Indonesia : Bandung

BANDUNG

Tentang


Kota Bandung yang berada di wilayah Jawa Barat merupakan Ibukota Provinsi Jawa Barat. Kota yang memiliki julukan Kota Kembang juga Paris van Java ini merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kuliner dan tempat wisatanya. Letak kota ini cukup strategis karena berada pada pertemuan poros jalan raya Barat dan Timur sehingga mudah berhubungan dengan Ibukota negara dan Utara dan Selatan sehingga lalu lintas ke daerah perkebunan, yaitu Pangalengan dan Subang menjadi mudah.

Kota Paris van Java ini berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung di bagian Utara, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat di sebelah Barat, Kabupaten Bandung di sebelah Timur dan Kabupaten Bandung di sebelah Selatan. Bandung berada pada koordinat 107o 36’ BT dan 6o 55’ LS dengan luas wilayahnya yang mencapai 16.729,65 Ha dan ketinggianya 791 mdpl. Adapun titik tertinggi terdapat di bagian utara, yaitu 1.050 mdpl dan titik terendah terletak di daerah Selatan, yaitu 675 mdpl.

Bandung merupakan kota yang dilingkupi oleh pegunungan sehingga membuat kota ini menjadi seperti cekungan atau Bandung Basin. Cekungan ini berada di lima wilayah administratsi kota/kabupaten, yaitu Kota kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung Barat, serta 5 Kecamatan berada di lingkup Kabupaten Sumedang.  Kota Kembang ini cuacanya dipengaruhi oleh iklim dari pegunungan yang melingkupinya. Seharusnya kota Bandung memiliki iklim yang sejuk yang berasal dari pegunugan. Namun beberapa tahun ini terjadi peningkatan suhu juga musim hujannya menjadi lebih lama dari umumnya.

Jumlah penduduk yang mendiami Kota Bandung berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Bandung tahun 2018 sebanyak 2.490.622 jiwa. Suku yang mendiami kota ini terbanyak adalah suku Sunda, kemudian disusul dengan suku Jawa, Tionghoa, Arab, Batak dan lain-lain. Agama mayoritas di kota ini adalah Islam (92,10%), diikuti oleh Kristen (7,89%), yang terdiri dari Protestan (6,92%) dan Katolik (2,27%), Buddha (0,56%), Hindu (0,12%) terakhir Konghucu (0,05%).

Sebagai salah satu kota tujuan wisata akhir pekan, Bandung terkenal mimiliki destinasi wisata alam yang populer seperti Gunung Tangkuban Perahu, Lembang, Air Panas Ciater, Cikole, dan Kawah Putih. Wisata kuliner yang terkenal di Bandung salah satunya makanan tradisional, seperti, colenak, peuyeum (tapai dari singkong), lotek, serabi, dan cireng. Selain terkenal dengan kulinernya, Bandung juga memiliki wisata budaya, seperti Saung Udjo. Wisata edukasi di kota ini juga banyak dikunjungi siswa dari beberapa daerah. Tempat yang sering disinggahi adalah Museum Geologi dan Museum Afrika. Destinasi wisata belanja yang populer di kalangan turis Malaysia adalah Pasar Baru, sementara yang banyak dikunjungi wisatawan lokal adalah factory outlet yang berada di kawasan Jalan R.E. Martadinata dan Cibaduyut yang merupakan sentra sepatu dan kulit. Wisata taman juga menjadi salah satu yang banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun dari luar kota, seperti Taman Balai Kota dan Taman Alun-Alun.

Salah satu ikon kota kembang dalam hal olahraga adalah Persib. Masyarakat Bandung merupakan penggemar fanatik tim kesebelasan Persib yang dikenal dengan nama bobotoh. Sedangkan ikon gedung yang ternama di Bandung adalah Gedung Sate dan Mesjid Agung Bandung.

Akses


Dengan Pesawat

Bandung memiliki pelabuhan udara yang bernama Bandar Udara Husein Sastranegara untuk menguhubungkan kota ini dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Sedangkan untuk rute luar negeri di antaranya Malaysia dan Singapura. Dari segi kapasitas penumpang, Bandara Husein Sastranegara hanya mampu menampung 4 juta penumpang per tahun. Untuk maskapai yang melayani rute domestik ada Wings Air, Nam Air, dan Citilink. Sedangkan rute internasional ada maskapai Silk Air, Malindo Air, dan Air Asia.

Bagi wisatawan yang datang ke Bandung melalui Bandara Husein, tak perlu risau jika ingin menggunakan moda transportasi taksi. Primer Koperasi Angkatan Udara (Primkop AU) Husein Sastranegara sudah menyediakan layanan ini dengan jumlah taksi yang cukup banyak. Unit taksi Sembrani menggunakan mobil Daihatsu Xenia yang muat hingga 7 penumpang. Taksi ini sudah berbasis aplikasi online Grab, sehingga penumpang tinggal memesan melalui handphone.

Kontak:

Alamat

Jl. Pajajaran No.156, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174

Selain Bandara Husein Sastranegara, wisatawan juga bisa melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati (KJT), Majalengka. Sebanyak 13 rute yang semula ada di Bandara Husein Sastranegara, kini dialihkan ke BIJB. Fasilitasnya juga cukup lengkap seperti tenant makanan, ATM, musala, parkir, wifi gratis, layanan antar moda. Jika Anda akan ke Bandung melalui BIJB bisa menggunakan Bus Damri.

Kontak:

Kertajati, Majalengka Regency, West Java 45457

No tlp (0231) 3000300

Dengan Bus

Layanan bus menghubungkan Bandung dan kota-kota kecil di sekitarnya. Beberapa bus jarak jauh juga tersedia. Terminal bus utama di Bandung yaitu terminal Leuwipanjang, melayani bus dari barat seperti Bogor, Jakarta, Merak, Pandeglang, Tangerang, Depok, Bekasi, Cikarang, Cibinong, Sukabumi hingga bus jarak jauh seperti ke Sumatra. Terminal lainnya yang ada di Bandung yaitu terminal Cicaheum yang melayani bus dari bagian timur seperti Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Indramayu, kota-kota di Jawa Tengah, kota-kota di Jawa Timur dan Bali.

Dengan Kereta

Stasiun Bandung adalah stasiun kereta api besar tipe A yang terletak di Kebon jeruk, Andir, Kota Bandung. Stasiun ini sebelumnya hanya memiliki satu bangunan namun kini menjadi dua bagian walaupun tetap bersatu. Stasiun ini berlokasi di Jalan Stasiun Timur No. 1 (pintu selatan) dan Jalan Kebon Kawung No. 43 (pintu utara), Kota Bandung. Layanan kereta api penumpang untuk kelas eksekutif dengan tujuan Jakarta dan Surabaya oleh kereta api Argo Wilis, Argo Parahyangan dan Turangga. Sedangkan kelas campuran dengan tujuan Malang, Solo, Semarang ada kereta api Lodaya, Ciremai 1 & 2, Malabar, Mutiara Selatan.

Wisatawan juga bisa ke Bandung melalui Stasiun Kiaracondong atau yang biasa disebut Stasiun Kiaracondong. Stasiun ini termasuk stasiun kelas besar tipe C di Kota Bandung, tepatnya di batas antara kelurahan Babakansari dan Kelurahan Kebun jayanti. Peningkatan jadwal keberangkatan di Stasiun Bandung menjadi alasan semua keberangkatan kereta api ekonomi jarak jauh dan menengah dipindahkan ke Stasiun Kiaracondong. Layanan kereta api untuk kelas campuran oleh kereta api Argo Parahyangan, Mutiara Selatan, Malabar dan Lodaya. Sedangkan untuk kelas ekonomi AC ada Kahuripan, Pasundan, Serayu, Kutojaya Selatan yang melayani kota-kota seperti Blitar, Surabaya, Jakarta, Kutoarjo.

Dengan mobil

Jika Anda ingin ke Bandung menggunakan mobil sudah tersedia jalur tol yang menghubungkan Bandung dengan kota-kota lainnya. Bandung hanya berjarak kurang lebih dua jam dari Jakarta berkat adanya jalan tol Cipularang. Tapi estimasi ini bisa lebih lama karena adanya pembangunan di sekitar tol Jakarta – Cikampek yang mengakibatkan kemacetan. Di sepajang jalan tol juga sudah banyak fasilitas rest area untuk wisatawan yang ingin beristirahat terlebih dahulu sebelum sampai di Bandung.

Jalur alternatif bagi wisatawan yaitu jalur Jakarta – Puncak – Cianjur – Bandung. Jalur ini memang lebih lambat namun cukup menyenangkan karena kita dapat melihat pemandangan kebun teh dengan udara segar yang dinikmati saat berhenti di Puncak Pass. Selain itu, ada banyak hotel dan restoran juga pada jalur ini.

Wisatawan dari Cirebon kini bisa melalui tol Cipularang – tol Cipali yang dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan melalui rute tradisional melalui Sumedang yang rawan kemacetan di Kawasan Jatinagor dan sekitarnya yang bisa memakan waktu sampai 4 hingga 5 jam. Namun, rute Cirebon – Bandung melalui tol Cipali mempunyai kelemahan yaitu jaraknya lebih jauh sekitar 215km, 70km lebih jauh dari rute tradisional. Jika Anda memerlukan jaminan waktu tempuh yang cepat maka tol Cipularang – tol Cipali pilihannya. Namun, jika ingin perjalanan santai sambil menikmati pemandangan dan wisata kuliner Sumedang maka rute tradisional pilihannya.

Dengan shuttle bus

Berwisata ke Bandung semakin mudah dengan banyaknya jasa perusahaan transportasi yang melayani kebutuhan wisatawan ke Bandung. Layanan ini sering disebut dengan shuttle bus dengan konsep point to point yaitu penumpang berangkat dari tempat yang telah disediakan dan tiba di tempat tujuan yang telah ditentukan. Shuttle bus umumnya memiliki titik keberangkatan yang tersebar di tempat-tempat strategis sehingga lebih mudah dijangkau oleh pengguna dibandingkan harus pergi ke terminal bus atau stasiun. Beberapa shuttle bus yang melayani rute Jakarta – Bandung yaitu, X-Trans, Citi Trans, Day Trans dan lainnya.

Transportasi


Angkot

Untuk transportasi di dalam kota, masyarakat Bandung biasanya menggunakan angkutan kota atau yang biasa disebut angkot. Jumlah angkot yang banyak sangat membantu wisatawan karena dapat mencapai semua tempat yang ada di Bandung. Walaupun Anda harus berpindah dari angkot yang satu ke angkot yang lainnya, angkot tetap bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang liburan di Bandung. Angkot-angkot di Bandung memiliki nama asal dan tujuan pada bagian atas, sehingga wisataman tidak akan kesulitan untuk menuju tempat tujuan. Untuk tarif angkot biasanya berdasarkan pada jauh dan dekat tujuan Anda. Lebih baik bertanya dahulu kepada pengemudi tentang harga untuk pergi ke suatu lokasi.

Ojek

Ada dua jenis ojek di Bandung, yang pertama ada ojek konvensional di mana pengumudi ojek berkumpul di suatu tempat tertentu untuk menunggu penumpang. Untuk harga ojek konvensional tidak tetap, tapi penumpang bisa nego dulu dengan pengemudi untuk dapat harga yang lebih murah. Kedua, ada ojek online yang mempunyai tarif yang tetap dan biasanya lebih murah daripada ojek konvensional. Namun, banyak pengemudi ojek online di Bandung yang tidak memakai seragam untuk meghindari adanya gesekan dengan pengemudi ojek konvensional.

Taksi

Jika Anda tidak tahu rute angkot mana yang akan diambil sebaiknya naik taksi. Taksi dengan argo biasanya ada di mal-mal dan hotel-hotel besar. Tapi, Anda juga bisa melakukan pemesanan melalui telepon.

Mobil

Menggunakan mobil mungkin adalah cara termudah dan paling nyaman untuk Anda berkeliling di Bandung, tetapi kemacetan parah harus dipertimbangkan. Meskipun umumnya mobil diperlukan untuk melakukan perjalanan terutama ke pegunungan atau ke daerah dengan daratan yang lebih tinggi, akhir pekan dengan kemacetan lalu lintas dapat membuat Anda lebih lama untuk sampai ke tujuan. Karena itu, Anda perlu mencari rute alternatif atau menyewa mobil dengan supir yang sudah tau jalan-jalan alternatif di Bandung.

Bus

Bus dalam kota Bandung terdiri atas Trans Metro Bandung (TMB) dan Damri. Semuanya adalah bus ukuran besar dilengkapi dengan AC yang dapat membuat perjalanan Anda semakin nyaman. Bus dalam kota mempunyai rute yang panjang melintasi kota dari ujung ke ujung. Misalnya seperti bus Damri yang melayani rute dari utara ke selatan (Dago atau Setiabudi ke Terminal Pusat Leuwi Panjang) dan dari barat ke timur (dari Cibereum ke Cicaheum dan kemudian ke Cibiru). Ada juga TMB yang merupakan proyek pemerintah kota Bandung dalam memberikan layanan transportasi massal dengan harga murah. TMB hanya berhenti di halte-halte yang telah disediakan. Bus-bus ini juga melayani ke luar Bandung seperti ke Ciburuy (dekat Padalarang) dan ke Jatinagor.

Motor

Sewa motor di Bandung harga sewanya cukup tinggi daripada di Bali karena relatif baru di Bandung. Layanan ini masih terbatas karena pencurian sepeda motor yang relatif tinggi di Bandung sehingga rental biasanya menyediakan beberapa kunci tambahan untuk keamanan tambahan. Untuk menyewa wisatawan domestik harus memiliki setidaknya 3 kartu identitas, yaitu SIM, kartu identitas elektronik, kartu keluarga, identitas pajak (NPWP) atau paspor. Wisatawan asing harus memiliki SIM dan paspor internasional.

Jalan Kaki

Bandung memiliki trotoar yang cukup bagus karena baru direnovasi pada tahun 2018. Anda bisa memulai berjalan kaki dari pertigaan jalan Asia Afrika dan Jalan Tamblong. Sekitar 2 menit berjalan kaki dari Gedung Asia-Afrika Anda akan berada di Alun-Alun yang merupakan pusat dari Kota Bandung. Trotoar yang cukup besar, bisa membuat Anda menikmati Bandung dengan hanya berjalan kaki saja. Ruang hijau di Bandung juga cukup berlimpah dan tersebar di berbagai wilayah yang ada di Bandung seperti Taman Gedung Sate, Taman Tegalega, Taman lansia dan lainnya.

Destinasi


Wisata alam

Taman Hutan Juanda, salah satu destinasi wisata di kota Bandung ini terletak tak jauh dari pusat kota. Tempat ini cocok untuk jadi destinasi liburan keluarga. Area ini tak hanya cocok untuk hiking, tapi di Tahura juga tersedia beberapa objek wisata yang menarik, seperti Goa Belanda, Jepang, Curug Maribaya dan tempat wisata alam lainnya. Fasilitas penunjangnya cukup lengkap dari mulai tempat duduk, tempat jajan, parkir, juga musala yang tertata dengan rapi.

Tebing Keraton, berada di lokasi yang tak jauh dari Taman Hutan Juanda, Tebing Keraton menawarkan objek wisata tebing. Pengunjung akan menyaksikan panorama sekitar THR Juanda dari atas tebing. Tempat yang menjadi terkenal karena sosial media ini, paling asyik dikunjungi saat pagi hari atau sore hari karena pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang indah serta lautan kabut. Fasilitas penunjangnya pun lebih lengkap sekarang ini. Sudah ada tempat sampah, tempat duduk, tempat berkemah, toilet, musala, dan area parkir.

Gunung Tangkuban Perahu, sebenarnya objek wisata ini berada di Kabupaten Bandung Barat, tapi orang-orang mengenalnya sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Bandung. Letaknya dari kota Bandung sekitar 20 kilometer, Gunung Tangkubang Perahu adalah gunung api aktif yang terakhir aktif pada tahun 2019. Berbentuk perahu terbalik, tempat wisata ini memiliki dua kawah, yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Maribaya, tempat wisata ini kini telah berubah wujud menjadi Maribaya Resort and Spa di bawah manajemen yang baru. Lokasi Maribaya tak jauh dari pusat Kota Lembang, Maribaya kini menjadi salah satu one stop destination yang menawarkan banyak fasilitas, di antaranya food court, foot spa, deluxe pool, VIP pool, Kamar rendam, Twig Café, Children Playground, Animal Feeding, Cikawari Photo Spot, Rumah Hobbit, Sky Bridge, dan Glampling.

Kebun Teh Sukawana, wisata alam di sekitar Bandung juga menawarkan wisata kebun teh. Kebun teh yang berada di Lembang ini lokasinya sedikit tersembunyi sehingga masih jarang orang yang berkunjung ke sini. Pemandangan kebun tehnya terlihat indah dan rapi dan tidak bising.

 

Wisata Rekreasi

Farmhouse, salah satu tempat rekreasi keluarga yang banyak dikunjungi wisatawan saat akhir pekan dan waktu libur adalah farmhouse. Tempat wisata ini menawarkan banyak spot untuk berfoto. Di dalamnya terdapat beberapa miniatur bangunan seperti rumah ala Eropa, sewa kostum ala Eropa, foto bersama hewan juga rumah hobbit.

Dusun Bambu, jika ingin berlibur bersama keluarga, Dusun Bambu adalah pilihan yang tepat. Di tempat ini terdapat café, restoran, area permainan, taman bunga, pujasera dan glamping.

Floating Market, jika ingin merasakan pengalaman pasar terapung seperti di Kalimantan atau Thailand, datanglah ke Floating Market. Terdapat banyak penjual makanan yang bisa didatangi dengan menaiki perahu. Ada juga penyewaan baju Korea, Hanbok, dan baju Jepang, Yukata dan spot foto. Tempat ini pernah masuk masuk dalam variety show Korea bernama “Battle Trip”.

The Lodge Maribaya, tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi favorit di Lembang. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan suasana hutan pinus juga bermacam selfie spot yang keren. Salah satu fasilitas yang sering muncul di media sosial adalah ayunan dengan latar hutan pinus serta balon udara.

Trans Sudio Bandung, sebuah indoor theme park yang paling banyak direkomendasikan adalah Trans Studio Mall yang letaknya di jalan Gatot Subroto 289. Di tempat ini tersedia beragam permainan, dari mulai Giant Swing, Sky Pirates, vertigo, Captain Black heart pirate ship juga roller coaster.

Taman Balai Kota, tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat instagramble yang dibuat di era mantan walkot Bandung, Ridwan Kamil. Taman ini menjadi sangat ngetrend tak hanya di kalangan anak muda dan para orang tua karena mereka senang membawa anak-anak mereka liburan ke tempat ini.

Dago Dreampark, destinasi wisata ini tak jauh dari pusat kota, di daerah Dago Giri berdekatan dengan Dago atas. Tempat ini cukup populer sebagai destinasi wisata keluarga. Banyak wahana permainan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Dago Dreampark juga merupakan salah satu tempat yang masuk dalam variety show Korea bernama “Battle Trip”.

Orchid Forest Cikole, destinasi wisata ini merupakan tempat wisata juga budidaya anggrek. Selain menikmati hutan pinus dan bunga anggrek, pengunjung juga bisa berfoto di tempat-tempat yang unik. Ada juga beberapa wahana menarik untuk anak-anak dan orang dewasa.

Taman Begonia, berlokasi di Lembang, tempat ini merupakan sebuah kebun bunga yang banyak muncul di timeline media sosial. Tempat wisata ini dipenuhi oleh bunga-bunga yang berwarni-warni.

De Ranch, tempat wisata keluarga ini menawarkan konsep ala koboy. Di sini pengunjung naik kuda dengan didampingi oleh instruktur yang terlatih. Selain itu, ada juga wahana lainnya yang menarik.

 

Wisata Museum

Museum Geologi, terletak di jalan Diponegoro, tempat wisata edukasi ini berdekatan dengan Gedung Sate dan Taman Lansia. Museum ini mempunyai koleksi berbagai bebatuan, fosil, mineral juga peta (geofisika, geologi, geomorfologi, gunung api, dan yang lainnya) yang akan membuat pengunjung tertarik untuk tahu.

Museum Konferensi Asia Afrika, museum ini memiliki koleksi foto-foto dan dokumen peristiwa bersejarah, yaitu Konferensi Asia Afrika, Konferensi Bogor, Pertemuan Tugu dan Konferensi Kolombo.

Museum Gedung Sate, sebagai ikon kota Bandung, Gedung Sate juga memiliki sebuah museum yang berisi bermacam alat peraga teknologi yang mutakhir.

Museum Puspa IPTEK, sebagai sarana edukasi Museum Puspa IPTEK yang berlokasi di Bandung ini menawarkan bermacam permainan yang berhubungan dengan IPTEK yang tentunya sangat edukatif juga interaktif. Museum yang berbentuk jam matahari ini cocok untuk semua umur.

Museum Pos, di sini pengunjung dapat menyaksikan berbagai koleksi benda-benda pos, contohnya perangko. Tak hanya itu, di Museum Pos juga terdapat koleksi sepeda yang digunakan para petugas pos yang mengirimkan surat. Ada juga koleksi surat emas yang berasal dari raja-raja nusantara yang ditujukan pada Jenderal dan Komandan Belanda.

Museum Kota Bandung, isi museum ini mengenai sejarah pembentukan kota Bandung dari semenjak zaman penjajahan Belanda. Pengunjung museum juga bisa belajar tentang para pahlawan. Di museum Kota Bandung juga pengunjung akan mendapatkan paparan mengenai peristiwa yang terjadi dari sejak zaman Bupati R. A. Wiranatakusuma II sampai masa pemerintahan kota Bandung sekarang ini.

Nuart Sculptur Park, terletak di daerah Bandung Utara, museum galeri seni patung ini merupakan destinasi wisata seni di kota Bandung. Dibuka tahun 2000, Nuart Sculptur Park merupakan pusat seni patung hasil karya Nyoman Nuarta. Di sini ditampilkan patung-patung karya Nyoman Nuarta dari semenjak awal karier sampai karyanya yang terbaru.

 

Wisata Budaya

Saung Angklung Udjo, berlokasi di Padasuka Bandung, tempat wisata budaya juga edukasi ini menyajikan pertunjukkan budaya tradisional Sunda. Tak hanya itu, pengunjung juga diajak berinteraksi langsung dengan mencoba bermain angklung dan menari bersama. Selain menyaksikan pertunjukkan, pengunjung juga bisa menyaksikan pembuatan angklung dan belanja barang-barang seni.

Kampung Wayang Urban, terletak di Jalan Pangaran, kampung ini merupakan tempat mengenalkan dan membudayakan wayang pada anak-anak yang tinggal di daerah tersebut dan sekitarnya. Pembimbingnya bernama Pak Tatang. Beliau mengajarkan pembuatan wayang dan membangkitkan kecintaan anak-anak terhadap wayang. Kampung ini juga menghasilkan beragam hiasan seperti topeng hingga cenderamata khas lainnya yang bisa menjadi alternatif cenderamata untuk Kota Bandung.

 

Wisata Kampung Adat

Kampung Adat Cikondang, berada di Desa Lamajang, desa adat yang berada di Bandung Selatan ini sempat mengalami kebakaran sehingga hanya tersisa satu rumah saja. Rumah inilah yang menjadi situs yang dikunjungi para wisatawan. Rumah yang berisi perabotan tradisional ini ditinggali oleh seorang juru kunci. Di belakang situs wisata tersebut terdapat hutan larangan yang isinya berupa pohon melati yang umurnya kira-kira 360 tahun dan tidk pernah dilakukan pemotongan atau pengguntingan.

Kampung Adat Cireundeu, kampung yang berada di daerah Leuwigajah, Cimahi ini dikenal juga dengan nama Kampung Singkong, penduduk desa ini mengkonsumsi singkong yang diolah menjadi beras singkong sebagai bahan makanan utama mereka. Karena itulah kampung ini mendapatkan julukan tersebut. Tak hanya diolah sebagai rasi, di kampung ini singkong juga diolah sebagai egg roll, dendeng, simping, dan lain-lain. Alasan warga mengkonsumsi singkong karena kandungan gulanya yang rendah dibandingkan dengan nasi.

Kampung Adat Mahmud, berlokasi di Desa Mekar Rahayu, Kabupaten Bandung, Kampung Adat Mahmud unik karena rumah-rumahnya masih menggunakan desain tradisional berupa rumah panggung. Kampung ini juga disebut sebagai tanah sucinya Islam di Bandung karena merupakan tempat penyerbaran Islam di Bandung. Mahmud merupakan nama sebuah gua di Mekkah yang tanahnya dibawa pulang oleh Eyang Dalem Abdul Manaf kemudian disebarkan di area kampung tersebut. Sebagai pusat penyebaran Islam, Kampung Adat Mahmud memiliki penawaran wisata religi.

Aktivitas


Belajar Sejarah, Bandung memiliki banyak gedung-gedung bersejarah, seperti Gedung Sate, Hotel Savoy Homan, Museum Asia Afrika juga beberapa gedung lain yang berada di sekitar Jalan Braga dan Asia Afrika.

Wisata Kuliner, kota kembang ini terkenal akan kulinernya yang beragam dan juga lezat. Tak hanya rasanya, tapi kuliner di Bandung juga dijual dengan desain juga konsep yang unik.

Menikmati Pemandangan dari Ketinggian, kota Bandung yang dikelilingi gunung-gunung memiliki daerah-daerah yang tinggi yang asyik untuk dijadikan tempat menyaksikan pemandangan pusat kota dan sekitarnya, contohnya Bukit Moko atau Caringin Tilu. Paling asyik jika datang ke tempat ini saat menjelang sore hari. Di kegelapan kerlap-kerlip lampu kota akan terlihat

Keliling Bandung Naik Bandros, mengelilingi beberapa daerah di kota Bandung dengan naik Bandros asyik untuk dilakukan beramai-ramai dengan teman atau keluarga. Bandros atau Bandung Tour on Bus merupakan nama sebuah bus tour di Kota Bandung ini. Cukup bayar tiket Rp10.000 per orang, pengunjung sudah bisa berjalan-jalan melihat tempat-tempat khusus di kota Bandung.

Mengunjungi Taman-Taman Tematik, Kota Bandung memiliki beberapa taman-taman dengan tema berbeda-beda. Ruang terbuka hijau yang diciptakan atas ide mantan walikota Bandung, Ridwan Kamil, menarik perhatian banyak pengunjung yang datang ke Kota Bandung. Beberapa taman yang terkenal, seperti Taman Balaikota, Taman alun-alun Bandung, dan Taman Lansia.

Belajar Bermain Angklung di Saung Udjo, tempat yang banyak dikunjungi turis ini berlokasi di daerah Padasuka. Pengunjung yang datang ke sini tak hanya melihat pertunjukkan angklung dan alat musik bambu lainnya, tapi mereka juga diajak untuk ikut bermain angklung dan menari bersama anak-anak.

Menonton Atraksi Kesenian di Kampung Kreatif, kota Bandung memiliki beberapa kampung di perkotaan yang disulap menjadi kampung wisata, contohnya Kampung Dago Pojok, Kampung Cicukang, atau Kampung Akustik Cicadas. Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan pertunjukkan seni berupa kesenian tradisional, mural, dan pertunjukan teater.

Belanja di Pusat Distro dan Factory Outlet, daerah Jalan R.E. Martadinata, Jalan Trunojoyo, atau Sultan Agung terdapat beragam distro dan factory outlet yang menjual bermacam-macam pakaian. Toko-toko tersebut menjual T-shirt sampai pakaian resmi seperti dress.

Ngopi dan Ngemil di Dago, daerah ini terkenal memiliki tempat-tempat yang asyik untuk “nongkrong”, contohnya Selasar Sunaryo Art Space, Lisung Café, Stone Café dan the Valley. Pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandung di malam hari.

Aktivitas Menantang Adrenalin, di daerah Padalarang, Bandung Barat terdapat wahana hammocking di puncak tebing. Bagi yang ingin mencoba aktivitas menantang adrenalin bisa mencoba naik hammock yang diikat ke tebing, seperti di Tebing Masigit dan Tebing Gunung Hawu.

Glamping di Maribaya, Bandung juga asyik untuk jadi tempat berkemah. Pengunjung tak perlu repot-repot membawa tenda karena biasanya sudah disediakan di tempat wisata tersebut, contohnya di the Lodge Maribaya.

Wisata Alam, Bandung dengan segala keindahan tempatnya, menawarkan wisata alam yang beragam. Pengunjung bisa menikmati keindahan hutan kota di Taman Hutan Raya Djuanda atau hutan pinus di Orchid Forest. Selain itu, bisa juga menikmati air terjun di Curug Dago atau Curug Maribaya.

Belanja


Pasar Baru Trade Center, sebagai salah satu pusat belanja terbesar di Bandung, Pasar Baru dijuluki juga sebagai Mangga Dua-nya kota Bandung. Hal itu karena pasar ini merupakan tempat untuk berbelanja stok dagangan untuk para pedagang dari beragam tempat. Di sini, pengunjung bisa menemukan beragam pakaian atau kain yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Pembeli bisa membeli barang dalam jumlah banyak atau secara grosir.

Pasar Kaget Monumen Perjuangan, pasar ini dulu dikenal dengan nama pasar Gasibu karena berjualan di area Gasibu. Namun sekarang pasar kaget Mingguan ini hanya berjualan di daerah Monumen Perjuangan atau Monju. Di sini, pengunjung bisa membeli beragam barang dari mulai kuliner hingga perkakas.

Pasar Gedebage, untuk yang senang mencari barang bekas, Pasar Gedebage adalah pilihan yang tepat. Pengunjung yang datang ke sini tak hanya dari Bandung tapi juga dari luar kota. Tak hanya murah, barang-barang yang dijual di sini juga unik.

Jalan Cibaduyut, daerah Cibaduyut terkenal sebagai sentra kulit. Banyak toko-toko di daerah ini yang menjual barang-barang berbahan kulit, seperti tas dan sepatu. Sepatu dari toko-toko di sini terkenal karena tahan lama dan awet. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri alias custom.

Sentra Rajut, terletak di Binong jati, Sentra Rajut ini menghasilkan hasil rajutan yang tak kalah dari barang rajutan yang bermerek. Produknya dikerjakan oleh masyarakat setempat. Produk yang dijual berupa cardigan, jaket, syal, baju hangat yang dijual dalam harga terjangkau.

Jalan Cihampelas, di tempat ini banyak terdapat toko-toko yang ikonik karena memiliki keunikan bangunan tokonya. Daerah ini terkenal akan jeans-nya. Tapi sekarang ini, di pusat belanja ini dijual juga kaos-kaos dengan tulisan yang lucu dan unik dan oleh-oleh khas kota Bandung, seperti peuyeum dan keripik tempe.

Kuliner


Bandung merupakan surga bagi Anda pecinta makanan. Ada banyak sekali tempat makan, mulai dari pedagang keliling, warung makan hingga restoran mewah. Harga untuk makanan bervariasi tetapi umumnya lebih rendah daripada di Jakarta. Sebagian besar restoran kelas atas dapat ditemukan di pusat kota. Selain itu, ada banyak restoran makanan cepat saji hingga masakan internasional kelas atas yang ada di pusat perbelanjaan seperti Paris Van Java, Trans Studio Mall. Masakan sunda umumnya vegetarian seperti lotek, karedok, pepes jamur dan sayur kacang merah. Bukan hanya itu, di Bandung juga banyak toko roti khas zaman Belanda.

Batagor, salah satu makanan enak yang sangat popular di Bandung adalah batagor. Dengan bumbu kacang, hidangan ini menjadi idaman para wisatawan. Mulai dari pedagang kaki lima hingga toko-toko batagor yang terkenal laris manis menjadi buruan para wisatawan. Beberapa toko batagor yang sudah terkenal ini bisa Anda jumpai saat di Bandung seperti Batagor Riri, Batagor Kingsley, Batagor Abuy, Batagor Yunus, Batagor H.Isan.

Cuanki, dengan ciri khas dijajakan oleh penjualnya dengan cara berkeliling menggunakan pikulan dan kentongan kayu, cuanki punya rasa khas yang bandung banget. Rasa kuahnya yang gurih ditambah dengan bakso, tahu dan mie membuat rasanya semakin lezat. Walaupun dikenal sebagai jajanan yang dijajakan keliling kampung atau perumahan dengan berjalan kaki, kedai cuanki juga ada yang terkenal seperti Cuanki Serayu. Bahkan sekarang sudah ada yang versi instan yang dikemas dalam cup sehingga bisa diseduh saat bepergian.

Lotek, makanan khas Bandung ini memiliki rasa spesial dari bumbu kacangnya. Tak hanya itu, menu ini juga menyehatkan karena menggunakan aneka sayur. Sayuran yang umumnya digunakan dalam lotek adalah kol, tauge, kacang panjang, kangkung dan bayam yang direbus. Seporsinya biasanya disajikan bersama ketupat dan kerupuk. Biasanya toko-toko lotek ramai pengunjung apalagi jika lotek tersebut sudah legendaris. Jika Anda ke Bandung, Anda harus mencoba kuliner yang terkenal enak seperti yang dijual di Lotek Kalipah Apo, Lotek Alkateri, Lotek Tjihapit.

Roti Legendaris, mencicipi kuliner bandung kurang lengkap jika belum menjelajah kuliner jadulnya. Walaupun banyak kuliner kekinian, ternyata kota ini masih menjaga kulinernya yang legendaris. Seperti halnya kuliner roti legendaris di Kota Bandung yang sudah bertahan sejak lama. Roti legendaris ini punya banyak jenis seperti roti klasik dengan aneka isian, roti gandum bakar, dan aneka roti lainnya yang dibuat tanpa menggunakan pengawet. Untuk Anda yang ingin mencicipi kuliner ini bisa mengunjungi Toko Roti Bumbu Bakar Cari Rasa, Toko Roti Gempol, Toko Roti Sidodadi, Toko Roti Sumber Hidangan.

Pisang Bolen, jika berlibur ke Bandung, kurang pas rasanya jika tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Pisang Bolen punya rasa yang nikmat dan punya tempat tersendiri di hati penggemar kuliner khas Bandung. Tekstur bolen yang lembut dengan isian pisang manis ini biasanya ditambah dengan perpaduan cokelat maupun keju. Semakin larisnya pisang bolen, pemilik usaha bolen menciptakan variasi isian bolen selain pisang, yakni puyeum (tape), durian, apel, kacang hijau. Banyak toko oleh-oleh pisang bolen yang laris di Bandung seperti Pisang Bolen Kartika Sari, Pisang Bolen Mayasari, Pisang Bolen Primarasa.

Colenak, makanan ini berbahan dasar tape singkong. Tape tersebut dibakar dan ditambahkan siraman saus gula merah atau kinca. Makanan ini biasanya dijadikan camilan untuk teman minum teh.

Nasi Tutug Oncom, hidangan ini adalah olahan nasi dicampur dengan oncom bakar atau goreng yang telah ditumbuk. Nasi tutug oncom biasanya dinikmati bersama ayam, ikan, sayuran, tempe, tahu dan lain sebagainya.

Karedok, makanan ini berisi sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu kacang tanah. Sayuran yang digunakan dalam karedok, di antaranya kacang panjang, timun,kol, terong bulat, tauge, dan kemangi.

Ulukutek Leunca, kuliner tradisional ini mengandung kandungan gizi yang beragam, contohnya vitamin, kalori, karbohidrat juga senyawa lainnya yang penting untuk tubuh. Rasanya sedikit pahit, gurih dan pedas. Tambahan oncom membuat ulukutek leunca terasa lebih nikmat. Akan sangat enak jika disantap dengan nasi hangat.

Surabi, kudapan ini terbuat dari tepung beras dan di atasnya diberi topping beragam. Yang tradisional biasanya di atasnya diberi oncom atau ditambah saus gula merah. Namun sekarang, surabi memiliki topping yang beragam, seperti diberi telur, cokelat, durian atau keju.

Mie Kocok, berisi mie kuning gepeng, sum sum, dan potongan kikil, mie kocok yang paling terkenal di Bandung adalah mie kocok Mang Dadeng yang beralamat di Turangga. Yang membuat mie ini enak adalah 27 macam bumbu rempahnya serta tambahan bawang goreng dan seledri.

Peuyeum, kuliner ini identik sekali dengan Kota Bandung. Makanan yang merupakan fermentasi singkong ini bisa disantap langsung atau diolah jadi camilan lain, seperti colenak atau yang terbaru dijadikan keripik yang dikenal dengan nama “Pikyeum” alias keripik peuyeum. Setra peuyeum yang terkenal berada di Desa Citatah.

Wajit, Cililin merupakan sentra untuk makanan ini, maka wajit identik dengan nama wajit Cililin. Kudapan ini dibuat dari beras ketan, kelapa, gula aren juga vanili.

Gepuk, kalau Padang terkenal dengan rendang, Sunda terkenal dengan gepuk. Hidangan yang terbuat dari daging sapi ini memiliki rasa agak manis dan gurih. Salah satu gepuk terkenal di Bandung adalah Gepuk Ny. Ong.

Yogurt, ingat yogurt ingat Cisangkuy. Yogurt Cisangkuy berdiri sejak 1976 dan sudah menjadi kuliner khas Bandung yang sangat melegenda. Di tempat ini juga dijual beragam camilan lainnya.

Es Goyobod, minuman yang berisi adonan sagu aren dengan susu kental manis, kuah santan dan serutan es. Sebagai tambahannya ada roti tawar, alpukat, kolang-kaling, pacar Cina, peuyeum juga kelapa muda.

Penginapan


Bandung Wetan, terletak di jantung pusat kota, Bandung Wetan merupakan tempat yang sempurna untuk menyerap budaya Bandung. Berdekatan dengan stasiun kereta api Bandung dan Bandara Internasional Bandung, Bandung Wetan adalah area yang mudah diakses. Ada begitu banyak yang ditawarkan karena wilayah ini sangat padat sehingga Anda dapat melakukan semuanya tanpa terlalu banyak kesulitan! Bisa berburu pakaian di factory  outlet atau menikamati gedung-gedung bersejarah seperti Gedung Sate.

Cimenyan, di sebelah barat pusat kota adalah wilayah Cimenyan. Daerahnya luas dengan keindahan yang menakjubkan. Di sini Anda dapat melihat pemandangan alam Indonesia terbaik meskipun dengan tight budget. Wilayah ini memiliki tempat-tempat musik dan galeri seni tersebar, menjadikan tempat ini area terbaik untuk tinggal di Bandung untuk menikmati beberapa budaya Sunda dari akar rumput! Untuk Anda yang romantis, ada beberapa gunung yang indah untuk menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit.

Cihampelas, salah satu ciri khas Bandung yang terkenal adalah pusat perbelanjaannya. Cihampelas merupakan tempat yang sempurna untuk menyatu dengan vibe daerah tersebut. Mulai dari butik hingga desainer tradisional, Cihampelas merupakan tempat yang sempurna untuk menginap jika Anda ingin berbelanja. Di malam hari, Cihampelas berubah menjadi kota pesta. Ada begitu banyak klub malam bertema berbeda untuk dipilih, apakah itu bar karaoke, klub dansa atau bahkan boogie bertema Bollywood! Pada siang hari, Anda dapat pergi ke kebun binatang terbesar di Bandung atau pergi ke salah satu restoran di Cihampelas yang luar biasa.

Lembang, daerah ini merupakan tempat paling keren untuk tinggal di Bandung karena berbagai alasan. Lembang cocok untuk Anda yang menyukai alam, arsitektur, atau olahraga air. Daerah ini memiliki beragam kegiatan yang melibatkan Air terjun, hutan, observatorium bintang-bintang dan kuil-kuil Buddha. Di utara kota berarti Anda akan keluar dari pusat kota, tapi dengan begitu banyak yang harus dilakukan di sini.

Batununggal, jika Anda mengajak anak-anak berlibur, tempat yang cocok untuk menginap tak ada lagi selain Batununggal. Penuh dengan taman hiburan, olahraga air, dan pusat hiburan, Anda tidak akan pernah bosan di sini sehingga Batununggal menjadi tempat terbaik untuk tinggal di Bandung bersama keluarga! Berada tepat di selatan pusat kota membuat Batunuggal tak jauh dari dari jantung kota. Batununggal adalah daerah pinggiran kota Bandung yang aman dan relatif tenang, tetapi masih banyak yang bisa dilihat dan dilakukan.

Darurat


Polisi

Polda Jabar                                                      022-7800166, 7804777

Polrestabes Bandung                                       022-4203500, 4244444

Polres Kota Cimahi                                           022-6652095, 6640444

Polres Kabupaten Bandung                              022-85871965

Dinas Pemadam Kebakaran                            022-113 / 022-7207113

Ambulance                                                        022-118

 

PMI                            

PMI Daerah Jawa Barat                                     022-2500095

Informasi & Layanan Transfusi darah               022-4207051, 4207052

Siaga P3K dan Layanan Bencana                     022-4213858

Cabang Kabupaten Bandung di Soreang        022-5891313

CALL CENTER PLN                                           022-123

Pelayanan Gangguan PDAM                                  

Kantor PDAM Kota Bandung                           022-2509030, 2509032

Rumah Sakit

RSUP Hasan Sadikin                                          022-2034953-55

RSUD Ujung Berung (C) Kota Bandung             022-7800017, 7811794

RSUD Astana Anyar                                           022-5201139

RSUD Cibabat Cimahi                                       022-6652025

RSUD Soreang (C)                                              022-5896590

RSUD Majalaya (C)                                            022-5950035

Untuk melihat paket Tour Bandung, klik di sini.