalu, museum swasta ini dibangun atas prakarsa Keluarga Haryono. Nama Ullen Sentalu adalah sebuah akronim untuk kata Ulating Blencong Sejatine Tataraing Lumaku yang berarti Pelita Kehidupan Umat Manusia. Koleksi yang ada di museum ini berupa peninggalan budaya serta kehidupan bangsawan Jawa di masa Kerajaan Mataram.

Desa Wisata

Desa Wisata Nglanggeran, terletak di Kecamatan Patuk, di daerah Gunungkidul, desa wisata ini berada satu komplek dengan wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati indahnya Gunung Api dan Embung Nglanggeran. Program unggulan desa wisata ini adalah live in.

Desa Wisata Ruma Dome Teletubbies, seperti halnya rumah dalam serial teletubbies, rumah di desa wisata ini berbentuk setengah lingkaran atau kubah. Kompleks rumah dome ini dibangun untuk masyarakat yang rumahnya terkena gempa di Yogyakarta pada tahun 2006. Rumah ini dirancang dengan arsitektur tahan gempa juga api.

Desa Wisata Pentingsari, desa ini adalah salah satu perintis desa wisata di daerah Yogyakarta. Petingsari berada di Kabupaten Sleman di lereng Gunung Merapi. Di tahun 2008, Desa Petingsari resmi menjadi desa wisata. Di desa ini, wisatawan bisa menikmati wisata alam serta budaya.

Aktivitas


Aktivitas Alam

Arung Jeram, dikenal sebagai kegiatan yang cukup menantang. Kegiatan mengarungi sungai berjeram dengan perahu karet, kayak, kano dan dayung ini dapat bertujuan untuk olah raga, rekreasi dan ekspedisi. Tempat yang cocok untu arum jeram, di antaranya Sungai Elo, Sungai Oyo, Sungai Progo, Little Ubud Magelang.

Cave tubing, aktifitas menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua seperti yang ada di Goa Pindul, Kalisuci Cave Tubing.

Mendaki gunung, meskipun kebanyakan gunung yang ada di Yogyakarta menyerupai perbukitan yang memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam, tapi pemandagan yang terhampar sangat memuaskan, seperti Puncak Becici, Gunung Ireng, Bukit Pengilon. Jika Anda adalah pendaki yang sudah cukup handal, bisa mengunjungi Gunung Merapi, namun harus dicek terlebih dahulu kondisi wisata Gunung Merapi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Paralayang. Menikmati pemandangan pantai, hamparan sawah dan rumah penduduk akan tampak lebih indah jika dinikmati dari ketinggian. Aktifitas ini bisa Anda dapatkan di kota Yogyakarta dengan mengunjungi wisata Bukit Gupit atau Bukit Paralayang yang berlokasi di wilayah Gunungkidul. Jika bertepatan dengan latihan para atlit paralayang, Anda dapat menyaksikan atraksi yang luar biasa.

Aktivitas Seni

Kegiatan Membatik, Anda dapat merasakan belajar kesenian batik. Selain belajar membatik, ada juga galeri batik yang menjual koleksi motif kain batik.

Berburu Kerajinan, bagi Anda yang hobi berburu barang-barang seni bisa mengunjungi berbagai sentral kerajinan yang tersebar di Yogyakarta. Anda juga dapat melihat secara langsung mulai dari proses pembuatannya hingga toko-tokonya. Seni kerajinan yang ditawarkan juga beragam seperti kerajinan perak, tembaga, keramik, tembikar.

Aktivitas Rekreasi dan Edukasi

Bermain dan belajar di Taman Pintar Yogyakarta. Anda dapat menemukan tempat untuk belajar dan bermain di Yogyakarta. Di sini juga banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak seperti perpustakaan, taman bermain, planetarium, wahana bahari.

Melewati dua pohon beringin kembar, jika Anda sudah selesai berkeliling di komplek kraton, berjalanlah ke sebelah selatan, Anda akan menemui Plengkung Gading yang menjadi gerbang masuk alun-alun kidul yang berupa tanah lapang. Terdapat sebuah mitos yaitu berjalan melalui dua pohon beringin kembar yang disebut Masangin.

Belanja


Malioboro, ikon kota Yogyakarta ini terkenal sebagai tempat berbelanja cinderamata dan barang-barang unik.

Mirota Batik, tempat ini adalah pusat belanja oleh-oleh dan souvenir yang paling lengkap di Yogyakarta dan terletak di depan Pasar Bringharjo. Alamatnya di Jalan Ahmad Yani No.9.

Kasongan, tempat berbelanja ini merupakan sebuah desa yang berada di Kabupaten Bantul. Desa Kasongan dikenal sebagai desa pengrajin keramik dan gerabah. Wisatawan bisa juga belajar membuat keramik atau gerabah tersebut.

Pasar Beringharjo, pasar ini merupakan pasar tradisional yang terlengkap di daerah Yogyakarta. Lokasinya berada di wilayah Malioboro. Di tempat ini, pengunjung bisa belanja beragam produk tekstil contohnya batik dan pakaian khas Yogyakarta. Di sini juga pengunjung bisa berbelanja souvenir unik di lantai 2.

Pasar Seni Gabusan, pasar yang satu ini adalah pusat seni Yogyakarta. Wisatawan bisa berbelanja beragam benda dan kerajinan seni Yogyakarta. Pasar seni ini menampung kira-kira 444 pengrajin.

Kampung Batik Ngasem, bagi yang ingin membeli oleh-oleh juga batik Yogyakarta tak boleh melewatkan belanja di setra penjualan Batik di Kota Yogyakarta ini.

Pasar Sentul, pasar tradisional ini menjual tak hanya barang yang berhubungan dengan wisata belanja tapi juga kebutuhan pokok. Terletak di Jalan Sultan Agung. Pasar ini populer sebagai pusat kulakan jagung.

Pusat Kerajinan Kota Gede, tempat ini menjual beragam kerajinan dari perak, dari mulai perhiasan hingga wayang juga miniatur.

Kuliner


Masakan Yogyakarta memang dikenal dengan rasa manisnya. Namun, kota kecil ini rasanya mulai terlihat semakin beragam karena banyaknya pendatang ke kota ini. Sekarang Anda akan menemukan berbagai jenis hidangan menarik mulai dari yang manis hingga pedas.

Gudeg, hidangan lokal yang sangat terkenal di kota Yogyakarta ini akan banyak ditemui jika Anda berkunjung ke Yogyakarta. Ada banyak restoran gudeg yang tersedia, mulai dari yang modern hingga warung-warung kecil yang menjual hidangan ini. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gudeg juga disajikan dengan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tempe, tahu dan krecek.

Kipo, kekayaan kuliner Yogyakarta yang berasal dari Kotagede ini dikenal sebagai kudapan yang memanjakan lidah. Kudapan kecil berwarna hijau ini merupakan kue basah yang dimasak dengan cara dipanggang. Paduan kelapa parut dengan gula merah, dan dilapisi oleh kulit yang diolah dari tepung ketan membuat rasanya semakin lezat.

Bakpia, Yogyakarta sebagai destinasi tujuan wisata memiliki makanan khas yang menjadi oleh-oleh dari kota ini. Bakpia adalah kue pia dengan kacang hijau di dalamnya. Meskipun demikian, saat ini isinya telah banyak dimodifikasi dengan isian lainnya seperti coklat, keju dan lainnya.

Oseng Mercon, untuk wisatawan penggemar makanan pedas bisa mencoba oseng mercon sebagai hidangan yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Yogyakarta. Sajian istimewa ini menggunakan cabe rawit sebagai bahan utamanya. Tak hanya itu, tapi juga dipadukan dengan daging sapi, kikil dan gajih.

Mie Nyemek, sebenarnya mirip dengan bakmi kuah tetapi kuahnya lebih sedikit. Istilah nyemek berasal dari Bahasa Jawa, yaitu tidak basah dan tidak kering seperti diantara bakmi kuah dan bakmi goreng. Sebagai campuran dari mie ini dihidangkan dengan ayam, telur, kubis, irisan timun dan tomat serta taburan bawang goreng.

Es Rujak, minuman menyegarkan dengan rasa pedas dan asam ini sangatlah menggoda. Perpaduan rujak dicampur dengan es membuat Anda akan ketagihan ketika mencobanya. Jajanan pinggir jalan ini berisi potongan buah seperti mentimun, manga, kedondong, papaya, nanas, bengkuang yang kemudian disiram dengan sambal lalu diberi topping es krim.

Gelato, es krim asal Italia ini cukup hits di Yogyakarta. Kudapan ini memiliki banyak variasi rasa yang menyegarkan, mulai dari rasa buah hingga rasa yang unik seperti klepon. Jika Anda ingin mencicipi gelato saat di Yogyakarta, ada beberapa toko yang bisa dipilih. Toko-toko gelato juga bisa menjadi tempat nongrong yang asik ketika di Yogyakarta.

Angkringan, kedai makanan yang buka dari sore hingga pagi hari ini sayang untuk dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta. Hidangan yang disajikan tidak hanya nikmat tapi juga murah meriah dan sangat cocok untuk Anda yang seorang budget traveler atau backpacker. Lokasi penjual angkringan juga banyak ditemukan di sudut kota ini. Berciri khas gerobak kayu dengan isian makanan yang beragam, angkringan dapat membuat Anda betah untuk nongkrong menikmati malam di Yogyakarta.

Penginapan


Malioboro – Malioboro adalah pilihan yang cocok untuk tempat tinggal di Yogyakarta untuk mereka yang berkunjung ke Yogyakarta untuk pertama kalinya. Malioboro ini juga tempat yang ideal untuk menginap jika ingin menikmati semua makanan terbaik yang ditawarkan Yogyakarta. Wisatawan tidak hanya akan menemukan berbagai restoran tradisional Indonesia tetapi mereka juga akan menemukan  kios-kios yang menjual hidangan dan camilan lezat dan murah yang tersebar di seluruh kabupaten.

Kraton – Adalah tempat menginap di Yogyakarta dengan anggaran murah. Kraton adalah sebuah lingkungan di Yogyakarta pusat yang terletak tepat di sebelah selatan Malioboro. Tempat ini menarik para backpacker dan pelancong dengan kedai makanannya yang lezat, pedagang asongan yang semarak, dan tampilan unik dari mobil-mobil berlampu neon. Kraton adalah pilihan untuk tempat tinggal di Yogyakarta jika wisatawan bepergian dengan anggaran terbatas. Daerah ini adalah rumah bagi pilihan hostel dan hotel yang menyediakan akomodasi yang bersih, nyaman, dan aman dengan harga yang sangat wajar.

Prawirotaman – Prawirotaman merupakan lingkungan kecil yang terletak di selatan pusat kota. Tempat ini adalah salah satu lingkungan paling keren di Yogyakarta dan adalah tempat bagi berbagai kafe yang trendi, dinding yang dihiasi dengan seni jalanan dan banyak hotspot hipster. Jika suka tinggal di tengah-tengah aksi, tidak terlihat lagi dari Prawirotaman.

Bagian timur Yogyakarta – wilayah ini adalah tempat berdirinya kampus universitas besar dan pusat perbelanjaan mewah. Bercampur di antaranya adalah akomodasi siswa dan restoran serta layanan yang melayani kaum muda. Wilayah ini adalah percampuran yang menarik dan bagian kota yang menyenangkan untuk dikunjungi, khususnya untuk kehidupan malam. Bandara juga dekat dari sini. Bagian timur juga cocok untuk mereka yang datang dengan keluarga karena di sini wisatawan bisa merasakan petualangan di kebun binatang dan petualangan bersama hewan. Selain itu ada juga wisata sejarah, budaya, makanan, kafe, petualangan alam dan banyak lagi untuk membuat setiap anggota keluarga merasa terhibur dan bersemangat.

Daerah Sosrowijayan – daerah ini sangat populer di kalangan backpacker, karena sebagian besar wisma murah Yogya berada di labirin gang di lingkungan tradisional ini. Tetapi bagian terbaik tentang tinggal di sini adalah bahwa jalur kecil itu meluas ke Jl Sosrowijayan dan berada dalam jarak yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki singkat dari Jl Malioboro yang lebih otentik.

Bagian Utara Yogya – wilayah ini adalah tempat menginap jika wisatawan memiliki budget yang lebih atau datang ke kota untuk perjalanan bisnis. Ada banyak perumahan mewah, hotel mewah, dan mal baru. Sayangnya tempat ini agak jauh dari jalan sehingga akan membutuhkan mobil untuk pergi ke mana saja dan butuh sedikit waktu. Tapi jika hanya ingin tinggal di resor dan melakukan perjalanan sehari daerah ini adalah pilihan yang baik.

Darurat


Layanan Ambulans

Rumah Sakit JIH, Jl. Ring Road Utara, Perumnas Condong Catur, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tlp: (0274) 4463555

Kepolisian

Markas Besar Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Lingkar Utara Condongcatur, Depok, Sleman
Telp: (0274) 884 444

Polresta Yogyakarta
Jl. Reksobayan No.1, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.
Tlp: (0274) 543920

Rumah Sakit

RSUD Sleman

Jalan Bhayangkara 48, Triharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55514

Tlp: (0274) 868437

RS Universitas Islam Indonesia

Jalan. Srandakan Km. 5,5, Pandak, Bantul. D.I Yogyakarta 55761

Tlp:  (0274) 2812-999

RSUD Wates

Jalan Tentara Pelajar KM. 1 No. 5, Area Sawah, Beji, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Tlp: (0274) 773169

RSUD Wonosari

Jl. Taman Bakti No.6, Purbosari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851

Tlp: (0274) 391288

RSUD Kota Yogyakarta

Jl. Wirosaban No.1 Yogyakarta.

Tlp: (0274) 371195.

Untuk melihat paket wisata Yogya, klik di sini.