Bali

Indonesia : Bali

Tentang


Rasanya tak ada yang tak mengenal Pulau Bali. Pulau berjuluk “Pulau Dewata”  atau “Pulau Seribu Pura” ini sudah terkenal hingga mancanegara dan menjadi salah satu magnet pariwisata Indonesia. Bali terkenal dengan keindahan pantai dan alamnya. Tak hanya itu, Bali juga kental dengan budayanya. Penduduknya menjalankan budaya mereka dalam kehidupannya sehari-hari. Bali merupakan sebuah provinsi yang berada di antara Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat. Di sekitar Pulau Bali, terdapat pulau-pulau kecil, seperti Pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan, Nusa Lembongan, dan Serangan. Provinsi Bali dengan ibukotanya Denpasar memiliki luas 5.780,06 km. Secara administratif, Provinsi Bali terbagi menjadi delapan kabupaten, yaitu Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem, dan Buleleng, dan satu kota yaitu Kota Denpasar.

Pulau Bali merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil. Bali berada di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur. Adapun batas wilayahnya di sebelah utara adalah Laut Bali, di selatan adalah Samudera Indonesia. Batas di wilayah barat adalah Selat Bali dan Provinsi Jawa Timur. Sementara wilayah selatan berbatasan dengan Selat Lombok dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Iklim di Pulau Dewata ini sama seperti dengan iklim di kebanyakan daerah di Indonesia, yaitu iklim tropis. Pergantian musim dipengaruhi oleh angin musim yang berganti tiap 6 bulan sekali. Adapun musim penghujan akan terjadi pada bulan Oktober hingga April sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April sampai Oktober. Di antara kedua musim tadi ada musim peralihan atau pancaroba. Rata-rata curah hujan di Bali pada lima tahun terakhir bervariasi dari terendah 893,4 mm sampai tertinggi 2.702,6 mm. Untuk temperatur udara di Bali bervariasi dari 24o – 38oC.

Kondisi topografi Bali secara umum bervariasi ada dataran rendah, dataran tinggi, pantai juga pegunungan. Bali memiliki pegunungan yang membentang dari bagian barat sampai timur dari Pulau tersebut. Beberapa gunung di Bali merupakan gunung aktif, seperti Gunung Agung (3.142 m), Batur (1.717 m), Abang (2.152 m), juga Batukaru (2.276 m). Bagi umat Hindu di Bali, Gunung Agung dipercaya sebagai gunung suci. Bali juga memiliki empat danau besar. Bahkan ada danau yang terletak di tengah pulau. Di antara danau-danau yang ada di antaranya, Danau Batur (1.075,6 hektar), Danau Beratan yang juga dikenal sebagai Danau Bedugul (375,6 hektar), Danau Tamblingan (110 hektar) dan Danau Buyan (336 hektar).

Menurut data dari BPS Provinsi Bali jumlah penduduk Bali pada tahun 2019 adalah 4.336.900 jiwa dan kepadatan penduduknya 750/km2 per 23 Maret 2020. Berdasarkan sensus 2010 suku yang mendiami Pulau Bali terdiri dari Bali (84.96%), Bali Aga (0.4%) yang merupakan penduduk asli. Ada juga suku pendatang, yaitu Jawa (9.60%), Madura (0.77%), Melayu (0.59%), Sasak (0.58%), suku dari NTT (0.50%), Tionghoa (0.38%), Sunda (0.30%), Bugis (0.24%), Batak (0.17%), lain-lainnya (0.91%). Sementara agama yang paling banyak dianut adalah Hindu (khususnya Hindu Dharma) (83,46%), Islam (13,37%), Kristen Protestan (1,66%), Katolik (0,88%), Buddha (0,54%), Konghucu (0,01%), Aliran Kepercayaan (0,01%), dan lain-lain (0,14%). Untuk bahasa, selain bahasa Indonesia, penduduk Bali berkomunikasi dengan bahasa Bali, Jawa, Sasak, Madura, Inggris juga Jepang.

Salah satu ikon baru Bali yang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia adalah Garuda Wisnu Kencana. Tari Kecak dan Pendet adalah tarian dari Bali yang sudah mendunia. Bali juga terkenal memiliki banyak destinasi terkenal, sebut saja Pura Tanah Lot, Pantai Kuta, Uluwatu, Kintamani, Pura Besakih, Ubud, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Danau Beratan Bedugul, Pantai Lovina dengan Lumba Lumbanya, Pantai Padang – Padang, Pulau Menjangan Munduk, , Tulamben, dan Amed.

Berbicara soal makanan khas Bali, orang pasti akan teringat dengan ayam betutu, sate lilit, dan plecing kangkungnya. Selain itu kuliner khas Bali lainnya yang tak kalah populernya adalah nasi jinggo, nasi tepeng, sate plecing, komoh, tum ayam, sate kakul, lawar, dan babi guling. Untuk soal berbelanja, Bali punya Pasar Sukawati yang terkenal sebagai pasar yang menjual kerajinan tangan dengan harga murah, Desa Beng di Gianyar yang terkenal dengan kaus barongnya, Pasar Seni Ubud yang muncul dalam filmnya Julia Robert, “Eat, Love, and Pray” juga Joger Bali.

Akses


Dengan Pesawat Terbang

Sebagian besar wisatawan dan pelancong menuju Bali dengan pesawat. Mereka akan tiba di bandara Bandara Internasional Ngurah Rai. Bandara ini berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Denpasar, antara kota Jimbaran dan Kuta.

Penerbangan domestik yang dapat digunakan untuk pergi ke Bali adalah:

  • Garuda Indonesia
  • Citilink
  • AirAsia
  • Batik Air
  • Lion Air
  • NAM Air
  • Sriwijaya Air
  • Wings Air

Kontak:

  • Bandara International I Gusti Ngurah Rai Bali
    Badung, Bali – Indonesia 80362
    +62 361 9351011
    cc172@ap1.co.id

Layanan Informasi Turis: 116

Dengan Bus

Terminal Bus Ubung-Denpasar & Terminal Mengwi

Terminal Ubung-Denpasar bersama dengan terminal Mengwi merupakan terminal yang melayani jalur darat antar pulau di Bali. Ada juga yang menghubungkan Bali dengan Pulau Jawa dan Lombok. Terminal Ubung melayani berbagai rute antar pulau dengan kota tujuan Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Jember, Madura, dan lain-lain. Armada bus besar dengan kelas ekonomi, bisnis juga eksekutif melayani angkutan antar pulau. Bagi wisatawan yang datang ke terminal Ubung harap waspada dikarenakan di tempat ini banyak calo yang memaksa penumpang.

Dengan Kapal Laut

Untuk berangkat dari Pulau Jawa, ada feri Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi dan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya. Pelabuhan ini menghubungkan Jawa ke Bali melalui transportasi laut atau melalui Selat Bali. Feri akan membawa Anda ke Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Benoa di Bali. Perahu Feri Roro menyeberang dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke pelabuhan Gilimanuk di Bali dan sebaliknya setiap hari dari Senin hingga Minggu setiap 30 menit – satu jam sekali. Tarif feri dari Ketapang ke Gilimanuk untuk dewasa adalah Rp6.500 dan untuk anak-anak Rp4.500. Jika naik sepeda motor, ongkosnya adalah Rp24.000 atau Rp37.000 tergantung pada jenis sepeda motor. Sementara untuk mobil, ongkosnya Rp159.000.

Penyeberangan dari Surabaya ke Bali dilayani oleh KM Leuser atau KM Binaiya. Jika berangkat dengan  KM Leuser, kapal ini berangkat pada pukul 08.00 WIB dan perkiraan tiba pada pukul 12.00 waktu setempat keesokan harinya di Pelabuhan Benoa. Sementara, jika menggunakan KM Binaiya, kapal bertolak dari Surabaya pukul 23.00 WIB dan butuh sekitar 2 hari untuk sampai. Tarif untuk sekali penyeberangan Rp187.000 per orang. Untuk yang membawa bayi, akan ada tarif tambahan Rp24.000 per bayi. Tiket dapat dipesan melalui situs resmi atau dibeli langsung di Pelabuhan Tanjung Perak.

Dengan Yacht

Pemerintah Indonesia mengizinkan kapal pesiar asing untuk memasuki perairan Indonesia. Presiden Joko Widodo pada 22 September 2015 telah menandatangani Peraturan Presiden No. 105 Tahun 2015, tentang Kunjungan Turis Asing ke Indonesia. Kapal pesiar asing adalah peralatan transportasi air berbendera asing yang digunakan oleh wisatawan sendiri untuk bepergian atau melakukan balapan air, baik yang digerakkan oleh tenaga angin dan / atau tenaga mekanik dan digunakan hanya untuk kegiatan non-komersial. Ada 18 pelabuhan untuk masuk dan keluar sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Presiden ini.

Transportasi


Meskipun Bali tak memiliki jalur rel kereta api tapi jaringan jalannya tergolong sangat baik jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Jalan-jalan tersebut khususnya yang mengarah ke wilayah destinasi wisata populer, seperti Kuta, Legian, Nusa Dua, Sanur, Ubud, dan lain-lain. Berikut adalah transportasi yang tersedia di Bali:

Taksi

Taksi Konvensional, bermacam armada taksi tersedia lengkap di Bali. Taksi memiliki banyak peminat. Biasanya, calon penumpang dapat memesan taksi dari loket resmi yang berada di hotel, pusat perbelanjaan, restoran, atau lewat telepon. Beberapa armada bahkan memiliki operator yang bisa berbahasa Inggris agar memudahkan pemesanan taksi. Tarif taksi berargo antara Rp4.000 – Rp5.000. Taksi konvensional yang ada di Pulau Bali contohnya Blue Bird, Lovina Taxi, Komotra Bali Taxi, Wahana Dharma Taksi,Yuli Trans, dan masih banyak lagi.

Komotra Shuttle Bus

Komotra Shuttle Bus, mini bus shuttle yang ada di Bali ini dinamakan Komotra. Mini Bus Komotra mempunyai cat warna-wani di sepanjang bagian badan busnya serta gambar obyek wisata Bali. Komotra bisa mengangkut sampai 20 orang. Kendaraan ini hadir untuk membawa wisatawan rombongan besar ketika mereka ingin ke pantai Kuta. Selain Pantai Kute, rute lain yang dilalui komotra adalah Seminyak, Legian, dan terminal. Harga tiket untuk satu orang dipatok Rp10.000.

Dokar

Dokar, alat transportasi yang berupa kereta kencana yang ditarik oleh kuda ini merupakan alat transportasi tradisional Bali. Dokar masih biasa dijumpai di Bali walaupun jumlahnya tidak banyak. Untuk mendukung keberadaan dokar, pemerintah meluncurkan program Dokar Hias Heritage City Tour. Tujuannya agar wisatawan lebih tahu sisi tradisional dari Pulau Bali.

Trans Sarbagita

Trans Sarbagita, angkutan umum yang termasuk dalam kategori Bus Rapid Transit (BRT) ini resmi beroperasi tahun 2011 ini. Pengguna Trans Sarbagita beragam dari masyarakat setempat hingga para turis. Turis yang menggunakan Trans Sarbagita Umumnya adalah para backpacker karena harga karcisnya yang tergolong murah. Untuk orang dewasa Tarif karcis adalah Rp3.500, sementara untuk mahasiswa atau pelajar hanya Rp2.500.

Bus Kura-Kura

Bus Kura-kura, angkutan umum ini berupa bus berwarna hijau dan kuning yang mempunyai motif seperti tempurung kura-kura. Ada tiga jenis armada, yaitu Short Mini Bus (12 kursi), lalu Long Mini Bus (15 kursi) serta Medium Bus (29 kursi). Fasilitas bus ini sangat lengkap seperti AC, LCD, Free WiFi, bagasi, sampai Steker.

Transportasi Online

Transportasi Online, Bali memiliki transportasi online dan peminatnya cukup besar. Gojek atau Grab merupakan dua nama besar transportasi online di Bali dan umumnya mudah ditemukan di sini. Transportasi online ini ada yang berupa ojek juga taksi online. Harga yang ditawarkan bervariasi. Untuk beberapa kilometer pertama berkisar di harga Rp10.000.

Sewa Motor

Sewa Motor, ini adalah salah satu alternatif kendaraan di Bali untuk wisatawan yang tidak ingin terjebak dalam kemacetan dan mengutamakan efisiensi waktu. Untuk menyewa motor harga yang dipatok beragam dari Rp35.000 sampai Rp60.000 per harinya. Motor-motor ini bisa juga disewa untuk jangka waktu mingguan, bahkan bulanan. Motor-motor ini umumnya dilengkapi dengan helm juga jas hujan.

Sewa Mobil

Sewa Mobil, solusi paling favorit di kalangan mayoritas wisatawan yang berjalan-jalan dengan rombongan atau keluarga adalah menyewa mobil. Wisatawan bisa tentukan jenis mobil yang ingin disewa berdasarkan kapasitas. Kisaran harga sewanya mulai dari Rp300.000 sampai Rp1.000.000 dengan jangka waktu sewa harian bisa juga mingguan. Umumnya pihak rental juga menyediakan opsi sewa mobil lepas kunci atau didampingi supir yang bisa bertugas sebagai tour guide.

Destinasi


Wisata Pantai

Pantai Pandawa, terletak di Desa Kutuh, Pantai Pandawa lebih banyak dikenal oleh wisatawan asing. Di kalangan wisman terutama Australia, pantai ini dikenal dengan nama Secret Beach sementara masyarakat setempat menyebutnya Pantai Kutuh. Pemandangan pasir putih bersih dan ombak yang bersahabat, bebas dari pedagang acung atau asongan dan polusi merupakan daya tarik pantai ini. Di Pinggir pantai terdapat warung-warung. [youtube]

Pantai Sanur, terletak di bagian timur Kota Denpasar, Pantai ini terkenal dengan pemandangan mata hari terbitnya. Karakteristik ombak di pantai ini tenang jadi pengunjung bisa snorkeling atau berenang. Aktivitas favorit di pantai ini adalah menikmati pemandangan matahari terbit.

Pantai Legian, letaknya tak jauh dari Pantai Kuta. Dibandingkan dengan Kuta, pantai ini tidak terlalu ramai. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan banyak dikunjungi oleh turis dari luar negeri, umumnya dari Australia. Legian termasuk pantai yang banyak dipromosikan di majalah tour travel dunia.

Pantai Seminyak, nama lain pantai ini adalah Pantai Dhyanapura, Pantai Seminyak mempunyai pasir yang lembut dan pantainya landai. Di area sekitar pantai terdapat banyak penginapan, baik hotel atau villa juga restoran. Pemandangan matahari tenggelam di pantai ini terkenal sangat cantik.

Pantai Tanah Lot, tingkat kepopuleran pantai ini sama dengan Pantai Kuta. Tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan turis asing dan domestik. Pantai Tanah Lot selalu masuk ke dalam paket wisata karena sangat terkenal. Daya tarik pantai ini adalah pada panorama sunset serta siluet pura yang terletak di tengah laut. [youtube | travelblogid | holamigo]

Pantai Tumbalen, tempat ini merupakan destinasi favorit para penyelam karena di sini terdapat sebuah kapal perang karam milik Amerika Serikat. Salah satu tempat yang bagus untuk menyelam adalah Pantai Tumbalen ini. Terumbu karangnya sangat indah serta beragam biota laut hidup di sini. Beda pantai ini dengan pantai-pantai lain di Bali adalah, pantai ini tak memiliki pasir tapi ditutupi oleh bebatuan besar. Karena bebatuannya tidak tajam atau licin maka enak untuk dijadikan pijaka.

Pantai Nusa Dua, terletak tak jauh dari Bandara Ngurah Rai, hanya sekitar 20 menit, pantai ini posisinya bersebelahan dengan Pantai Tanjung Benoa. Pantai ini mempunyai pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar serta air lautnya tenang sehingga cocok untuk berenang. Di sepanjang pantai terdapat banyak hotel mewah dengan harga selangit.

Pantai Suluban, dikenal dengan nama Pantai Blue Point Uluwatu di kalangan turis asing dari Australia. Memiliki tebing yang terjal serta ombak yang lumayan besar, pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk berselancar. Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi turis asing yang senang berselancar. [youtube]

Pantai Canggu, berada di daerah Seminyak, Pantai Canggu memiliki pemandangan sore hari yang sangat indah. Pantai yang berada di Desa Canggu ini  digemari oleh para pecinta fotografi karena sunset di pantai ini sangat indah.

Pantai Blue Lagoon, dilengkapi dengan banyak fasilitas penunjang pariwisata, Pantai Blue Lagoon memiliki pemandangan yang menakjubkan. Keunikan pantai ini adalah pada pasir putihnya. Butiran pasirnya seperti merica, lebih besar. Di pantai ini banyak ditemui penginapan dari yang kelas melati sampai hotel berbintang.

Pantai Lovina, meski tak seterkenal pantai-pantai lain di Bali, Lovina yang ada di Bali utara ini menawarkan pengalaman yang unik. Pantainya berpasir hitam dan yang menarik di sini ada atraksi lumba-lumba. Untuk bisa melihat kemunculan hewan ini, pengunjung harus datang pagi hari sebelum matahari terbit. Pengunjung bisa menaiki perahu nelayan untuk menikmati lumba-lumba yang bermunculan.

Pantai Padang Padang, terletak di daerah Pecatu dekat dengan Uluwatu, Pantai Padang Padang tak begitu familiar di kalangan turis lokal. Kebersihan dan keunikan pantainya membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus melewati goa yang sempit yang hanya cukup untuk satu orang.

Pantai Jimbaran, sajian khas pantai ini adalah kulinernya. Di pinggir pantai terdapat banyak restoran yang berderet. Saat siang tak banyak pengunjung yang datang tapi saat malam hari, pantai ini penuh pengunjung. Tak hanya di restoran, pengunjung juga bisa makan di tepi pantai karena banyak terdapat meja dan kursi di sepanjang pantai.

Pantai Tanjung Benoa, untuk penyuka olah raga air, pantai ini tak boleh dilewatkan. Lokasinya berdekatan dengan pantai Nusa Dua. Pantainya tenang sehingga cocok untuk beragam olah raga air. Di sini pengunjung bisa bermain jetski, waterski, scuba diving, wakeboard, parasailing, banana boat, sea walker, flying fish dan masih banyak lagi. Pengunjung juga bisa menyaksikan penyu raksasa yang berada di Tanjung Benoa.

Pantai Karma Kandara, terletak berdekatan dengan Pantai Pandawa, Pantai Karma Kandara mempunyai karakter yang sama. Hanya saja untuk masuk ke pantai ini dipungut biaya sebesar Rp250.000. Ini karena pantai ini terjaga privasinya juga sepi. Tiket tersebut bisa digunakan untuk membeli makanan dan minuman di salah satu restroa yang ada di Karma Kandara. Pantainya memiliki pasir seperti di laut Mediterania.

Pantai Amed, terkenal akan keindahan bawah lautnya, Pantai Amed disenangi oleh mereka yang suka menyelam. Terdapat sebuah danau di pinggir pantai. Danau ini biasa digunakan utnuk tempat latihan menyelam. Memiliki pasir hitam dengan air yang jernih serta beragam biota laut dan terumbu karang membuat Pantai Amed memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para turis.

Pantai Echo, bersebelahan dengan Pantai Canggu, Pantai Echo terjaga kebersihan juga keasriannya. Di sini sepi dan damai. Privasi pengunjung benar-benar terjaga. Di tempat ini orang banyak berselancar atau berenang. Ada juga yang menikmati pemandangan sunset saat sore hari.

Pantai Dreamland, berlokasi di Pecatu, Pantai Dreamland dikelilingi oleh jajaran tebing tinggi. Suasana di pantai ini mirip dengan di Pantai Kuta tapi pengunjungnya relatif lebih sedikit. Nama Dreamland disematkan oleh penduduk karena mereka berharap proyek objek wisata dan perumahan di tempat ini akan memberikan mereka lahan pekerjaan.

Pantai Nyang Nyang, pantai yang tersembunyi ini agak unik karena untuk sampai di Pantai Nyan Nyang harus melewati akses jalan yang cukup sulit. Pengunjung harus hiking ke gunung. Pantai yang sepi ini asyik untuk berlibur.

Pantai Atuh, terletak di Nusa Penida sebuah pulau yang terpisah dari pulau utama Bali, Pantai Atuh merupakan pantai tersembunyi lainnya yang kian hari banyak menarik perhatian wisatawan. Pasirnya yang putih dan lembut serta lanskap yang cantik membuat pantai ini bisa dibandingkan dengan Raja Ampat. Di sini terdapat pulau karang yang besar, yaitu Pulau Batu Paon, Pulau Batu Melawang/Pepadasan, Pulau Bukit Jineng dan Pulau Batu Abah.

Pantai Balangan, pantai yang diapit oleh batu karang tinggi ini letaknya menghadap ke barat laut. Sore hari pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang indah. Ombaknya yang tinggi, besar dan panjang membuat pantai ini menjadi favorit para peselancar, khususnya peselancar dari Australia.

Pantai Tegal Wangi, meski jalan untuk menuju pantai ini tak mudah karena harus menaiki bukit dan tak ada tangga, tapi pantai ini sangat indah. Pasir putih yang halus serta tebing yang terlihat seperti membentuk goa diakibatkan hantaman ombak menjadi pemandangan yang susah untuk diabaikan. Di tepi pantai ini tersebar lubang-lubang kecil di karang yang menampung air dari lautan hingga pengunjung bisa berendam di dalamnya, bak sebuah jacuzzi. [youtube]

Wisata Danau

Danau Batur, berlokasi di Kintamani, Danau Batur memiliki panorama yang membuat pengunjung betah. Pemandangan matahari terbit menjadi daya tarik tersendiri yang bisa membuat pengunjung terpana. Danau ini terbentuk secara alami disebabkan oleh letusan Gunung Batur. Di sini juga terdapat sebuah pemandian air panas yang bernama Pemandian Air Panas Toya Bungkah.

Danau Beratan, letaknya dekat dengan Pasar Candi Kuning Bedugul. Di danau ini terdapat sebuah pura yang bernama PUra Ulun Danu. Saking indahnya pura ini sampai dijadikan gambar pada uang pecahan 50 ribu. Pengunjung bisa menikmati berperahu mengelilingi danau atau memancing.

Danau Buyan, terletak di daerah Bali Utara, Danau Buyan tak diragukan lagi keindahannya. Danau yang memiliki luas sekitar 490 ha ini masih asri dan di sini masih terdapat monyet ekor panjang. Jika  dilihat dari ketinggian danau ini menyajikan panorama yang indah. Danau ini juga dijadikan sumber irigasi dan tempat budidaya ikan konsumsi oleh masyarakat setempat.

Danau Tamblingan, berlokasi di Buleleng, Danau Tamblingan merupakan danau yang memiliki pemadangan yang memukau. Kerap disebut danau kembar dengan Danau Buyan. Danau Tamblingan kerap dijadikan tempat untuk preweding karena keindahannya. Terdapat 11 pura di sekitar danau sehingga menambah keindahan danau. Konon ada dua pura yang merupakan peninggalan dari kerajaan Hindu dari abad kesepuluh sebelum masehi.

Danau Yeh Malet, berlokasi di Karangasem, Danau Yeh Malet dipenuhi oleh tumbuhan eceng gondok dengan bunganya yang berwarna ungu putih. Saat mekar terlihat sangat indah. Bunga eceng gondok tersebut dibentuk jadi tulisan “I Love U”.

Wisata Gunung

Gunung Agung, terletak di Karangasem, Gunung Agung dipercaya oleh masyarakat Hindu sebagai istana dewata dan tempat dewa-dewa bersemayam. Gunung ini satu wilayah dengan Pura Besakih. Dari atas gunung ini, pengunjung akan berhadapan dengan Gunung Rinjani. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Agung adalah bulan Agustus.

Gunung Batur, berlokasi di kawasan Kintamani, gunung ini merupakan objek pendakian yang terkenal. Di puncak, para pendaki bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. Selain naik gunung, pengunjung juga bisa berkunjung ke Danau Batur yang  letaknya berdampingan.

Gunung Abang, terletak di atas pemukiman penduduk desa Truyan, Gunung Abang ini lokasinya berdampingan dengan Gunung Batur. Gunung ini berkaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Ketika mendaki, pengunjung akan menyaksikan pura suku asli Bali, yaitu Bali Aga.

Gunung Batukaru, meski kurang populer dibandingkan dengan gunung lainnya di Bali, kawasan gunung ini merupakan penadah hujan. Di sebagain besar sungai, hulunya menjadi kawasan Konservasi Cagar Alam Batukaru. Ketika sampai di puncak, pendaki akan menyaksikan Pura Puncak Kedaton yang merupakan pura tertinggi di Bali. Keunikan lain dari gunung ini yaitu bentuknya seperti batok terbalik sehingga disebut Batukaru.

Gunung Manggu, berlokasi di daerah Bedugul, gunung ini dikelilingi oleh Danau Buyan dan Beratan. Di Puncak gunung, pendaki akan melihat Pura Pucak Mangu yang berkaitan dengan sejarah raja dari Kerajaan Mengwi.

Wisata Bukit

Bukit Belong Gunaksa Dawan, salah satu dari bukit yang populer di Bali karena keindahan pemandangannya adalah Bukit Belong Gunaksa Dawan. Bukit ini terkenal di kalangan muda-mudi. Dari atas bukit ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan pesawahan seperti di Bukit Pergasingan, Lombok.

Bukit Asah Bugbug Karangasem, terletak di Karangasem, bukit ini disukai wisatawan asing dan domestik. Setelah kehadiran Taman Harmoni Bali, bukit ini menjadi tempat terkenal. Pengunjung bisa menyaksikan perpaduan antara bukit hijau dan pantai. Selain itu, bukit ini juga memiliki mitos. Menurut penduduk setempat, bukit ini tempat panggian atau lokasi bertemunya Dewa dengan manusia.

Bukit Guungan Candidasa Karangasem, berlokasi di Karangasem, bukit ini menawarkan pemandangan perbukitan yang hijau dengan laut yang membentang luas. Di sore hari, pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam.

Bukit Batu Kursi Pemuteran, terletak di Buleleng, bukit ini memiliki barisan bukit yang di puncaknya terdapat Prula Kecil. Untuk bisa sampai di bukit ini, pengunjung harus menaiki anak tangga. Dari atas bukit, terlihat pemandangan Teluk Pemuteran dengan airnya yang terlihat biru dan perahu-perahu nelayan yang bersandar di teluk. Tiket masuk menuju bukit sebesar Rp5.000.

Bukit Campuhan Ubud, lokasinya cukup tersembunyi, bukit ini menawarka pemandangan rerumputan hijau. Terdapat jogging trek bisa digunakan untuk olah raga. Pemandangan asri serta jogging treknya bisa digunakan untuk mengusir penat. Di sini juga terdapat sebuah pura bernama Pura Gunung Lebah yang diapit oleh dua anak sungai. Pengunjung bisa menyewa sepeda untuk menyusuri bukit. Harga sewanya adalah Rp20.000. Tak ada tiket masuk alias gratis untuk masuk ke bukit ini hanya membayar uang parkir.

Bukit Teletubbies Nusa Penida, dikenal dengan nama Bukit Pohon Gamal, bukit ini digunakan sebagai tempat untuk beternak oleh penduduk lokal. Bukit Teletubbies juga sering digunakan untuk prewedding. Pemandanga bukit hijau bergunduk-gunduk, rumah-rumah penduduk serta laut biru merupakan sajian yang bisa dinikmati pengunjung. Tiket masuknya seharga Rp10.000.

Bukit Mende, bukit yang belum terlalu terkenal ini merupakan salah satu lokasi pendakian di Bali yang tidak terlalu banyak diketahui turis. Bukit ini sangat indah, jadi layak didaki  Meski pendakiannya relatif mudah.

Wisata Air Terjun

Air Terjun Banyumala, terletak di Desa Pakraman, Kabupaten Buleleng, air terjun ini memiliki akses yang jalan yang curam. Di sini terdapat dua air terjun yang posisinya berdampingan. Di bawah terdapat sebuah kolam yang jernih yang tidak terlalu dalam. Pepohonan hijau bersatu menambah indahnya pemandangan. Tiket masuk sebesar Rp10.000.

Air Terjun Peguyangan, berbeda dari air terjun lainnya, Air Terjun Peguyangan yang ada di Klungkung ini adalah mata air yang mengalir melalui lereng bertingkat yang tidak terlalu tinggi. Air tersebut kemudian berakhir di laut. Sebelum air sampai di laut, terdapat sebuah ‘spa alami’. Terdapat tangga yang curam yang bisa digunakan pengunjung untuk sampai di mata air tersebut.

Air Terjun Tibumana, sempat menjadi tempat yang terisolasi, Air Terjun Tibumana yang berada di daerah Bangli ini kini mulai banyak dikenal wisatawan. Pemandangan dinding bebatuan berselimut lumut dan kolam air yang jernih adalah sajian yang bisa dinikmati pengunjung.

Air Terjun di Pantai Melasti, air terjun ini tidak terlalu tinggi dan berada di Tanah Lot. Pengunjung bisa menikmati keindahan matahari tenggelam dan tebing yang dialiri air terjun.

Air Terjun Nungnung, terletak di sebuah desa terpencil bernama Pelaga di Kabupaten Badung, Air Terjun Nungnung harus dicapai dengan menuruni 500 anak tangga. Arus air terjun ini cukup kencang karena debit airnya besar. Di bawah terdapat sebuah kolam dengan air yang jernih.

Air Terjun Aling-Aling, lokasinya berada di Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng. Perjalanan menuju Air terjun Aling-Aling harus dilalui dengan melewati dua air terjun kecil yang berada di sebuah sungai kecil serta ratusan anak tangga. Uniknya air terjun ini yaitu alirannya terbelah menjadi dua dengan debit air yang berbeda. Aliran air terjun sebelah kanan memiliki debit yang lebih deras dibandingkan yang kiri. Air terjun ini juga memiliki perosotan alami yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Air Terjun Sekumpul, untuk para penjelalah, Air Terjun Sekumpul yang berada di Kabupaten Buleleng bisa jadi pilihan. Akses menuju air terjun ini tidak gampang namun setimpal dengan pemandangannya. Air terjun ini tidak satu melainkan tujuh buah karenanya disebut sekumpul.

Air Terjun Tegenungan, air terjun yang terletak di Kabupaten Gianyar ini berada di dataran rendah tidak seperti yang lainnya yang berada di ketinggian. Pengunjung bisa menikmati pemandangan asri sambil berenang di kolam yang berada di bawah air terjun yang debit airnya deras ini.

Air Terjun Blemantung, terletak di balik tebing yang tinggi menjulang, Air Terjun Blemantung belum banyak didatangi oleh wisatawa. Berada di antara perkebunan kopi, air terjun ini jauh dari keramaian kota. Pemandangan yang sangat asri dan udara yang sejuk cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati alam. Air Terjun ini berada di Kabupaten Tabanan.

Air Terjun Jembong, berada di Buleleng, Air Terjun Jembong merupakan tempat wisata yang sudah tertata. Di sini terdapat taman kecil dan beberapa kolam ikan. Tanaman yang tumbuh ditata dengan rapi. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat dan airnya jernih dengan arus yang deras. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan sehingga air tak langsung jatuh ke bawah melainkan melewati dahulu bebatuan. Terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Semua fasilitas penunjang seperti toilet dan gazebo bisa digunakan tanpa harus membayar.

Air Terjun Yeh Mempeh, dalam bahasa setempat Yeh Mempeh artinya air terbang. Terletak jauh dari kota dan terpencil dan juga aksesnya sangat sulit membuat air terjun yang berada di Buleleng ini sangat alami dan sunyi. Di bawah air terjun pengunjung bisa mandi atau bisa juga menjelajahi mata air dan gua yang berada disekitarnya.

Air Terjun Kipoan Kebo, berada di Kerobokan, untuk bisa mengunjungi air terjun ini, pengunjung harus melewati medan yang terjal juga bahaya yang mengintai di balik semak. Namun akan terbayar dengan keindahan air terjun tersebut. Terdapat sebuah kolam yang tidak begitu dalam di sana sehingga anak usia 10 bisa berenang Ada pantangan ketika akan memasuki air terjun ini. Perempuan yang sedang haid dilarang masuk.

Air Terjun Tukad Cepung, terletak tak jauh dari kota Denpasar, sekitar 40 km, Kabupaten Bangli, Air Terjun Tukad Cepung dikelilingi oleh tebing-tebing. Dari antara tebing tersebut terdapat lubang dan sinar matahari sering masuk dari situ. Tempat ini juga merupakan tempat penyucian diri atau penglukatan untuk umat Hindu di Pertitaan Nawa Tirta. Tiket masuknya Rp10.000.

Air Terjun Kanto Lampo, terletak di Desa Beng, Air Terjun Kanto berada di wilayah dataran rendah dengan tinggi yang hanya 15 meter. Meski tidak terlalu tinggi, penampilannya memukau karena airnya jatuh di di bebatuan yang berbentuk terasering. Untuk naik ke batu-batu tersebut harus hati-hati karena batu-batunya tersebut ditumbuhi lumut.

Air Terjun Cemara, mitos merupakan hal yang menarik dari air terjun ini. Nama air terjun ini cemara karena di sekitarnya banyak ditumbuhi cemara. Menurut mitos, jika pasangan datang ke tempat ini, hubungan keduanya akan langgeng.

Air Terjun Munduk, selain memiliki keindahan, air terjun ini juga dipercaya memiliki khasiat karena mengandung belerang dan mineral sulfur. Dua tebing raksasa dan pepohonan lebat mengapit dan menyelimuti air terjun raksasa yang terletak di Buleleng ini.

Air Terjun Melanting, letaknya di desa yang sama dengan Air Terjun Munduk, Air Terjun Melating tak kalah indahnya dari air terjun yang pertama. Suasana di sekitar air terjun ini asri dan sejuk. Terdapat warung makanan dan area parkir untuk menambah kenyamanan pengunjung. Tiket masuknya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

Air Terjun Tembok Barak, terletak di Buleleng, air terjun ini dikelilingi tebing berwarna merah maka air terjun ini dinamai Tembok Barak. Tembok artinya dinding dan barak artinya merah. Air terjunnya lumayan tersembunyi, airnya saja muncul dari balik tebing. Perjalanan menuju air terjun ini cukup berat karena selain melewati hutan dan persawahan juga jaln kecil yang berada tepat di sebelang jurang. Tiket masuknya Rp10.000.

Air Terjun Bunutin, berada di daerah Kintamani, air terjun ini sudah ada lama dan dikenal oleh petualang, warga lokal, dan para penggemar fotografi. Suasana di air terjun ini masih alami dan tenang karena masih belum banyak dikunjungi orang. Aksesnya cukup berbahaya dan sangat berat. Pengunjung harus menuruni jurang yang rawan longsor dan jalannya pun miring tapi tak dilengkapi pengaman samping.

Air Terjun Colek Pamor, objek wisata yang satu ini tak perah sepi dari pengunjung khususnya di masa liburan dan upacara adat Manis Galungan juga Kuningan. Pengunjung yang datang tak hanya warga lokal tapi juga turis mancanegara. Nama air terjun ini konon menurut warga karena di area goa yang letaknya di pojok  di bawah air terjun tersebut nampak ada tanda warna putih seperti bekas colekan dari kapur atau pamor.

Wisata Pura

Pura Tanah Lot, salah satu pura yang banyak dikenal wisatawan ini sudah termasyur keindahannya. Pura ini merupakan destinasi wisata favorit dan berdiri di atas batu karang di wilayah lepas pantai. Karenanya pura ini hanya didatangi saat air laut sedang surut. Saat air laut pasang, jalan setapak menuju pura akan tertutup air laut. Momen terbaik untuk mengunjungi pura ini adalah saat sore hari saat air laut pasang dan matahari terlihat terbenam. Panorama yang disajikan adalah pemandangan khas Pura Tanah Lot.

Pura Agung Besakih, terletak di Desa Besakih wilayah Karangasem, pura ini merupakan pura terbesar di Indonesia dengan satu pusat pura dan 18 pura pendamping. Pengunjung haru menaiki deretan anak tangga untuk sampai di Pura Agung Besakih.

Pura Taman Ayun, berada di Mengwi, pura ini selalu menjadi tujuan wisata favorit. Pura ini dibangun untuk memberikan penghormatan pada roh para leluhur raja-raja Kerajaan Mengwi maka pura ini sangat disakralkan. Suasananya masih asri juga arsitekturnya unik.

Pura Uluwatu, terletak di atas tebing yang menjorok ke arah laut, bagi umat Hindu di Bali, Pura Uluwatu dipercayai sebagai penyangga 9 arah mata angin. Terletak di Desa Pecatu, pura ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Pura Ulun Danu Beratan, terletak di tepi danau yang bernama Danau Beratan, pura ini sempat muncul di uang pecahan 50.000 rupiah. Danau Beratan sendiri telah dikelola jadi salah satu objek wisata sehingga tak mengherankan jika Pura Ulun Danu Beratan banyak dikunjungi wisatawan.

Pura Saraswati, dibangun sebagai tempat pemujaan Dewi Saraswati yang adalah perwujudan dari ilmu pengetahuan juga seni, Pura Saraswati terletak di daerah Ubud. Letaknya tak jauh dari Monkey Forest. Yang terkenal dari pura ini adalah taman airnya yang dihiasi bunga-bunga teratai.

Pura Tirta Empul Tampak Siring, dalam bahasa Indonesia Tirta Empul bermakna mata air suci. Di pura ini, pengunjung akan melihat banyak sumber mata air alami. Air tersebut kemudian disalurkan ke sebuah pemandian. Inilah yang menjadi daya tarik utama Pura Tirta Empul. Bagi umat Hindu, mata air ini merupakan air suci yang bisa membawa ketenangan, kesucian sampai keberuntungan.

Pura Goa Lawah Klungkung, yang unik dari pura ini adalah pura ini berada tepat di depan area goa yang menjadi rumah kelelawar. Pura yang berada di Desa Pesinggahan ini letaknya dekat dengan Pantai Pasir Hitam.

Pura Lempuyang Luhur, pura ini sempat menghebohkan dunia media sosial tepatnya Instagram karena penampilannya yang memukau. Pura dengan gapura yang ikonik tinggi menjulang ini jadi lokasi favorit berfoto. Dari kejauhan akan tampak Gunung Agung. Karena keindahannya pura ini mendapat julukan “Gates of Heaven.” Untuk sampai di pura ini, pengunjung harus menaiki sekurangnya 1.700 anak tangga.

Pura Goa Gajah, pura ini merupakan salah satu situs arkeologi dengan sejarah yang cukup panjang. Di dekat pura terdapat kolam pemandian juga Sungai Petanu. Pura Goa Gajah dibangun kira-kira di abad kesebelas. Di awal pembuatannya, pura yang berbentuk seperti goa dengan ukiran kepala gajah ini berfungsi untuk bermeditasi.

Pura Menjangan, terletak di Pulau Menjangan, pura ini yang bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana yang kemudian dikenal sebagai Pura Menjangan. Patung Ganesa dengan warna putih jadi ikon pura ini.

Pura Alas Kedaton, berada di Desa Kukuh, pura ini berada di tengah-tengah Hutan Alas Kedaton. Di sini banyak terdapat kera yang jumlahnya kurang lebih seribu ekor. Pura ini juga dipercaya mempunyai kekuatan magis untuk bisa melindungi warga dan hutan.

Wisata Sawah

Tegalalang, salah satu destinasi wisata favorit di Bali adalah terasering sawah yang berlokasi di kawasan Ubud. Tegalalang berada di lokasi yang strategis karena dekat dengan lokasi wisata terkenal, yaitu Kintamani dan Ubud. Pengunjung bisa menikmati pemandangan terasering yang lerengnya sangat miring sehingga terlihat unik.

Jatiluwih, objek wisata ini sudah diajukan oleh pemerintah setempat kepada UNESCO untuk dijadikannya sebagai world heritage. Keindahan alamnya membuat Jatiluwih banyak didatangi wisatawan. Tak hanya hamparan sawah, pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Batukaru sebagai background saat kondisi cuaca cerah.

Pupuan, berlokasi di Kecamatan Pupuan di Kabupaten Tabanan, sawah ini bisa dilihat ketika melintasi jalur Singaraja-Denpasar dari arah Seririt. Indahnya pemandangan sawah menyegarkan mata bagi para pelancong yang melintas daerah tersebut.

Busung Bui, tak kalah menarik dari Jatiluwih atau Tegalalang, Busung Bui menyajikan pemandangan sawah dengan bentuk unik, yaitu berbentuk petak-petak kecil lengkap dengan pohon nyiur dan sungai kecil serta jalan setapak sebagai pembatas.

Antosari, masih di Kabupaten Tabanan, selain menikmati Pantai Soka, pengunjung bisa menikmati sawah terasering dengan pemandangan yang memesona. Bagi pelancong yang melakukan perjalan darat ke Bali dari Pulau Jawa, mereka bisa menyaksikan pemandangan sawah ini dan beristirahat sejenak di sana.

Wisata Museum

Museum Antonio Blanco, terletak di tepi Sungai Campuhan di Ubud, museum ini namanya diambil dari nama seorang pelukis asal Spanyol yang bernama Antonio Blanco. Dia menetap di Ubud dan wafat di sana. Museum ini berisi kurang lebih 300 karya seni. Orang-orang terkenal yang menyukai karya seni Blanco di antaranya, Norodom Sihanouk, mantan PM Kamboja, Michael Jackson dan Thalia, ratu telenovela dari Meksiko.

Museum Le Mayeur, nama museum ini diambil dari nama seorang pelukis keturunan bangsawan asal Belgia yang bernama Adrien-Jean Le Mayeur de Mapres. Dia keliling dunia hingga akhirnya menetap di Bali dan menikahi wanita Bali. Di museum tersebut terdapat kira-kira 88 lukisan. Museum ini terletak di tepi Pantai Sanur.

Museum Subak, berlokasi di Desa Banjar Anyar, Kabupaten Tabanan, Museum Sabak berisi beragam peralatan pertanian tradisional yang digunakan penduduk Bali untuk bertani. Bangunan museum terbagi menjadi dua bagian: kompleks museum tertutup serta kompleks museum terbuka.

ARMA (Agung Rai Museum of Art), berada di Jalan Pengosekan, Gianyar, Agung Rai Museum of Art dibuka secara resmi pada tanggal 9 Juni 1996. Museum ini digadang-gadang sebagai museum terfavorit. Luasnya 4 hektar, museum ini berisi koleksi karya lukisan yang dibuat oleh pelukis Indonesia juga mancanegara. Teman lukisan beragam, tradisional hingga kontemporer.

Museum Pasifika, berlokasi di BTDC Area Blok P, Nusa Dua Bali, Museum Pasifika yang tercatat sebagai The Largest Asia Pasific Art Museum di Bali ini pernah mendapatkan Wonderful Indonesia Award 2011 untuk kategori museum. Koleksi Musem Pasifika berjumlah kira-kira 600 karya seni hasil tangan dari 200 seniman asal Indonesia, negara Asia, Polinesia Indochina Peninsula, dan Melanesia Pasifik. Beberapa pelukis terkenal yang karyanya ada di dalam 8 gedung paviliun museum termasuk Raden Saleh, Affandi, dan Nyoman Gunarsa.

Museum Gunung Batur, terletak di Taman Wisata Alam Penelokan, Kabupaten Bangil, Museum Gunung Batur berisi tentang keindahan gunung api aktif. Di sini terdapat bermacam jenis batuan yang diambil dari gunung berapi juga lengkap dengan penjelasannya. Ada juga alat-alat penelitian yang digunakan oleh para ilmuwan saat meneliti gunung berapi, di antaranya Gunung Batur.

Museum Kerang, disebut juga dengan nama Bali Shell Museum pertama kali dibangun pada tahun 2009 dan jadi satu-satunya museum yang memiliki koleksi kerang yang ada di Indonesia. Museum ini menjadi surga bagi para pecinta kerang. Museum di Bali ini sendiri silam. Lokasi ada di Jalan Sunset Road, Kuta.

Museum Bali Denpasar, disebut juga Museum Negeri Propinsi Bali Denpasar, museum ini berisi  peradaban manusia dari tiap zaman, khususnya peradaban penduduk Bali. Koleksinya antara lain adalah peralatan zaman prasejarah, budaya, hingga kesenian. Letak museum ini ada di Jalan Mayor Wisnu Denpasar.

Museum Semarajaya, berlokasi di jalan Untung Surapati, Kabupaten Klungkung, museum ini berisi koleksi barang – barang peninggalan zaman prasejarah, contohnya benda – benda dari masa perang Klungkung. Di samping itu, museum ini juga berisi barang-barang yang dipakai untuk perlengkapan upacara adat pada masa raja – raja klungkung.

Museum Margarana, berlokasi di desa Marga, Kabupaten Tabanan, museum ini dibangun untuk memperingati peristiwa perang besar yang terjadi antara masyarakat Bali melawan tentara NICA ketika mempertahankan kemerdekaan RI. Perang ini dikenal dengan nama “Perang Puputan Margarana”. Koleksinya terdiri dari beragam foto – foto pahlawan, Keris Bali, pedang Bali, Samurai kecil serta peralatan perang peninggalan Amerika dan inggris.

Museum Bung Karno, terletak di Jalan Raya Puputan, Denpasar Timur, Museum Bung Karno berisi koleksi bermacam-macam barang dan kehidupan Presiden Pertam RI yang juga merupakan Bapak Proklamator indonesia.

Museum Neka Ubud, dibuka tahun 1982, museum ini dimiliki oleh seorang kolektor seni yang berprofesi seorang guru bernama Suteja Neka. Meskipun arsitektur dan design gedungnya khas Bali, fasilitas yang dimilikinya sudah standar museum internasional.

Museum Gedong Kirtya, disebut juga sebagai museum lontar Bali, museum ini berisi berbagai jenis koleksi lontar serta banyak salinan teks tulisan tangan yang memiliki kitan dengan seni sastra di Bali contohnya mantra-mantra, sastra relijius, dan mitos.

Museum Buleleng, museum ini memiliki koleksi beragam dari benda-benda purbakala di antara sarkofagus, sejata, patung, dan lain-lainnya. Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai benda-benda seni, seperti lukisan, kain-kain, kerajinan emas, dan perak dan lain-lainnya.

Museum Njana Tilem, museum ini berisi beragam koleksi seni patung karya hasil karya seniman terbaik Bali, yaitu Ida Bagus Njana dan Ida Bagus Tilem.

Desa Wisata

Desa Penglipuran, terkenal sebagai desa paling bersih di Bali, Desa Penglipuran berada di Penglipuran, Kabupaten Bangli, Desa ini menawarkan keasrian daerah pedesaan yang masih alami serta keramahan tamahan penduduknya serta budayanya kuat. Tiket masuknya sebesar Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak–anak.

Desa Tenganan, berada di Desa Tenganan Pengringsingan, Desa Tenganan masih sangat asli yang masuk dalam susunan Bali Aga. Bali Aga merupakan desa tradisional yang masih menjaga tradisi, kesenian dan budayanya. Masyarakat Desa Tenganan masih menggunakan sistem barter, yang merupakan sistem tukar menukar barang. Pengunjung dikenakan biaya donasi sebesar Rp10.000 dan biaya parkirnya Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil.

Desa Celuk Sukawati, terletak di wilayah Kabupaten Gianyar Bali, Desa Celuk Sukawati yang merupakan desa pengrajin perak. Harga perhiasan di Desa Celuk beragam mulai dari Rp100.000/pcs. Masuk ke Desa Celuk Sukawati tidak di pungut biaya.

Desa Pelaga, terletak di Kabupaten Badung Bali, Desa Pelaga terbagi jadi 9 banjar dinas yang adalah salah satu desa seni di Bali. Desa ini terletak di ketinggian 750 mdpl yang menyajikan keindahan alam yang hijau dan alami. Desa yang terletak di Puncak Mangu, Gunung Catur ini terkenal dengan nama Bagus Agro Pelaga. Masuk ke desa Pelaga dikenai tiket Rp10.000/orang.

Desa Jatiluwih, terletak di Desa Penebel, Kabupaten Tabanan Bali, Desa Jatiluwih menyajikan daya tarik wisata dengan keindahan pemandangan alamnya. Terletak di ketinggian kira-kira 700 mdpl dengan suasana yang tenang dan nyaman juga jauh dari keramaian. Pengunjung bisa menyaksikan sawah terasering. Tiket masuk ke desa wisata ini seharga Rp15.000 untuk orang Indonesia dan Rp40.000 untuk warga asing.

Desa Pinggan, terletak sangat dekat dengan Danau Batur serta tempat permandian air panas, Toya Devasha dan Toya Bungkah yang berlokasi di Kabupaten Bangli, Desa Pinggan menyajikan tempat yang nyaman. Berada di ketinggian dengan udaranya yang sejuk membuat pengunjung betah berada di desa ini. Setiap pengunjung yang datang dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 – Rp10.000/orang.

Desa Ubud, desa wisata ini sering sekali dikunjungi wisatawan lokal juga mancanegara. Daya tarik desa wisata ini yaitu sebagai pusat kesenian di Bali contohnya, seni ukir patung, tarian serta kerajinan tradisional. Di desa ini banyak didapati persawahan yang hijau nan indah.

Desa Trunyan, merupakan salah satu desa tertua di Bali yang mempunyai tradisi unik. Desa yang terletak di Kintamani ini memiliki sebuah tradisi menyimpan jenazah dalam Seme Wayah, yaitu sebuah anyaman bambu. Yang unik, jasad si mayat tidakdi kubur mapun dibakar atau ngaben melainkan diletakkan di atas tanah dan dibiarkan membusuk dengan sendirinya. Ini mirip dengan tradisi suku Toraja.

Wisata Populer Lainnya

Garuda Wisnu Kencana, biasa disingkat GWK, objek wisata ini merupakan sebuah taman wisata budaya yang terletak di Bali Selatan. GWK merupakan sebuah patung yang sangat besar hasil karya I Nyoman Nuarta. [travelblogid | holamigo]

Monkey Forest, tempat wisata ini terletak di Ubud. Monkey Forest merupakan sebuah hutan yang didiami oleh banyak kera liar. Bagi penduduk setempat, kera-kera ini dianggap keramat sehingga dilarang untuk diganggu dan dibiarkan untuk hidup bebas di hutan.

Tari Kecak, tarian khas Bali ini paling terkenal dan paling menarik banyak wisatawan. Tari Kecak yang berada di Pura Uluwatu mempertunjukan tari kecak khas Bali yang berlatar belakang matahari terbenam di Pura Uluwatu yang sangat indah.

Arung Jeram Sungai Telaga Waja, bagi mereka yang senang petualangan, kegiatan ini cocok sekali. Sungai Telaga Waja mempunyai air yang jernih dan bersih dengan jeram yang menantang.

Arung Jeram Sungai Ayung, jika arum jeram Sungai Telaga Waja sangat menantang, Arung Jeram Sungai Ayung menyajikan keindahan pemandangan alam pegunungan. Pemandangan sepanjang Sungai Ayung indah sekali. Selain itu, ada juga pemandangan pahatan di tebing sungai serta pepohonan hijau di sekitar sungai.

Angel’s Billabong, spot yang bagus untuk memanjakan diri dengan berendam di Angel’s Billabong, Nusa Penida. Berlokasi di dekat Pasih Uug, tempat ini merupakan formasi batu kapur yang unik. Laguna batu yang terbentuk secara alami menawarkan pemandangan laut yang indah serta air sejernih kristal. Tidak ada tiket masuk tapi akan dikenakan biaya parkir.

Pasih Uug Nusa Penida, dikenal juga sebagai broken beach atau pantai rusak dalam bahasa Bali, objek wisata ini merupakan sebuah tebing tinggi berlubang di bagian tengah dikarenakan fenomena alam. Jadilah lubang itu menjadi sebuah terowongan raksasa yang akan terlihat indah saat matahari terbenam. Kemudian melalui rongga tersebut air laut mengalir, hingga terbentuk sebuah kolam alami tempat orang bisa berenang di sana.

Lotus Lagoon, terletak di Candidasa, Lotus Lagoon menjadi salah satu landmark terkenal di wilayah ini. Objek wisata ini merupakan sebuah kolam dengan ribuan bunga teratai yang berwarna merah muda dan fuchsia. Di sisi kolam terdapat sebuah pura sehingga menambah keindahan pemandangan.

Ladang Bunga Gemitir (Marigold) Desa Temukus, desa ini terkenal akan keindahan bunga-bunga yang berwarna kuning-jingga. Bunga yang tumbuh di ladang ini adalah bunga Marigold atau ‘Gemitir’ begitu lokal biasa menyebutnya. Bunga ini adalah bunga khusus yang digunakan dalam tiap ritual di Bali.

Water Blow Nusa Dua, pemandangan hempasan ombak dan air yang muncrat terlihat begitu instagenic. Pengalaman ini bisa dirasakan saat berada , di Water Blow Nusa Dua. Pengunjung bisa merasakan sensasi cipratan air laut. Namun harus hati-hati ketika berkunjung karena tebing karang terkadang cukup licin juga curam dan ditambah dengan arus ombak yang kuat.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, ngarai keramat yang menakjubkan ini berada dekat dengan Pura Beji Guwang di daerah Sukawati. Meskipun untuk datang ke Hidden Canyon Beji Guwang sangatlah berat dan menantang, tapi tempat ini memiliki pemandangan ngarai yang spektakuler yang susah untuk dilukiskan dengan kata-kata. Tempat ini tak cocok untuk liburan bersama anak-anak maupun orang tua. Air suci dari ngarai ini sering dipakai untuk kegiatan upacara keagamaan pura-pura yang berada di sekitarnya. Karenanya tempat ini sangat disakralkan dan ketika memasukinya tidak boleh sembarangan.

Bunut Bolong, terletak di Desa Manggisari berdirilah sebuah pohon raksasa yang dikeramatkan. Berbeda dari umumnya pohon raksasa yang biasanya dianggap suci, Bunut Bolong adalah pohon yang dianggap angker serta menyimpan aura magis. Akar pohon ini berada di kedua sisi jalan sehingga membentuk lorong yang bisa dilalui oleh siapa saja. Konon menurut mitos jika sepasang pengantin berjalan di bawah pohon tersebut, hubungan keduanya akan langsung berakhir.

Wisata Spa

Ayana Resort and Spa, terletak di Jimbaran tepatnya di Jalan Karang Mas Sejahtera, Ayana Resort and Spa Bali menawarkan pengalaman spa yang lengkap pada pengunjungnya. Spa ini memiliki ‘pusat thalassotherapy’, yaitu rumah dengan kolam air laut terbesar di dunia serta tempat pijat yang paling menakjubkan.

Maya Ubud Spa, tempat spa ini terletak di dataran tinggi Ubud yang sejuk. Maya Ubud memiliki dua kompleks spa yang terpisah. Fitur yang menonjolnya adalah spa tepi sungainya. Pengunjung bisa menikmati spa sambil mendengarkan suara alam dan Sungai Petanu.

Fivelements, Puri Ahimsa, terletak di Banjar Baturning, Badung, Fivelements merupakan salah satu pusat kesehatan dan retret yoga terbaik di Bali. Pengunjung bisa menikmati perawatan yang inspirasinya berasal dari perawatan ala Bali yang menggunakan ramuan lokal.

The Viceroy Spa Bali, berlokasi di atas lembah utara Sungai Petanu Ubud, di daerah Ubud, Spa cantik ini menawarkan banyak perawatan, seperti pijat penuh, mandi uap, dan putaran pijat menggunakan minyak esensial.

Mango Tree Spa by L’Occitane, beralamat di Kedewatan spa mempunyai enam ruang perawatan eksklusif yang didesain secara unik dengan gaya rumah pohon bambu yang lengkap dengan fasilitas mewah. Lokasi menghadap ke lembah dengan hutan rindang yang mengililingi beserta kanopi pohon mangga, membuat spa ini sebagai satu-satunya ‘spa sarang’ sejenisnya di Bali.

Prana Spa Bali, mungkin satu-satunya fasilitas spa besar di Bali, Prana Spa didesain dengan arsitektur gaya India dan Timur Tengah. Berlokasi di di Jalan Kunti, Seminyak, spa ini meraih penghargaan sebagai The Luxury Ayurveda Spa.

Taman Air Spa Bali, berlokasi di Jalan Sunset Road Nomor 88 Kuta, spa ini cocok bagi pengunjung yang ingin menemukan sebuah ketenangan.

Permata Ayung Private Estate Spa, berlokasi di Desa Bongkasa, Badung, spa ini dirancang oleh seorang arsitek bambu ternama. Uniknya, spa ini memiliki massage bed yang tergantung di atas permukaan aliran sungai. Untuk bisa mendapatkan perawatan di sini, pengunjung harus melakukan reservasi sebelumnya.

Thermes Marins & Spa, berlokasi di Jimbaran, karena kecantikannya spa ini telah memenangkan penghargaan sebagai Spa Terbaik versi Conde Nast Traveller’s World. Pengunjung bisa mencoba Hot Shell Massage dan 7 Chakra Dhara juga One-of-a-kind Spa on The Rocks.

Lagoon Spa Seminyak, terletak di Seminyak, spa ini menawarkan perawatan tubuh ala tradisional Bali dan pengalaman perawatan kecantikan. Perawatan favorit di Lagoon Spa ini yaitu Pijat Tradisional Bali.

The Private Spa Wellness Center, berlokasi di Seminyak, spa ini menawarkan berbagai perawatan Thai foot pressure serta perawatan tradisional Bali. Fasilitas lainnya yang menarik adalah kolam spa, kamar dengan tema berbeda seperti kamar bertema Jepang dan India, nail bars juga kolam hidro.

Wisata Beach Club

Ku De Ta, beach club ini merupakan yang terpopuler di Bali dan termasuk ke dalam jajaran bar terbaik di dunia. Berlokasi di Seminyak, membuat bar tepi pantai ini selalu ramai pengunjung. Konsep Ku De Ta adalah bangunan dengan tema modern yang memberikan kesan high class restauran. Ketika masuk, pengunjung akan disuguhi pemandangan perabotan kayu serta payung merah.

Tropicola Beach Club, meski masih pendatang baru, beach club ini merupakan salah satu restoran dan bar terbaik di Seminyak. Dekorasi mengambil konsep minimalis untuk mengingatkan pengunjung tentang Miami pada 1950-an. Selain pengalaman makanan yang fantastis, pengunjung akan melihat matahari terbenam yang menakjubkan di sini.

Potato Head Beach Club, artistektur bangunannya sangat inovatif dengan menggunakan daun jendela kayu berwarna-warni membuat Potato Head Beach Club terlihat menonjol. Keunikannya mengundang lebih banyak orang untuk datang.

Klub Pantai Surf & Turf, beach club ini ramah untuk keluarga terutama anak-anak. Tempat ini menghadirkan kolam renang yang menarik, wahana mendebarkan, dan seluncuran air. Beach club yang terletak di Nusa dua ini adalah tempat pertama yang menyediakan area Surf Rider.

Sundays Beach Club Kuta, terletak di daerah Pecatu, Sundays Beach Club berdiri di tepi tebing dan juga pantai. Selain menyajikan menu yang luar biasa, klub ini juga menyediakan beberapa fasilitas olahraga air. Pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling, paddleboard stand-up, dan kayak.

Vue Beach Club Canggu, beach club ini menghadirkan kolam renang tanpa batas alias infinity pool yang besar yang seolah menyatu ke pantai. Tempat ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Vue Beach Club mempunyai DJ berkelas internasional yang selalu siap untuk merayakan pesta.

Sandy Bay Beach Club, tempat yang elegan dan ramah lingkungan ini cocok untuk bersantai dan berlibur. Untuk sampai ke beach club ini pengunjung harus naik perahu. Sandy Bay juga memiliki infinity pool untuk bersantai sambil menikmati sunset.

Oceans 27 Beach Club and Grill, beach club yang terletak di Kuta ini bak oasis di di tengah hiruk pikuk Kuta karena memberikan kenyamanan yang luar biasa bagi semua pengunjung. Mereka bisa menikmati  area di sekitar kolam infinity untuk mencicipi koktail sambil menikmati matahari terbenam.

Klub Pantai Whacko, beach club ini nyaman untuk backpacker hingga wisatawan yang datang bersama keluarga. Terletak di Tanjung Benoa, tempat ini menawarkan kesenangan, seperti berenang di infinity pool, bersantai, dan mengisi perut dengan menu rasa yang luar biasa dari masakan Indonesia dan barat.Whacko Beach Club juga memiliki wahana flying board.

Klub Pantai Agendaz, terletak di Nusa Dua, tempat ini cocok untuk didatangi mereka yang berlibur bersama keluarga. Beach Club ini memiliki fasilitas dan layanannya sangat baik. Selain itu, porsi makanan di tempat ini besar tetapi harganya masih terjangkau. Pada malam hari, pengunjung bisa menikmati makanan Thailand di Siam Kitchen Restaurant sambil menikmati musik hiburan dari DJ.

Byrdhouse Beach Club, bagian dari Segara Village Hotel, Byrdhouse Beach Club memiliki nuansa tropis ceria dengan desain konsep desa tradisional Bali. Atapnya rumput lalang dan ada banyak pohon kelapa di sekitar kolam renang. Anak-anak dapat menikmati kolam dangkal, taman bermain, bermain pasir seperti di pantai. Sementara itu, orang dewasa dapat mencoba butik spa, bar jacuzzi, dan infinity pool. Di sekitar klub pantai ini terdapat restoran La Pirate yang menyajikan makanan kelas internasional dari koki kelas dunia.

Komune’s Keramas Beach Club, tempat ini cocok untuk dijadikan tempat beristirahat setelah lelah surfing di Pantai Keramas. Selain itu, di sini juga terdapat perawatan pijat dan kebugaran. Menu di Komune terdiri dari makanan tradisional Bali dan makanan barat. Komune memasak makanan menggunakan bahan-bahan organik segar yang mereka tanam  sendiri dan membeli dari pasar tradisional.

Azul Beach Club, menggunakan atap lalang untuk meneduhi desain bambu kontemporer modern, Azul Beach Club memiliki Tiki Bar yang menawarkan banyak koktail khas Bali. Ini adalah campuran dari ramuan lokal dan alkohol premium. Untuk makanannya, chef di sini bisa membuat menu yang unik dan lezat yang  menggabungkan makanan lokal tradisional dan barat.

Karma Beach Club, terletak di teluk paling menakjubkan di Bali di Karma Kandara, Karma Private Beach Club merupakan sebuah oasis tropis yang menakjubkan. Pasir putih sabit mengarah ke laguna biru yang tenang, keduanya tersedia secara eksklusif untuk dinikmati anggota Karma. Pengunjung juga bisa menikmati kayak di laut, Stand Up Paddle Yoga, dan snorkeling, atau kesenangan pijat di tepi pantai dan perawatan kecantikan di Karma Spa.

Finns Beach Club di Canggu, terletak di daerah Canggu, beach club ini mempunyai fasilitas VIP Finlandia club. Tempat yang pernah menjadi klub pantai paling populer di Bali 2016 ini masih terlihat menarik untuk dikungjungi. Ini menyajikan bar, restoran, dan kolam renang dengan tempat tidur sofa yang nyaman di sekitar. Di sini, pengunjung dapat melihat matahari terbenam yang indah menghiasi pemandangan pantai Berawa dengan nyaman.

El Kabron, berlokasi di di atas tebing bukit, pengunjung harus mendaki terlebih dahulu. Di sini tersedia infinity pool dan restoran yang menyediakan menu Spanyol dengan sentuhan Bali sangat fantastis. Spot  yang paling spesial adalah di golden view sofa. Di tempat ini pengunjung bisa dengan leluasa melihat hamparan laut biru dan tebing-tebing bukit indah.

The Lawn Canggu, letak beach club ini hanya 100m dari Old Mans di pantai Batu Bolong. Tempat ini sangat nyaman bagi para ekspatriat, wisatawan, dan juga masyarakat setempat. Pengunjung dapat berjemur di tepi kolam renang, menikmati koktail malam, atau mendengarkan lagu-lagu sensasional.

Mrs Sippy, meski tidak terletak di pantai tapi beach club di Seminyak ini memiliki kolam air asin terbesar di Bali. Di sini juga diselenggarakan beberapa festival musik terbaik di Bali. Sebenarnya Mrs Sippy adalah resto dan bar terkenal di Sydney. Namun karena banyak turis asing asal Australia, pengelola akhirnya memutuskan  untuk membuat cabang di Bali. Bermacam fasilitas siap untuk menyenangkan anak muda ataupun keluarga. Cocoon Beach Club dibuat dengan konsep arsitektur yang memadukan antara eksotisnya lingkungan khas pantai Bali dengan suasana mediterania.

Ibiza in Bali, berlokasi di Pantai Kelan, Jimbaran, beach club ini dikatakan memiliki gaya Mediterania. Beach club ini menawarkan banyak tempat untuk bersenang-senang termasuk kolam akuarium kaca yang indah dengan bar kolam renang. Tempat tidur mewah diposisikan di sebelah kolam renang dan di pantai, dan bar atap dengan Jacuzzi. Di sini terdapat restoran untuk menikmati masakan Spanyol

Aktivitas


Menyaksikan sunset, salah satu tempat matahari terbenam terbaik di Bali adalah pantai. Saksikan pemandangan langit sore hari di Pantai Tanah Lot, Pantai Jimbaran, Pantai Tegal Wangi, atau Pantai Dreamland.

Menonton tarian khas Bali, Pulau Dewata terkenal akan budayanya dan salah satu yang terkenal adalah tarian Kecak. Pura di Uluwatu terkenal dengan pertunjukkan Tari Kecaknya.

Mencoba island hopping, Indonesia terdiri lebih dari 17.000 pulau. Bali juga memiliki beberapa pulau cantik yang menarik untuk dikunjungi. Lakukan perjalanan singkat ke Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa penida.

Menjelajahi air terjun, Pulau Bali memiliki berbagai air terjun terbaik di Bali. Pengunjung bisa berenang, melompat dan mengagumi air terjun dari kejauhan. Jelajahilah Air Terjun Kanto Lampo, Air Terjun Aling-Aling atau Air Terjun Gitgit.

Lepaskan adrenalin dengan mencoba olahraga air, kunjungilah Tanjung Benoa dan cobalah jet ski, banana boat, atau jet packing. Atau coba yang lebih santai seperti stand-up paddle board atau snorkeling.

Belajar berselancar seperti pro, salah satu olahraga favorit wisatawan di Bali adalah surfing atau berselancar. Bali memiliki tempat surfing kelas dunia. Datangilah Pantai Canggu, Pantai Keramas, Pantai Padang Padang, atau Uluwatu untuk belajar berselancar seperti para peselancar pro.

Belajar memasak makanan khas Bali, dengan begitu banyak rempah-rempah harum, rempah-rempah, produk segar pertanian dan rasa unik yang tersedia di seluruh lanskap kuliner Indonesia, mengambil bagian dalam salah satu kelas memasak terbaik di Bali bisa menjadi pilihan ketika berlibur ke Bali.

Mencicipi makan di warung pinggir jalan, warung adalah tempat makan yang banyak ditemui di Indonesia, termasuk di Bali. Cicipilah hidangan tradisional Bali dan Indonesia lainnya di warung-warung yang terkenal seperti Warung Mak Beng, Warung Makan Nasi Pedas Bu Andika, Warung Nasi Bali Men Weti, Nasi ayam kedewatan Ibu Mangku, atau Warung Wardani.

Ikuti kelas yoga, ada begitu banyak studio yoga di Bali. Kebanyakan dari tempat ini memiliki pemandangan spektakuler, seperti pemandangan hutan yang rimbun atau hamparan terbuka yang menghadap ke sawah untuk benar-benar keluar.

Mencoba relaksasi di Spa, Bali terkenal sebagai surganya spa. Spa-spa ini menawarkan teknik tradisional yang digunakan oleh terapis Bali. Mampirlah ke Ayana atau Maya Ubud Spa.

Mendaki ke puncak Gunung Batur, jika ingin mencari hal yang dapat membuat bersemangat, cobalah mendaki ke puncak gunung berapi yang aktif. Mendaki Gunung Batur adalah sesuatu yang sangat direkomendasikan.

Kunjungi pura tradisional, Bali adalah pulau yang didominasi Hindu yang dihiasi dengan beberapa pura yang benar-benar menakjubkan. Satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Pura Tanah Lot, sebuah pura yang bertengger di bebatuan yang menghadap ke laut. Tampak menakjubkan baik saat matahari terbit atau terbenam. Pilihan lainnya adalah Pura Ulun Danu Beratan, yaitu pura terapung di tengah danau, atau Pura Besakih yang menjulang tinggi ke langit.

Bersepeda di sekitar Danau Batur, nikmati pemandangan Kintamani yang menakjubkan, termasuk Gunung Batur, Danau Batur, dan banyak pura yang indah, semuanya sambil mengendarai sepeda. Jika ingin mengetes adrenalin, lakukan perjalanan menuruni bukit kembali ke Ubud.

Menikmati keindahan sawah terasering, Bali memiliki banyak sawah dengan terasering dan pemandangan yang indah. Dua yang terkenal adalah Tegalalang di Ubud dan Jatiluwih di Tabanan.

Bersantai di Beach Club terbaik di Bali, Pulau Dewata memiliki beach club yang terkenal dengan desain bangungan yang unik. Jika ingin bersantai di tepi pantai sambil menikmati hidangan lezat atau koktail, kunjungi Ku De Ta atau Potato Head Beach Club.

Selami keindahan alam laut Bali, salah satu tempat yang terkenal untuk melihat keindahan alam laut Bali adalah Pantai Tumbalen. Spot ini memiliki objek yang menarik yaitu perahu perang karam yang menjadi rumah bagi hewan-hewan laut.

Snorkeling bersama ikan-ikan lucu, Bali terkenal sebagai salah satu spot untuk snorkeling. Pengunjung bisa berenang bersama ikan-ikan lucu di Pantai Sanur, Nusa Lembongan, Nusa Penida, atau di Tanjung Benoa.

Menyaksikan lumba-lumba di lepas pantai, tempat terkenal untuk melihat hewan mamalia ini berloncatan di tengah laut adalah di Pantai Lovina.

Menikmati hasil karya para seniman Bali, museum-museum di Bali menyajikan beragam karya dari mulai patung hingga lukisan. Cobalah berkunjung ke Museum Blanco atau Museum Bali.

Berbelanja oleh-oleh dan barang seni, tempat yang pas untuk mencair barang-barang unik khas Bali adalah Pasar Seni Ubud dan Pasar Sukawati.

Berinteraksi dengan monyet-monyet, Monkey Forest termasuk ke dalam kompleks Pura Hindu dan di sana terdapat banyak monyet yang berkeliaran. Sambil berjalan-jalan di sana, pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. Hati-hati jangan sampai digigit.

Mandi di Tirta Empul, salah satu lokasi syuting film “Eat, Pray, and Love” ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Mereka biasa mandi di sini. Namun, pengunjung lain pun bisa berenang atau berjalan-jalan di kompleks candi ini.

Rafting menerjang arus sungai, ingin menjajal adrenalin dengan mengarungi jeram, cobalah rafting di Sungai Ayung atau Telaga Waja.

Menikmati keindahan pantai di Bali, selain asyik sebagai tempat untuk menyaksikan matahari terbenam, pantai di Bali juga asyik digunakan untuk bersantai. Cobalah kunjungi Pantai Jimbaran atau Pantai Sanur.

Mencicipi hidangan laut, salah satu tempat yang terkenal dengan hidangan lautnya adalah di Pantai Jimbaran. Nikmati kelezatan hidangan laut dengan bahan yang masih segar.

Belanja


Pasar Badung, tempat wisata belanja di Bali ini menjadi destinasi wajib bagi siapa pun yang berkunjung ke pulau ini. Tempat ini merupakan pasar tradisional terbesar di Pulau Bali. Di sini pengunjung bisa dengan mudah menemukan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, perlengkapan untuk upacara keagamaan hingga benda-benda seni khas Pulau Dewata.

Pasar Sukawati, pasar ini merupakan surga belanja bagi para shopaholic yang menyukai barang-barang murah khas Bali. Terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, atau sekira 45 menit dari Bandara Ngurah Rai, Pasar Sukawati menjual beraneka benda seni, pakaian, perlengkapan upacara keagamaan, makanan, aksesori, oleh-oleh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ingin dapat harga yang lebih murah saat berbelanja di pasar ini, datanglah sepagi mungkin ketika pasar belum begitu ramai pengunjung.

Joger Bali Front Store Kuta, toko ini menjual souvenir khas Bali yang sudah dikenal banyak wisatawan. Tempat ini menjual kaos dengan kata-kata khas Joger yang unik. Produk-produk Joger termasuk unik karena di setiap produk Joger Bali memiliki kalimat yang tidak biasa. Selain itu, produk-produk dari Joger asli hanya bisa dibeli di toko-toko Joger saja dan toko ini hanya ada di Bali.

Jalan Legian Bali, di daerah wisata Kuta, terdapat  jalan yang bernama Jalan Legian. Ini bukan berarti Pantai Legian. Kedua tempat ini lokasinya berbeda meskipun saling berdekatan. Di Jalan Legian Kuta, pengunjung akan melihat deretan toko-toko besar dan kecil. Sebagian besar toko yang terletak di pinggir Jalan Legian Kuta menjual produk-produk Bali berbentuk barang seni dan kaos yang umumnya dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh. Dijual juga  barang impor, contohnya peralatan selancar, kemeja, sepatu dan sandal, celana, juga butik modern yang memperdagangkan pakaian bermerek.

Pasar Seni Kuta, di pasar ini pengunjung bisa membeli suvenir khas pulau Bali yang sama seperti yang dijual Pasar Seni Sukawati, serta terdapat beberapa barang seni yang berbeda. Penduduk setempat menyebut pasar ini sebagai Pasar Seni Desa Adat Kuta.

Pasar Seni Ubud, tempat ini merupakan salah satu lokasi terbaik di daerah Ubud untuk berbelanja kerajinan tangan khas Bali yang dijual dengan harga murah. Barang kerajinan yang dijual di sini, seperti, syal sutra, kain pantai, baju kaos, tas ayaman, baju kemeja, ayaman keranjang, ukiran, topi khas Bali, patung kayu, layang-layang serta masih banyak jenis barang Kerajinan tangan lainnya yang dijual di sini.

Krisna Bali, tempat ini merupakan salah satu tempat penjualan souvenir khas Bali. Walaupun di Bali terdapat banyak toko-toko suvenir yang menjual oleh-oleh khas Bali, tapi sebagian besar wisatawan senang untuk mengunjungi toko suvenir Krisna ketika berlibur ke Bali.

Pasar Guwang, meski tak sepopuler Pasar Sukawati, letak kedua pasar ini tidak terlalu jauh. Pasar Guwang juga belum banyak diketahui oleh para pelancong. Dibandingkan Pasar Sukawati, Pasar Guwang lebih rapi dan tempat ini terkenal memiliki area parkir yang luas. Untuk produk jualannya tak jauh beda dengan yang ada di Pasar Sukawati.

Pasar Kumbasari, letak pasar ini tak begitu jauh dari Pasar Badung. Produk yang dijual di sini antara lain lukisan, pakain dan pakaian khas Bali. Pasar ini cocok untuk pengunjung yang berniat berbelanja dalam jumlah besar karena harganya akan lebih murah.

Galuh Art Shop, seperti halnya Joger, tempat ini pun tak kalah terkenal. Di sini terkenal sebagai tempat penjualan baju batik yang terbaik di Bali. Bisa dikatakan tempat ini merupakan pusat penjualan baju batik. Harga produknya terjangkau.

Celuk, tempat satu ini terkenal sebagai tempat penjualan kerajinan perak, batu mulia, dan batu akik. Tempat ini wajib dikunjungi karena beragam kerajinan perak serta batu di sini tersedia di sini. Yang perlu pengunjung lakukan saat berbelanja di sini adalah menawar karena para penjual di sini cenderung menjual barangnya dengan harga tinggi.

Dego Gallery, untuk para pecinta barang antik, tempat ini wajib di kunjungi. Bermacam-macam barang antic warisan budaya Indonesia ada di sini. Tak hanya itu, tempat ini juga menjual beragam souvenir cantik.

Kuliner


Nasi Ayam Kedewatan Bali, makanan khas Bali ini merupakan rumah makan yang ada di daerah Gianyar yang bernama “Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku”. Rumah makan ini memiliki arsitektur khas Bali. Nasi khas dari daerah Ubud ini mirip dengan nasi campur yang biasa ditemukan di seluruh Indonesia. Yang membedakan adalah lauk-lauknya. Nasi Ayam Kedewatan Bali berisi daging ayam, jeroan, kacang goreng, telur rebus, sate, dan kacang panjang. Sebagai pelengkap bagi penyuka pedas, terdapat sambal matah yang terbuat dari irisan cabai kecil-kecil plus bawang dan garam.

Sate Lilit Bali, makanan ini paling identik dengan Bali. Yang membedakan sate lilit dengan jenis sate lain, yaitu dari pembuatannya. Sate lilit dibuat dengan cara melilitkan daging pada tusukan sate. Selain berbeda dari cara menaruh daging di tusukan, bumbu yang digunakan pun berbeda. Sate lilit tak memiliki bumbu kacang yang biasanya ada pada jenis sate lain. Itu karena bumbu tersebut sudah dicampurkan dengan daging sebelum daging dibakar.

Rujak Buleleng Bali, kuliner ini paling tepat untuk dinikmati saat cuaca panas. Rasa rujak ini segar dan pedas. Buah-buahan diiris-iris kemudian di atasnya disiram dengan bumbu rujak. Yang membedakannya dari rujak lainnya adalah adanya pisang batu. Tujuan penggunaan pisang jenis ini adalah agar memberi rasa sepat sesudah semua bumbu bersatu dengan cara diuleg.

Ikan Asap Sambal Matah Bali, meskipun Pulau Serangan belum begitu dikenal, kuliner khas tempat tersebut yang bernama ikan asap sambal matah adalah salah satu menu terbaik. Makanan ini dibuat dari ikan segar seperti tuna, tongkol, atau kerapu yang diasap menggunakan sabut kelapa kemudian diberi bumbu serta ditemani dengan sambal matah yang benar-benar pedas.

Bulung Kuah Pindang Bali, menu makanan ini dibuat dari rumput laut jenis Kappaphycus alvarezii yang mempunyai ciri-ciri warna yang hijau tapi agak gelap juga sedikit kemerahan. Setelah dimasak, bulung kuah pindang mempunyai dua warna, yaitu hijau yang diperoleh dari perendaman dengan air kapur dan akan menjadi warna putih jika rumput laut melewati proses penjemuran. Rumput laut tersebut sesudahnya akan direbus kemudian diberi kuah pindang lalu diberi taburan bumbu khas yang rasanya pedas gurih.

Ayam Betutu Bali, menu yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas, tapi di Bali makanan ini berbeda karena pembuatannya dilengkapi dengan bumbu yang disebut base genep. Base genep adalah bumbu khas Bali yang terdiri dari bawang merah dan putih, kemiri, cabai, terasi, daun salam, serai, daun jeruk, kencur kunir, lengkuas, dan jaheyang dihaluskan kemudian ditumis. Keunikan lainnya, yaitu adanya daun singkong yang dimasukkan ke dalam perut ayam sesudah ayam dilumuri dengan bumbu genep di atas. Namun sebelum ayam diolah, ayam tersebut akan diikat kemudian direbus beberapa jam hingga bumbu meresap.

Nasi Campur Bali, seperti halnya nasi campur di Pulau Jawa, nasi campur Bali dilengkapi dengan bermacam lauk pauk seperti sate lilit, telur pindang, besisit, sambal, lawar sayuran, jukut urap, kacang tanah goreng, lawar ayam, tum ayam, dan sambal matah. Nasi campur Bali juga banyak ditemui dijual di bermacam rumah makan, sehingga lauk pauknya bervariasi sesuai dengan rumah makan pembuatnya.

Babi Guling Bali, dikenal dengan nama be guling, hidangan ini pertama kali dibuat oleh Suku Bali meskipun di luar negeri kuliner babi panggang yang hampir mirip dengan babi guling sudah dikenal luas. Untuk membuat babi guling diperlukan daging dari anak babi, bisa jantan atau betina. Kemudian isi perut babi akan diisi dengan sayur, seperti daun ketela pohon lalu akhirnya dipanggang sambil diguling-gulingkan. Hidangn ini termasuk makanan premium karena dulunya hanya disajikan ketika upacara adat ataupun upacara keagamaan saja. Sekarang kini menu tersebut jadi menu rumah makan di Bali.

Bebek Betutu Bali, menu khas Bali ini berbahan utama bebek. Makanan ini dimasak dengan cara betutu yang merupakan ciri khas dari Bali. Bebek betutu yang mempunyai rasa rempah yang sangat meresap karena mendiamkan bebek yang sudah dilumuri bumbunya saja memakan waktu semalaman. Bebek kemudian dikukus supaya bebeknya matang merata dan mempunyai tekstur yang lebih empuk. Bebek yang sudah matang akan disajikan dengan  diberi nasi, tomat, timun, dan sambal matah supaya semakin nikmat rasanya.

Jukut Urab Bali, penampilan makanan ini hampir mirip dengan urapan sayur dari Pulau Jawa. Isinya berupa sayuran seperti tauge, kacang panjang, wortel, dan bayam lalu diberi bumbu. Perbedaannya terletak di bumbu karena jukut urab diberi perasan jeruk nipis juga ada kacang goreng juga memiliki rasa pedas karena diberi bumbu cabai begitu banyak.

Nasi Tepeng Bali, mirip dengan nasi campur, tapi nasi ini lauknya berbeda dari nasi campur. Lauk pauk itulah yang jadi salah satu daya tarik nasi tepeng. Sering disebut dengan nama sego tempong, nasi tepeng merupakan makanan khas Kabupaten Gianyar. Penyajiannya menggunakan alas daun pisang yang dilapis beberapa helai daun supaya tidak mudah rusak. Rasa dari nasi tepeng lebih pedas dan lauk pauk yang menemaninya bervariasi sehingga terasa rasa lebih beragam.

Nasi Jinggo Bali, nasi ini merupakan makanan khas Bali berbentuk berbentuk kerucut memanjang dan diberi lauk pauk berupa suwiran daging, sambal goreng tempe, sambal, dan mie. Sepintas tampak mirip dengan nasi kucing khas angkringan Yogyakarta, tapi lauk dan bentuk nasinya berbeda. Selain itu, nasi jinggo lebih sering dibungkus menggunakan daun pisang daripada kertas minyak.

Bubur Mangguh Bali, sajian bubur ini merupakan kuliner khas dari Desa Tedjakula, Bon Dalem, di Buleleng. Ciri khas bubur ini yaitu penambahan urapan dan kacang goreng. Cita rasa bubur mangguh pedas dan penuh rempah.

Entil, bentuknya mirip ketupat tapi dengan penyajian dan rasa berbeda itu adalah entil khas daerah Pupuan, Tabanan. Meskipun cara membuatnya hampir mirip dengan ketupat, entil mempunyai bentuk lebih pipih dengan warna yang kehijau-hijauan. Daun nyelep atau daun talengidi digunakan sebagai pembungkus.

Sate Pentul Bali, selain sate lilit, Bali juga memiliki makanan khas lain yang bernama sate pentul. Kedua sate punya persamaan pada cara menaruh daging pada tusukannya, yaitu dengan cara dililitkan sesudah daging dihaluskan. Perbedaannya adalah tusukannya bisa menggunakan batang serai, bukan dari kayu, bambu, atau batang kelapa. Selain itu, daging sate pentul lebih tebal. Daging yang digunakan adalah ikan tenggiri atau kakap dicampur dengan udang agar rasa lebih mantap.

Sate Penyu, saat mendengar namanya, terpikir kalau ini adalah penyu yang dibuat sate. Ternyata daging satenya berbahan dasar daging babi karena penyu merupakan salah satu hewan dilindungi. Nama penyu didapat karena sate ini dulu dijual tepi pantai seperti hewan penyu yang banyak hilir mudik di pantai.

Timbungan, sebenarnya nama makanan itu adalah nama untuk proses pengawetan makanan. Olahan makanan tersebut ditimbun di dalam bambu. Namun sekarang makanan yang dimasukkan ke dalam bambu juga disebut sebagai timbungan. Timbungan menggunakan bambu dengan ukuran agak besar kemudian dilubangi untuk diisi dengan beragam daging, seperti ikan, babi, dan ayam, dan sayur.

Tum Bali, makanan khas Bali ini berbahan dasar daging yang diolah dengan cara dimasukkan ke dalam daun pisang. Sebelumnya daging terlebih dahulu dibumbui setelah itu dimasak agar bisa disebut tum. Proses pembuatan tum mirip dengan pepes, tapi ini adalah pepes Bali. Daging yang digunakan bisa berupa daging ayam, sapi, atau babi yang terlebih dahulu dicincang agar supaya lebih mudah ketika dimasukkan ke dalam daun pisang.

Serombotan Klungkung Bali, makanan ini berasal dari daerah Klungkung. Isinya berupa sayuran dengan aneka bumbu. Sayur digunakan untuk serombotan contohnya kangkung, bayam, buncis, terong bulat, kecambah, dan kacang panjang kemudian dimasak dengan cara direbus. Serombotan dibumbui dengan sambal nyuh, sejenis sambal yang bahannya menggunakan daging kelapa tua yang telah dibakar kemudian diparut halus. Setelah itu dicampur rata dengan bumbu yang sudah dihaluskan.

Rujak Kuah Pindang, makanan ini memiliki ciri sambalnya atau kuahnya yang dibuat dari ikan pindang. Sedangkan bahan rujaknya berupa buah-buahan yang dirajang seperti mangga, mentimun, nanas, jambu air, dan bengkoang. Rasanya cukup pedas karena kuahnya berbumbu cabai dan terasi.

Laklak Bali, kue tradisional khas Bali ini berbahan tepung beras, santan, garam, air daun pandan, dan air daun suji sebagai adonannya. Kedua daun tadi digunakan untuk memberi warna hijau dan aroma pada laklak. Kemudian adonan tersebut dimasukkan ke dalam loyang berbentuk setengah bola dan dipanaskan. untuk nantinya dipanaskan. Aneka topping ditambahkan agar rasanya lebih manis, seperti gula aren bersama parutan kelapa.

Sate Languan Bali, Sate ini tak setenar sate lilit. Bahan yang digunakan, yaitu daging ikan laut, khususnya ikan tongkol. Meski bahannya beda tapi pembuatannya mirip dengan sate lilit. Rasa khas sate Languan adalah manis tapi tetap tak menghilangkan rasa pedas yang menjadi ciri khas masakan Bali.

Lawar Bali, nama lawar sangat identik dengan Bali karena pertama kali ditemukan di pulau ini. Lawar merupakan masakan yang dibuat dari daging cincang yang dicampur dengan sayur dan bumbu tertentu. Beberapa jenis lawar bahkan ada yang menggunakan darah dari hewan yang dipakai sebagai bumbu pendamping, seperti kuah. Tak hanya daging, terkadang ada juga yang menggunakan nangka muda. Daging yang sering dijadikan bahan utama adalah daging babi dan ayam. Jadi untuk membedakannya diberi tambahan nama daging yang digunakan di belakangnya, seperti lawar ayam, lawar nangka, atau lawar babi.

Tipat Cantok Bali, tipat artinya ketupat dan cantok artinya diulek atau diaduk. Jadi jika diterjemahkan, tipat cantok adalah makanan yang dibuat dengan ketupat kemudian diaduk-aduk bersama bumbunya. Tipat cantok juga ditambahkan berbagai olahan sayur yang juga dicampur bersama bumbu-bumbunya. Makanan ini mirip dengan gado-gado hanya rasanya yang berbeda.

Nasi Pedas Bali, di Jawa, makanan sejenis ini disebut dengan nasi rames yang dilengkapi dengan banyak pilihan lauk pauk. Namun di Bali, makanan sejenis ini dikenal dengan nama nasi pedas yang sama-sama dilengkapi dengan banyak lauk sebagai teman satu kepal nasi. Isi nasi pedas antara lain, sayur tumis, daging halus, kering tempe, serundeng, dan mi goreng dan tentu saja sambal yang pedas. Salah satu warung nasi pedas yang terkenal adalah Warung Ibu Andika yang berlokasi di Jl Raya Kuta.

Bebek Goreng Bali, yang membedakan bebek goreng Bali dengan tempat lain adalah bebek Bali diracik dengan bumbu khas Pulau Dewata tersebut. Daging bebek yang digunakan adalah bebek muda supaya dagingnya tidak a lot. Berbeda dari kebanyakan bebek goreng, menu bebek goreng bali berasal dari satu ekor bebek yang utuh kemudian dipotong jadi empat bagian dan dilumuri bumbu halus setelahnya dilumuri dengan jeruk nipis. Nantinya bebek akan dihidangkan dengan sambal matah yang terkenal pedas.

Batun Bedil Bali, mirip dengan bubur candil dari Jawa, Batun Bedil berbahan dasar tepung yang diberi isian kemudian ditambah kuah dari gula. Bedanya dengan candil yaitu bentuk batun bedil yang pipih dengan cekungan di tengahnya. Taburan parutan kelapa juga ditambahkan di atasnya.

Bebek Bengil Bali, berarti kotor dalam bahasa Bali, bengil dalam bahasa Indonesia berarti bebek kotor. Olahan bernama bebek ‘kotor’ ini berasal dari bebek utuh dengan permukaan kulit luar yang sangat crispy karena bebek digoreng kering. Bebek Bengil Restaurant Ubud  merupakan restoran yang menjual bebek bengil dan cabangnya berada di Bebek Bengil Restaurant Nusa Dua.

Nasi Sela Bali, yang membedakan dari nasi campur lainnya adalah tambahan cacahan ubi. Sela dalam bahasa setempat berarti ubi, maka disebutlah dengan nama nasi sela. Nasi sela pernah menjadi makanan pokok masyarakat di tahun 1970-an karena ketika itu susah untuk mendapatkan beras sehingga ubi dijadikan tambahan untuk memberikan karbohidrat. Sebagai lauk teman nasi sela adalah sayur bejek, sayur bejek bumbu kalas, grago (udang yang kecil), dan kacang tanah. Namun ada juga pilihan lauk lain seperti pindang tongkol, suwiran ayam betutu, kacang panjang, sate kulit ayam, sambal matah, urab sayur, dan sambal teri.

Sudang Lepet Bali, makanan inijarang didengar oleh wisatawan karena makanan ini hanya bisa ditemui di kota Singaraja atau Buleleng. Menu ini sejenis ikan asin dengan bentuk sangat tipis sehingga teksturnya yang renyah.

Jukut Ares Bali, olahan makanan khas Bali ini adalah makanan berkuah yang bahannya berasal dari kaldu tulang hewan yang ditambah batang pohon pisang yang menjadi bahan utamanya. Batang pohon pisang yang digunakan harus yang masih muda. Kaldunya dibuat dari tulang hewan, seperti tulang ayam, babi, hingga bebek.

Sate Plecing Bali, beda dengan sate lilit atau pentul, sate plecing sama dengan sate-sate lain yang menususkkan potongan daging ke tusukan sate. Daging yang dipakai biasa daging babi, tapi karena orang Muslim tak makan daging tersebut maka ada alternatif lain yaitu memakai daging ayam dan sapi. Meskipun terkesan mirip dengan sate-sate lain, namun yang membuat sate ini berbeda adalah sambalnya yang begitu pedas khas Bali.

Siobak Khe Lok Bali, dari namanya siobak sebenarnya bukan asli khas Bali. Makanan ini aslinya dari Tiongkok. Namun kemudian orang-orang Bali khususnya daerah Singaraja membuat modifikasi dari makanan ini dan menjadikannya makanan khas Singaraja dengan bumbu khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur olahan dari babi berupa daging, jeroan, lemak goreng, usus, juga kerupuk rambak kulit babi. Kemudian makanan ini dicampur dengan kuah yang terdiri dari campuran tauco, ngo hiang juga ada sedikit tepung untuk mengentalkan kuah. Nama Khe Lok diambil dari nama pemiliknya yang bernama Tan Khe Lok.

Penginapan


Daerah Kuta dan Legian merupakan area yang ideal untuk mendapatkan akomodasi dengan budget terbatas serta mudah dijangkau. Di sini banyak tersedia hotel-hotel kecil juga losmen yang menawarkan kamar dengan harga standar yang hanya beberapa dolar saja per hari. Untuk hotel jaringan yang lebih besar bisa ditemukan di Kuta dan Legian, dengan kamar-kamar standar yang bersih tersedia dengan harga murah. Harga di sini bergantung fasilitas yang ditawarkan seperti AC, air panas, atau kolam renang, dan tawar-menawar dimungkinkan untuk dilakukan.

Hotel-hotel kelas atas menawarkan kamar juga apartemen yang melayani kebutuhan wisatawan yang senang berpesta yang siap menghabiskan uang mereka untuk akomodasi mewah. Untuk waktu tinggal yang lebih lama tersedia harga yang lebih murah.

Kuta dan Legian merupakan daerah yang ramai jadi pengunjung yang tinggal di sini harus siap dengan kerumunan dan keramaiansetiap saat, siang dan malam. Di lorong-lorong akan ditemukan restoran, bar, dan klub malam, dan pantai yang jaraknya cukup dekat.

Seminyak dan Kerobokan, daerah ini terkenal dengan gaya dan kemewahannya. Jika ingin tinggal di  akomodasi dengan lingkungan yang lebih baik, tempat ini merupakan pilihat tepat. Tersedia hotel-hotel yang lebih mewah, mulai dari hotel dengan harga terjangkau dan bergaya sampai yang mewah dan berkelas. Di sini juga terdapat banyak vila pribadi yang bisa disewa untuk jangka waktu yang pendek atau panjang. Vila-vila ini menawarkan ketenangan, kesunyian dan estika khas Bali.

Canggu, areanya terletak di tempat yang strategis di antara dua area, Seminyak dan Tanah Lot. Area ini ini mempunyai banyak pilihan untuk hotel hemat, dormitory (asrama), dan kamp selancar yang berada di dekat pantai. Terkadang beberapa hotel serta apartemen dapat juga ditemukan di antara area perumahan. Tersedia villa dengan fasilitas lengkap dan mewah dengan kolam renang pribadi. Sebagian besar properti ini umumnya memiliki pemandangan indah ke arah pantai, sawah juga  taman yang indah.

Ubud, daerah ini memiliki hotel, wisma, dan vila dengan suasana desa yang damai dan Ubud merupakan pusat budaya dan seni. Backpackers bisa tinggal di losmen nyaman yang dijalankan oleh penduduk setempat selama beberapa decade. Wisatawan akan mendapatkan pengalaman mengenai kehidupan tradisional pedesaan di Bali. Di sini juga banyak ditemukan tempat yoga dan akomodasi lain yang berfokus pada spiritual.

Tersedia juga hotel kelas menengah yang menawarkan kenyamanan bergaya keluarga, dengan ukiran kayu, pahatan batu lokal, serta kolam ikan. Sementara itu, beberapa jaringan hotel paling mewah menawarkan gaya luar biasa dan kenyamanan kelas dunia untuk wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan.

Sanur, wilayah ini tempat yang cocok untuk wisatawan yang mencari akomodasi kelas menengah, hotel tepi pantai yang terjangkau namun bergaya, atau rumah atau villa untuk waktu tinggal yang lebih lama. Tradisi kuat di daerah tersebut membuat pengunjung dapat merasakan cita rasa Bali yang sebenarnya sambil tetap memiliki akses ke fasilitas modern.

Nusa Dua & Tanjung Benoa, untuk wisatawan yang mencari akomodasi mewah di tepi pantai, mereka akan memilih Nusa Dua, yang terletak di ujung selatan pulau. Di sini banyak dibangun hotel terkemuka di dunia di tepi pantai dengan sistem kolam renang dan restorannya sendiri. Perawatan spa, pijat, klub anak-anak, dan butik mewah dapat ditemukan di lingkungan yang luas ini. Tersedia juga olahraga air dan berselancar untuk keluarga dan anak-anak. Beberapa akomodasi kelas menengah dan vila pribadi juga tersedia di sini, Nusa Dua benar-benar untuk para wisatawan yang ingin menikmati akomodasi yang terbaik dengan cara khas Bali.

Beragam Bukit Peninsula di Selatan, bukit di pantai barat merupakan daerah yang pas untuk merasakan pengalaman hidup di daerah yang lebih terpencil di Bali. Di sini juga terdapat beberapa pantai yang bagus untuk berselancar dan berenang, seperti Pantai Dreamland, Pantai Balangan, Pantai Bingin, Pantai Padang-Padang, dan Pantai Uluwatu.

Para backpacker juga bisa menemukan akomodasi paling standar di sini, yang hanya menawarkan tempat tidur serta kipas angin. Ada juga pilihan kelas menengah milik penduduk lokal dan termasuk restoran atau bar dan kolam renang. Semakin banyak hotel kelas mewah dan vila pribadi yang  menawarkan layanan mereka.

Amed, Wilayah Tulamben, tempat ini cocok untuk cocok dan nyaman untuk keluarga, pasangan, atau mereka yang masih lajang. Di sini terdapat bermacam pilihan tingkat menengah dengan lokasi yang menghadap pantai dan menawarkan fasilitas snorkeling dan menyelam. Daerah-daerah ini masih belum ramai dan menawarkan kesempatan luar biasa untuk menjauh dari hiruk-pikuk dan menikmati ketenangan kehidupan Bali yang sederhana.

Darurat


Pelayanan Masyarakat

Polisi : 110
Polda Bali : 236494
Polisi Wisata : 224111
Dinas Kebakaran : 1131
Ambulance : 118 / 484305
Informasi : 108

Wisata Informasi

Departemen Pariwisata Bali
Jl. S. Parman Renon, Denpasar Telepon: 0361 – 754 090

Tourist information center : 116

Bali Tourist Information
Century Plaza
Jl.Benesari No.7
Telp : 754090

Bali Tourist Information
Century Plaza
Jl.Benesari No.7
Telp : 754090

Bali Tourist Office
Jl. S.Parman, Renon
Telp : 222387

Legian Tourist Information
Jl. Legian No.37
Telp : 755424

Rumah Sakit

RSAD Denpasar
Jl. PB Sudirman No.1
Telp : 228068

SRUP Sanglah
Jl. Pulau Bali
Telp : 257434 / 227911

RSU Dharma Yadnya
Jl. WR. Supratman No.256
Telp : 462488

Kimia Farma (24 jam)
Jl.Diponegoro No.125, Denpasar
Telp : 225555 / 255914

Transportasi

Taksi
Bali Taksi : 0361-701111
Ngurah Rai Airport : 0361-751011

Bus Angkutan
Kuta : 0361-751551 / 751875
Ubud : 0361-973316 / 974722
Lovina : 0361-41161
Padang Bay : 0361-41419
Candi Dasa : 0361-41114 / 41115

Penerbangan
Informasi Bandara Telepon: 0361 – 751 011 – ext. 5123

Garuda Indonesia
Jl. Melati No.61 Denpasar
Telp : 0361-227825

Lion Air
Mercure Bali Harvestland Kuta Lantai 1, Jl. By Pass Ngurah Rai No. 8, Simpang Siur, Kuta • In Mercure Bali Harvestland Kuta
Telp: (0361) 750483 ext. 592

Wings Air
Denpasar Office
Ngurah Rai International Airport
Jl. Bandara Ngurah Rai
Tuban, Bali 80361
Indonesia
Tel: (62-361) 765183, 751011 ext 5323
Fax: (62-361) 753643

Untuk melihat paket wisata Bali, klik di sini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *